Sosok Eida dalam cerita Boruto: Naruto Next Generation memiliki kekuatan mata atau Doujutsu unik yang diketahui merupakan Senrigan. Namun, apa sebenarnya Senrigan? Dari mana dia mendapatkan Doujutsu tersebut? Nama Eida baru muncul di arc Code ketika penerus dari Isshiki Otsutsuki tersebut meminta bantuan untuk menjalankan misi menghancurkan Konoha, Sasuke, Naruto, dan Boruto.

Dia juga memiliki misi untuk melanjutkan proses memanen buah chakra, di mana mereka butuh Boruto untuk menjadi tumbal proses tersebut. Untuk mewujudkannya, Code kemudian meminta bantuan Eida yang merupakan salah satu ciptaan terhebat dari Amado. Eida diketahui memiliki jurus mata atau Doujutsu yang dikenal sebaga Senrigan. Namun, apa sebenarnya Senrigan tersebut?

Apa itu Senrigan

Senrigan bisa diartikan sebagai mata yang bisa/mampu meramal dan melihat masa depan. Dari apa yang sudah dihadirkan oleh Kishimoto sejauh ini dalam ceritanya pun nyatanya memang demikian. Dengan menggunakan Doujutsu tersebut Eida mampu melihat apa yang sedang terjadi di dunia ini. Bahkan, dia bisa melihat berbagai peristiwa yang terjadi pada masa lalu.

Terkait dengan kekuatan Senrigan, Amado sempat memberikan penjelasan sedikit mengenai Doujutsu tersebut secara langsung kepada Shikamaru dalam chapter 70. Menurut Amado, Senrigan adalah sebuah kemampuan yang membuat Eida bukan hanya mampu melihat apa yang sedang terjadi di seluruh dunia. Senrigan juga mampu membuat Eida bisa melihat ke masa lalu.

Kekuatan ini sudah beberapa kali muncul dalam ceritanya. Misalnya, ketika pertarungan Code melawan Boruto dan juga Kawaki. Dengan kekuatan ini, Eida mampu untuk memprediksi apa yang akan menjadi tindakan selanjutnya dari Kawaki. Eida juga bisa mengetahui bahwa Boruto meminum obat khusus yang diberikan oleh Amado. Eida pun menggunakan kekuatan ini untuk melihat apa yang terjadi selanjutnya jika dia menerima tawaran Shikamaru untuk bertemu Kawaki.

Penjelasan tentang Senrigan sempat juga dijelaskan kembali pada chapter 75 kemarin oleh Amado ketika Eida dan Daemon tiba di Konoha. Jutsu mata ini ternyata memiliki kelemahan terlepas dari kekuatannya yang sangat dahsyat. Dari apa yang dihadirkan sejauh ini, Senrigan diketahui memiliki beberapa kelemahan. Pertama, Eida tidak akan tahu apa isi hati dari orang lain.

Selain itu, Eida juga tidak akan mampu mengetahui apa yang ada di dalam isi kepala seseorang. Dengan kata lain, dia tidak bisa membaca isi pikiran seseorang. Yang Kedua adalah Senrigan tidak akan mampu melihat kejadian jauh sebelum Eida lahir. Dengan Eida yang saat ini berusia 16 tahun, artinya dia hanya mampu melihat ke 16 tahun yang lalu.

Asal Usul Senrigan

Dari mana kemudian Senrigan berasal? Ini merupakan salah satu pertanyaan besar yang kemudian muncul di kalangan fans Boruto. Seperti halnya Jougan, Senrigan sempat jadi misteri terkait asal-usulnya. Meskipun begitu, mereka meyakini jika Doujutsu ini kemungkinan sama-sama berasal dari klan Otsutsuki yang mana ternyata spekulasi tersebut terbukti benar.

Hal ini terungkap di chapter 75 ketika Amado mengungkapkan sosok dewa Otsutsuki yang bernama Shibai Otsutsuki. Menurut penjelasan Amado, Shibai adalah sosok dewa Otsutsuki yang sudah lama ada. Dia sudah hidup selama lebih dari ribuan tahun. Shibai Otsutsuki diketahui memiliki banyak sekali kekuatan dahsyat. Misalnya adalah Shinjutsu yang jadi “nenek moyang” bagi berbagai teknik Senjutsu.

Yang menarik adalah Amado kemudian membeberkan fakta jika semua kekuatan yang dimiliki oleh Daemon dan juga Eida merupakan berasal dari DNA Shibai Otsutsuki. Bagaimana kemudian Amado mendapatkan DNA dari dewa Otsutsuki tersebut memang masih jadi misteri. Namun, hal ini juga yang diyakini menjadi cara Eida memiliki kekuatan Senrigan di salah satu matanya.

Senrigan Jadi Ancaman Besar

Bagaimana kemudian Senrigan tidak banyak diketahui membuat Doujutsu ini menarik, sekaligus juga bisa dianggap menjadi sebuah ancaman besar. Mengapa kemudian Shikamaru serta shinobi lainnya tidak mengetahui tentang keberadaan Senrigan? Alasan yang paling logis tentunya adalah Jutsu mata ini sebelumnya belum pernah ada di bumi. Alasan lainnya mungkin awalnya Doujutsu ini hanya dimiliki oleh seorang saja yaitu Shibai Otsutsuki.

Senrigan jelas bisa jadi ancaman besar bukan hanya bagi Konoha, namun juga bagi seluruh dunia. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana Naruto dipaksa untuk bekerja sama dengan Eida. Eida dianggap sebagai satu-satunya cara untuk bisa menandingi kekuatan dahsyat Code. Dan sejauh ini, Eida memang sudah membuktikan jika dia memang jauh lebih kuat dari Code.

Inilah yang kemudian jadi dasar spekulasi jika Eida bisa menjadi ancaman besar lainnya. Dengan kekuatan Senrigan yang dia miliki, Eida jelas bisa tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Bagaimana kemudian dia mau bekerja sama dengan Konoha sejauh ini tentunya menarik. Apakah artinya ini menjadi salah satu strateginya agar apa yang dia lihat pada masa depan terjadi? Atau karena ada hal lainnya?

Intinya, untuk saat ini, Eida memang menjadi senjata rahasia dan andalan bagi Konoha untuk menandingi kekuatan Code. Namun, mereka juga perlu waspada melihat apa yang terjadi saat ini. Seperti yang diperlihatkan pada chapter 78, semua shinobi Konoha berusaha menghabisi Kawaki atas apa yang terjadi. Mengingat Eida begitu jatuh cinta terhadap Kawaki, bukan tidak mungkin jika dia akan melakukan hal gila jika kemudian para shinobi Konoha menyakiti Kawaki. Apakah Eida dan Senrigan akan jadi ancaman bagi Konoha? Atau justru hal sebaliknya yang akan terjadi? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.