Meskipun dunia shinobi dalam franchise Naruto sering menggunakan berbagai Jutsu, namun tidak jarang juga mereka menggunakan senjata untuk membantu mereka mengalahkan musuh. Atau bahkan hanya sekedar mengalihkan perhatian. Franchise Naruto terkenal karena berbagai Jutsu yang diperkenalkan dalam ceritanya. Misalnya Genjutsu, Ninjutsu, atau bahkan Doujutsu. Berbagai Jutsu tersebut seolah menjadi hal yang wajib mereka kuasai.

Namun, dalam sebuah situasi pertempuran shinobi yang dihadirkan dalam ceritanya kita tidak jarang melihat mereka menggunakan senjata lainnya selain Jutsu yang mereka kuasai. Senjata yang digunakan itu sangat berguna untuk menjalankan berbagai misi, mulai dari misi untuk melindungi seseorang atau bahkan dalam misi penyusupan. Berikut adalah deretan senjata shinobi yang paling umum digunakan.

Pedang Chakra

Chakra blades atau pedang chakra merupakan salah satu senjata yang cukup populer di kalangan shinobi, meskipun tidak banyak yang menggunakannya. Beberapa karakter yang diketahui menggunakan pedang chakra adalah Asuma Sarutobi. Asuma adalah sosok yang mempopulerkan senjata ini, sebelum kemudian Kishimoto memperkenalkan karakter lainnya. Asuma biasanya menggunakan sepasang pisau atau pedang kecil yang kemudian pisau tersebut dialiri oleh chakra.

Senjata ini diketahui sangat efektif untuk pertarungan jarak dekat. Senjata ini juga mampu memutus atau menghancurkan berbagai serangan yang berkaitan dengan chakra. Setelah kematian Asuma, anaknya, Mirai Sarutobi, kemudian melanjutkan teknik yang biasa digunakan oleh ayahnya. Dia menggunakan dua senjata yang kemudian dialiri oleh chakra.

Boneka

Sama seperti pedang chakra, penggunaan boneka sebagai senjata memang kurang begitu populer. Karena, butuh keahlian khusus untuk mengendalikannya. Namun, beberapa shinobi kuat seperti anggota Akatsuki, Sasori, dan juga Kankuro, berhasil mempopulerkan senjata ini. Sebenarnya, menggunakan senjata ini mirip seperti memainkan boneka tali di kehidupan nyata.

Bedanya, shinobi atau penggunanya tidak menggunakan tali sembarang untuk mengendalikan boneka tersebut. Mereka menggunakan tali yang terbuat dari chakra. Di sisi lain, boneka yang mereka miliki biasanya sudah dimodifikasi di mana di dalamnya terdapat berbagai senjata mematikan. Seperti bom, pedang, dan senjata kecil lainnya yang efektif untuk disimpan.

Senbon

Senbon merupakan salah satu senjata yang berukuran kecil, sehingga sangat efektif untuk dibawa ke mana-mana. Atau mungkin juga digunakan untuk misi penyusupan, di mana seorang shinobi bisa melumpuhkan targetnya dengan menggunakan senjata ini. Senbon merupakan senjata yang mirip seperti jarum yang sangat panjang, di mana terdapat bagian runcing/tajam di kedua sisinya.

Senbon bisa digunakan sebagai senjata untuk menghabisi musuh dalam pertempuran atau digunakan sebagai salah satu alat medis. untuk hal medis, Senbon memiliki fungsi yang mirip seperti jarum dalam praktik akupuntur. Sedangkan, sebagai senjata, shinobi bisa melemparkannya begitu saja ke arah musuh atau melapisinya dengan racun. Butuh keahlian khusus untuk menghindari serangan Senbon, mengingat ukurannya yang kecil.

Makibishi Spikes

Makibishi Spikes merupakan benda tajam yang berukuran kecil yang biasanya digunakan dengan cara disebarkan di sepanjang area pertempuran atau sebuah jalan. Senjata ini digunakan sebagai jebakan, dengan tujuan untuk mencegah shinobi atau musuh melewati area tertentu. Bisa juga senjatanya digunakan untuk memperlambat gerakan musuh. Seperti halnya Senbon, jika shinobi atau musuh tidak memperhatikan hal tersebut mereka bisa terluka cukup parah. Dan hal ini menjadi kesempatan untuk melakukan serangan dadakan/kejutan.

War Fan/Kipas Perang

Mungkin, banyak diantara Geeks yang sempat skeptis bagaimana seorang shinobi menggunakan kipas sebagai salah satu senjata mereka. Namun, dalam ceritanya kemudian terbukti bahwa kipas tersebut menghasilkan kedahsyatan seranga yang sangat luar biasa. Beberapa karakter yang diketahui menggunakan kipas sebagai senjata adalah Temari, dengan kipas lipat raksasa yang dia selalu andalkan.

Selain itu, Madara Uchiha juga menggunakan sebuah kipas yang disebut sebagai Gunbai. Dan Gunbai sendiri kemudian diwariskan secara turun-temurun di klan Uchiha. Meskipun angin yang dihasilkan dari kipas milik Temari sangat dahsyat, tapi efek yang dihasilkan oleh Gunbai sangat jauh mengerikan dari kipas milik Temari. Dia bisa mengalahkan musuh yang jauh lebih kuat dengan menggunakan kipas tersebut.

Bom Asap

Bom asap merupakan senjata berbentuk bola atau bulat yang dibungkus oleh kertas. Ketika diledakan, maka akan muncul asap yang sangat tebal di sekitar area tersebut. Seperti halnya dalam pertempuran di dunia nyata, bom asap biasanya digunakan bukan untuk bertarung. Ini adalah senjata untuk mengalihkan perhatian musuh. Dengan tertutup asap, para shinobi bisa melakukan apa pun.

Misalnya, mereka bisa melakukan serangan dadakan. Jika terluka, mereka bisa kabur memanfaatkan asap yang tebal di sekitar area tersebut. Dalam beberapa versi, bom asap bahkan bisa dibuat mematikan dengan memasukan racun sehingga siapa pun yang menghirup asap tersebut akan tewas akibat keracunan.

Jimat Peledak

Kibaku Fuda atau Explosive Tags atau Jimat Peledak adalah salah satu senjata dan benda yang sangat berguna dan banyak digunakan oleh para shinobi dan sering dibawa ke mana-mana. Senjata ini berbentuk kertas dengan simbol “explode” atau “ledakan” di tengahnya. Penggunanya bisa meledakan jimat tersebut dari jauh atau disetting sedemikian rupa agar meledak ketika ada yang melintas atau menyentuhnya.

Jimat peledak ini tahan dalam berbagai cuaca, bahkan hujan deras sekali pun. Para shinobi yang berpengalaman bahkan memiliki cara yang unik memanfaatkan jimat ini. Mereka biasanya memiliki jimat peledak palsu yang kemudian ditempel atau disebarkan di berbagai tempat. Tujuannya adalah untuk mengelabui musuh dan menutupi jejak jimat peledak yang asli.

Pedang

Pedang adalah salah satu senjata yang mungkin sudah tidak asing lagi jika banyak digunakan oleh para shinobi. Bahkan, ada cukup banyak shinobi yang menggunakan pedang sebagai senjata andalan mereka. Ceritanya sendiri memperkenalkan jika ada beberapa jenis atau tipe pedang di dunia shinobi, tergantung dari ukuran dan juga fungsi serta desainnya.

Sebagian besar shinobi biasanya menggunakan sebuah pedang pendek dan hanya digunakan sebagai salah satu senjata pendukung. Namun, ada juga shinobi lain yang menggunakan pedang berukuran besar. Contohnya adalah Kisame dengan Samehada atau Zabuza dengan Kubikiribocho. Sebagia lain menggunakan pedang yang berukuran normal, namun sangat kuat. Misalnya, Sasuke dan Orochimaru yang sama-sama menggunakan pedang Kusanagi. Namun, Kusanagai milik Sasuke lebih unggul dari milik Orochimaru.

Shuriken

Shuriken adalah salah satu senjata yang umum digunakan oleh para shinobi atau ninja baik di franchise Naruto atau bahkan di dunia nyata. Di sepanjang cerita Naruto atau Boruto, kita pasti akan menemukan shuriken yang selalu tersimpan dan siap digunakan kapan pun. shuriken biasanya digunakan untuk menyerang, terutama jarak jauh, dan juga digunakan sebagai pengalih perhatian.

Dalam ceritanya, memang shuriken biasa biasanya mampu ditangkis dengan mudah bahkan oleh shinobi yang tidak terlalu kuat sekali pun. Namun, beberapa shinobi bisa merubah shuriken menjadi senjata berbahaya. Misalnya, ketika Tenten menggunakan teknik andalannya untuk menyerang musuh dengan ratusan bahkan ribuan shuriken sekaligus. Shuriken juga diketahui memiliki beberapa bentuk seperti Fuma Shuriken dan Manji.

Kunai

Dari semua senjata paling umum digunakan shinobi dalam franchise Naruto, Kunai menduduki peringkat teratas. Seperti halnya shuriken, Geeks tentunya sering menemukan shinobi yang selalu membawa kunai dalam perlengkapan mereka. Hal ini karena Kunai memang merupakan senjata yang praktik untuk dibawa kemana pun dan sangat multifungsi. Misalnya, kunai bisa digunakan sebagai senjata dalam pertarungan jarak dekat.

Namun, yang paling umum, kunai digunakan sebagai senjata jarak jauh dengan cara dilempar ke arah target. Kunai bisa ditempeli jimat peledak atau digunakan sebagai tanda untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain, seperti hal dilakukan oleh Minato Namikaze. Bahkan, dia membunuh ribuan shinobi musuh dalam satu malam hanya menggunakan Kunai.

Di franchise Naruto, berbagai senjata yang digunakan oleh para shinobi tentunya adalah senjata yang memang memiliki daya hancur yang besar. Meskipun terdapat beberapa senjata legendaris, namun ada juga senjata yang umum digunakan dan muncul dalam setiap pertarungan shinobi. Dan berbagai contoh di atas adalah bukti nyatanya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.