Dalam sejarah Marvel yang telah terbentang selama lebih dari delapan dekade, Kang the Conqueror terkenal sebagai big bad villain penjelajah waktu yang mempunyai banyak sekali varian. Salah satunya yang jarang diketahui orang walaupun memiliki sepak terjang yang sangat berdampak bagi Marvel Universe adalah Victor Timely.

Menariknya, akhir-akhir ini banyak penggemar Marvel yang mulai penasaran dengan siapa sebenarnya Victor Timely, bahkan setelah credit scene di film Ant-Man and the Wasp: Quantumania, bisa dibilang ia adalah salah satu varian Kang terpenting di MCU. Lalu, mengapa eksistensinya bisa tersembunyi dan apa motivasi Kang menggunakan identitas ini? Berikut ini fakta menarik dari karakternya yang perlu kita tahu.

Gunakan Nama Awal Marvel Comics

Sebelum mendalami karakter Victor Timely di Marvel Universe, ada sebuah fakta menarik yang perlu kita tahu. Faktanya nama varian Kang yang satu ini ternyata terinpirasi dari nama perusahaan awal Marvel Comics saat pertama kali didirikan pada tahun 1939 silam. Jauh sebelum seterkenal dan semasif sekarang, awalnya Marvel dikenal sebagai Timely Comics, di mana nama ini bertahan selama kurang lebih selama delapan tahun sebelum berganti menjadi Magazine Management pada 1947 dan kemudian menjadi Marvel Comics pada tahun 1961. Karakter Victor Timely sendiri pertama kali diperkenalkan tahun 1999.

Penyamaran Prime Kang

Saat melakukan debutnya pada tahun 1999, tepatnya di komik Avengers: Forever #9 karya Kurt Busiek dan Roger Stern, ternyata Victor Timely bukanlah varian Nathaniel Richards alias Kang seperti yang selama ini dipercaya oleh sebagian penggemar. Faktanya dia adalah Prime Kang alias Kang paling pertama dan utama yang eksis di Marvel Universe. Victor Timely adalah salah satu penyamaran Prime Kang saat berusaha menguasai abad ke-20 dengan cara yang tidak biasa. Di mana pada suatu titik Prime Kang memutuskan untuk pergi ke tahun 1901 dan kemudian membangun Kota Timely di Wisconsin, Amerika.

Seorang Wali Kota di Amerika

Sebagai tokoh pertama yang membangun Timely di Wisconsin pada awal abad 20, dengan penyamarannya sebagai Victor Timely, dia lantas menjadi wali kota dari kota fiktif Marvel tersebut. Untuk membuat kotanya makin hidup, Victor kemudian membangun banyak tempat bisnis dan pabrik, termasuk perusahaan utamanya yang disebut Timely Industries. Hal inilah yang pada akhirnya menarik banyak perhatian dari warga Amerika yang mulai berbondong-bondong tinggal di kotanya. Victor bahkan tidak ragu untuk mengajarkan ilmu dasar robotika yang pada saat itu tidak pernah dibayangkan oleh siapa pun sebelumnya.

Punya Banyak Identitas

Karena Victor Timely pada dasarnya adalah seorang penjelajah timeline Marvel yang tidak terikat ruang dan waktu, tentunya dia tidak menua seperti warga sipil yang tinggal di Kota Timely. Sehingga untuk menyembunyikan identitas aslinya dari orang awam, dia akhirnya menciptakan banyak identitas yang hidup pada zamannya masing-masing. Setelah Victor Timely dipercaya meninggal dunia, dia kemudian kembali sebagai ‘anaknya’ yang bernama Victor Timely Jr. sekitar tahun 1930-an dan juga sebagai Victor Timely III pada tahun 1980-an dengan mengaku sebagai cucu Victor Timely.

Pionir Teknologi Canggih

Terlepas dari siapa pun identitasnya, entah itu Victor Timely, Victor Timely Jr., atau Victor Timely III, dia selalu ada untuk kotanya sebagai seorang wali kota. Dan sebagai orang yang berasal dari masa depan, Victor juga dipuja oleh para warganya sebagai penemu ulung yang menemukan banyak teknologi canggih. Yang lebih hebatnya lagi, hampir semua penemuannya menjadi dasar dari teknologi yang digunakan oleh para manusia modern. Di mana teknologinya menjadi sumber inspirasi Phineas Horton untuk penciptaan android pertama Human Torch, serta digunakan juga oleh Mister Fantastic dari Fantastic Four.

Sering Dikira Baik

Karena keberhasilannya dalam berbaur dengan manusia, sekaligus sepak terjangnya yang terkenal sebagai wali kota dan penemu ulung, Victor Timely sering dikira baik oleh warganya dan bahkan para penggemar Marvel. Pada kenyataannya dia masih tetap seorang Kang, yang diam-diam masih sering melakukan penaklukan di timeline lain. Saat jauh dari Kota Timely biasanya posisi Victor sebagai wali kota sementara akan digantikan oleh robot ciptaannya yang menyerupai dirinya. Pada titik inilah dia kembali ke markasnya yang berada di Limbo, yaitu Chronopolis, untuk menjadi villain Marvel yang sesungguhnya.

Calon Villain di Loki Season 2

Beberapa waktu lalu, insider sekaligus scooper terpercaya Daniel Ritchman, sempat mengklaim bahwa seorang varian Kang yang terkenal sebagai penemu akan melakukan debut MCU-nya di serial Loki season 2. Menurutnya, varian ‘Kang the Inventor’ ini akan melakukan sesuatu pada masa lalu agar bisa mempengaruhi masa depan. Itulah mengapa Loki bersama Mobius bertugas memburunya. Jika benar seperti itu kasusnya, kemungkinan besar nantinya kita akan melihat aktor Jonathan Majors kembali sebagai varian Kang ‘Victor Timely’ di Loki season 2 yang rencananya akan tayang pada akhir tahun ini.

Itulah berbagai fakta menarik dari varian Kang paling unik di Marvel Universe yang bernama Victor Timely. Dengan sepak terjangnya yang sangat berdampak bagi kemajuan teknologi dan peradaban manusia, cukup jelas bahwa Victor Timely adalah varian Kang yang eksistensinya sangat vital di Marvel Universe. Sepertinya akan sangat menarik juga jika kisah komiknya dihadirkan juga di versi live action Marvel Cinematic Universe. Karena hanya dengan begitu para penggemar akan lebih menyadari keberadaannya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.