Menurut kalian apa yang lebih menyeramkan dari film horor? Tidak sedikit orang yang merasa bahwa keseraman sebuah film horor akan terasa jauh lebih mengerikan jika di dalamnya ada hantu sungguhan yang tertangkap kamera. Hal ini berlaku juga untuk film non horor yang mempunyai fenomena aneh yang sama. Seperti lima film Hollywood yang akan kita bahas kali ini, di mana konon filmnya berhasil menangkap gambar penampakan hantu sungguhan dan tetap menyajikannya kepada para penonton. Penasaran? Mari langsung saja simak pembahasan dan gambar penampakannya di bawah ini, Geeks!

The Wizard of Oz (1939)

Meskipun The Wizard of Oz bukan merupakan film Hollywood yang bergenre horor, tetapi ada sebuah legenda yang cukup populer di kalangan penggemar tentang penampakan hantu yang tertangkap pada salah satu adegannya. Seperti yang bisa kalian lihat pada gambar di atas, penampakan ini terlihat ketika karakter utama bernama Dorothy dan teman-teman barunya, yaitu Scarecrow, Tin-Man, dan Cowardly Lion, berjalan menyusuri jalan setapak berwarna kuning. Pada saat itu banyak penonton yang percaya bahwa bayangan hitam yang mengantung tersebut adalah penampakan hantu dari orang yang tewas karena mengambil nyawanya sendiri.

Three Men and A baby (1987)

Film Hollywood non horor berikutnya yang konon di dalamnya terdapat penampakan hantu adalah Three Man and a Baby. Meskipun keseluruhan film ini bergenre komedi, tetapi pada salah satu adegannya kita bisa melihat penampakan mengerikan seperti hantu anak laki-laki yang tengah mengintip dari balik tirai jendela. Tidak sedikit yang menganggap bahwa hantu tersebut adalah roh gentayangan dari seorang anak tanpa wajah. Dan yang lebih mengerikannya lagi, meskipun tidak mempunyai wajahnya tidak jelas, tetapi penampakan yang diduga hantu ini seperti tengah memerhatikan bayi yang ada di filmnya.

Ju on: The Grudge (2002)

Entah kebetulan atau tidak, pada sebuah adegan dari film horor Jepang berstandar Hollywood yang berjudul Ju-On the Grudge, kita bisa melihat penampakan hantu seorang anak laki-laki pada pantulan kaca pintu di sebuah rumah sakit. Meskipun penampakan ini mirip seperti hantu Toshio yang memang ada di dalam ceritanya, tetapi pada adegan saat karakter Nerima keluar dari rumah sakit ini seharusnya bukanlah momen horor yang sengaja dimunculkan dalam filmnya. Hal itulah yang pada akhirnya membuat para penggemar bermata elang merasa yakin telah melihat hantu anak kecil sungguhan.

Insidious (2010)

Jika kalian penggemar setia film horor, pasti kalian tahu betapa mengerikannya film Insidious. Film yang bercerita tentang anak yang kesurupan iblis ini bisa dibilang banyak menyajikan adegan jump scare dengan hantu yang bermacam-macam. Salah satunya adalah hantu anak kecil yang menari dengan diiringi lagu tahun 60-an berjudul ‘Tiptoe Through the Tulip’. Ternyata sebelum karakter utama bernama Renai Lambert ketakutan melihat hantu anak kecil di film horor Hollywood ini, sebelumnya ada sebuah adegan biasa yang justru memperlihatkan penampakan seperti hantu sungguhan tengah membelakangi kamera.

Insidious: Chapter 2 (2013)

Masih dengan waralaba film horor Hollywood Insidious, penampakan hantu yang tidak kalah mengerikan dari sebelumnya sempat terekam juga di sekuelnya yang berjudul Insidious: Chapter 2. Pada adegannya kali ini, Renai sebenarnya hanya diceritakan tengah beraktivitas seperti biasa di rumahnya. Namun pada salah satu ruangan rumahnya justru terlihat ada seorang wanita yang berdiri di dekat jendela, anehnya saat Renai melewati ruangan itu penampakan wanita tersebut langsung menghilang. Terlepas dari apakah ini disengaja atau tidak, tetapi penampakan tersebut berhasil membuat banyak penggemar berpikir bahwa hantu sungguhan memang benar-benar telah tertangkap kamera.

Itulah 5 film Hollywood yang dipercaya telah memperlihatkan penampakan hantu sungguhan. Jika melihat sendiri filmnya mungkin kalian juga akan langsung berpikir bahwa memang ada sesuatu yang janggal dari semua adegan penampakan hantu ini. Di sisi lain, memang tidak sedikit juga yang merasa bahwa ini semua merupakan bagian dari strategi promosi filmnya, karena dengan hal misterius seperti ini diharapkan akan ada banyak orang yang membahasnya. Bagaimana menurut kalian, Geeks, apakah penampakan hantu ini benar adanya atau justru sengaja dibuat?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.