Setelah lebih dari satu bulan tayang di saluran streaming HBO, akhirnya versi live action The Last of UsĀ memperlihatkan puncak dinamika hubungan ayah-anak antara Joel dan Ellie. Di episode keenam yang berjudul ‘Kin’ ini, setelah bertemu dengan saudaranya Tommy, Joel dan Ellie diceritakan melanjutkan perjalanannya ke universitas yang pernah jadi markas Fireflies. Alih-alih menemukan apa yang mereka cari, Joel justru ditusuk oleh seorang raider sebelum mereka berhasil kabur. Karena mengalami pendarahan parah, di ending The Last of Us episode 6 Joel akhirnya tumbang. Apa yang sebenarnya terjadi?

Nasib Joel di Materi Aslinya

Seperti yang kita ketahui bersama, versi live action The Last of Us yang tayang di HBO memang mengadaptasi kisah dari video game berjudul sama. Faktanya adegan di ending The Last of Us episode 6 yang baru saja kita lihat sebenarnya pernah terjadi juga di gamenya. Latar kejadiannya pun bisa dibilang hampir sama, di mana semuanya bisa terjadi setelah Joel diserang oleh seorang raider. Bedanya di game The Last of Us, luka tusukan Joel muncul karena tubuhnya menancap pada sebuah besi setelah diserang dan jatuh dari ketinggian. Selanjutnya kurang lebih sama seperti yang terdi di versi live action-nya.

Di gamenya sendiri, setelah Joel berhasil meninggalkan universitas bersama Ellie, dia pada akhirnya memang terjatuh dari kudanya dan kehilangan kesadaran karena mengalami pendarahan. Meskipun awalnya sempat diperlihatkan tidak bisa mengangkat Joel, tetapi Ellie berhasil menyeretnya sampai sebuah mall terbengkalai. Singkat cerita setelah berjuang sendirian melawan raider dan infected, Ellie kembali dengan kotak P3K dan kemudian menjahit luka Joel yang masih belum sadarkan diri. Perjalanan pun dilanjutkan oleh Ellie dengan mengikat Joel pada kereta luncur sampai akhirnya dia pulih.

Jadi jika ditanya tentang apakah Joel akan mati setelah kehilangan kesadaran karena luka tusukannya, jawabannya tidak! Karena dalam prosesnya Ellie berhasil berjuang seorang diri untuk memastikan agar Joel bisa bertahan hidup, sambil melawan sejumlah infected dan para raider yang telah mengejar mereka sejak dari universitas. Sampai game The Last of Us pertama berakhir setidaknya Joel masih tetap hidup untuk melanjutkan petualangannya dengan Ellie yang sudah dia anggap sebagai anaknya sendiri.

Apakah Joel Mati di Episode 6?

Jika versi live actionnya mengambil arah yang sama seperti gamenya, kemungkinan besar Joel tidak akan mati di ending The Last of Us episode 6. Meskipun Joel diperlihatkan harus kehilangan kesadarannya karena kehabisan darah, tetapi di episode mendatang Ellie tampaknya akan berusaha menjaganya agar tetap sadar, sambil mencari peralatan medis dan obat-obatan untuk mengobati luka Joel. Bukan tidak mungkin juga para teman-teman raider yang Joel bunuh di episode 6 akan mengejar Joel dan Ellie sampai benar-benar bisa memastikan keduanya tewas.

Kabar buruknya, di gamenya sendiri yang mengejar Joel dan Ellie ternyata bukanlah kelompok raider biasa, melainkan para kanibal yang memang mencari manusia lain untuk mereka makan. Jika nanti seperti itu kasusnya artinya Ellie dan Joel harus berhadapan dengan sejumlah musuh baru yang justru menganggap mereka sebagai buruan. Satu-satunya cara yang bisa Ellie lakukan untuk mengalahkan mereka semua adalah dengan bertahan sampai Joel bisa sadarkan diri, sampai akhirnya mereka bisa bertempur bersama untuk melawan para kanibal yang sangat keji sekaligus kejam.

Itulah penjelasan tentang ending The Last of Us episode 6 yang baru saja tayang di saluran streaming HBO. Berdasarkan apa yang terjadi di gamenya, kemungkinan besar versi live actionnya juga tidak akan menceritakan kematian Joel lebih awal. Khususnya karena ada Ellie disampingnya, yang tidak akan pernah menyerah untuk menjaganya. Dengan judul ‘Left Behind’, The Last of Us episode selanjutnya yang akan tayang Senin depan sepertinya akan memperlihatkan perjuangan Ellie tersebut, sekaligus cerita flashback terkait origin karakternya. Kita lihat saja nanti seperti apa kelanjutan kisah Joel dan Ellie ini ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.