Rilis pada tahun 2018, film perdana Aquaman yang disutradarai oleh James Wan bisa dibilang merupakan salah satu film superhero tersukses sepanjang masa. Pada saat itu pendapatan filmnya bahkan dilaporkan mencapai 1,1 miliar dolar Amerika dari seluruh dunia. Itulah mengapa sekarang sekuelnya yang berjudul Aquaman and the Lost Kingdom sangat diantisipasi oleh banyak penggemar. Sayangnya hasil test screening terbaru dari film Aquaman 2 justru membuat para penggemar mulai khawatir dengan waralabanya.

Sebagai informasi, test screening sendiri adalah hal yang cukup lumrah di industri perfilman Hollywood, di mana studio film atau sineas biasanya akan memutar pratinjau film garapannya sebelum dirilis secara umum untuk mengukur reaksi penonton. Sebagai contoh film DC seperti Blue Beetle dan The Flash, sebelumnya telah dilaporkan berhasil diterima dengan baik oleh para penonton test screening-nya. Sayangnya, hal yang sama justru tidak dialami oleh film Aquaman 2 yang dijadwalkan untuk tayang pada tahun ini juga.

Setelah test screening Aquaman 2 dilakukan beberapa kali di berbagai tempat khusus, baru-baru ini insider ViewerAnon berani menggambarkan bahwa filmnya “membosankan, tidak sebagus yang pertama, dan berpotensi menjadi salah satu film terburuk DCEU.” Di sisi lain dia juga mengungkapkan bahwa sutradara James Wan telah “melalui waktu yang sulit” untuk membuat sekuelnya, sehingga dia berharap semuanya bisa berjalan dengan lancar.

Hal senada juga disampaikan oleh Big Screen Leaks yang mengatakan bahwa hasil test screening Aquaman 2 masih belum bagus. “Dengan berat hati, saya harus memberi tahu kalian bahwa test screening untuk filmnya masih belum bagus. Saya sangat berharap [James] Wan bisa segera memperbaiki filmnya sebelum tayang pada bulan Desember nanti,” ungkapnya.

Yang lebih mengkhawatirkannya lagi, insider terpercaya Jeff Sneider bahkan sampai mengatakan bahwa buruknya film Aquaman 2 merupakan salah satu alasan mengapa akhirnya Jason Momoa memilih pensiun sebagai Aquaman dan berniat menjadi Lobo pada masa depan DC Universe.

Fakta bahwa film Aquaman 2 mendapatkan hasil yang buruk dari berbagai test screening-nya, bisa berarti bahwa peran Momoa sebagai Raja Atlantis mungkin akan segera berakhir, begitu juga dengan waralabanya. Sebagai film superhero DC yang kabarnya telah menghabiskan anggaran paling besar, jika nanti Aquaman and the Lost Kingdom yang dijadwalkan rilis perdana pada tanggal 25 Desember gagal, tampaknya itu akan jadi pukulan telak bagi Warner Bros. dan sutradara James Wan.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.