Setelah penantian yang cukup panjang, akhirnya film Ant-Man and the Wasp: Quantumania rilis lebih dulu di Indonesia. Banyak hal yang terungkap dalam film tersebut, mulai dari masa lalu Janet Van Dyne, hingga siapa sebenarnya sosok Kang the Conqueror yang muncul. Filmnya berakhir dengan “Happy Ending”, di mana Scott Lang alias Ant-Man mampu mengalahkan Kang. Bersama yang lain, Scott Lang pun kembali ke Bumi dan menjalani hari-hari dengan normal. Sama seperti film MCU lainnya, Ant-Man and the Wasp: Quantumania alias Ant-Man 3 menyertakan dua post credit scene. Dan kali ini, kita akan membahas tentang apa yang sebenarnya terjadi di post credit sceneĀ kedua. Seperti apa?

Kemunculan Varian Kang

Adegan post credit kedua dibuka dengan kemunculan varian Kang, Victor Timely (Jonathan Majors). Berbeda dengan varian lain, Victor Timely tampil lebih “membumi” dengan balutan busana yang biasa digunakan orang-orang. Dia sedang menggelar pertunjukan, yang sepertinya dilakukan pada tahun 1900-an. Tidak diketahui secara pasti apa yang ditampilkan Victor dalam pertunjukan tersebut, tetapi mungkin dia tengah memamerkan sebuah mesin waktu yang bakal digunakan nanti. Hal itu diperkuat dengan beberapa dialog Victor yang menekankan tentang waktu yang dapat dibentuk.

Menariknya, Loki (Tom Hiddleston) dan Mobius (Owen Wilson) juga tampil dalam adegan post credit. Mereka menyaksikan apa yang dipresentasikan Victor. Jika Mobius tampak biasa ketika melihat Victor, lain halnya dengan Loki, yang ketakutannya tersirat dari ekspresi wajah. Tetapi kemudian adegan ditutup, dan Marvel Studios mengkonfirmasi bahwa Kang akan kembali di masa depan MCU. Lantas siapa Victor Timely, dan mengapa Loki takut kepadanya?

Seorang Penemu dari Masa Lalu

Dalam komik, Kang pernah melakukan perjalanan waktu ke tahun 1901. Ketika itu, Kang membuat sebuah kota baru bernama Timely yang berada di wilayah Wisconsin. Setelah itulah Kang mengubah identitasnya menjadi Victor Timely dan menjadi pemimpin di kota tersebut. Di bawah kepemimpinan Victor, Timely menjadi kota dengan segudang teknologi mutakhir. Padahal di masa itu, teknologi masih sangat terbatas dan Victor mampu membawa perubahan signifikan ke kotanya.

Sebenarnya Geeks, ada misi lain dibalik semua yang dilakukan Victor di Timely. Perannya sebagai pemimpin Timely hanya sebagai kedok, agar rencana jahatnya dapat terealisasi. Misi utama Victor adalah membangun markas lain, yaitu Chronopolis, yang berada di luar timeline. Dan setelah markasnya rampung, Victor melanjutkan misi penaklukkannya ke berbagai timeline. Rencana Victor tersebut memang berjalan mulus, karena tidak ada yang bisa mendeteksi kejahatannya selama bertahun-tahun.

Bahkan kepemimpinan Victor sudah diwariskan dari generasi ke generasi, yaitu kepada Victor Timely Jr. dan Victor Timely III. Yang harus dicatat bahwa Victor Timely Jr. dan Victor Timely III bukan anak Victor Timely, melainkan robot canggih yang dia ciptakan sendiri. Tetapi sebenarnya ada dampak positif dari apa yang dilakukan Victor di Timely. Secara tidak langsung, dia bertanggung jawab atas kemajuan teknologi dari umat manusia. Hasil penemuannya juga berujung pada terciptanya Human Torch orisinal di versi komik Marvel.

Jadi Musuh Utama Loki?

Adegan post credit sceneĀ Ant-Man and the Wasp: Quantumania alias Ant-Man 3 mengkonfirmasi bahwa Victor Timely menjadi musuh yang dihadapi Loki dalam Loki Season 2. Loki dan Mobius sudah mengetahui identitas asli Victor Timely yang ternyata Kang the Conqueror yang menyamar. Yang menjadi catatan, mungkin saja Victor yang tampil di post credit scene hanyalah robot yang dibuat semirip mungkin dengan Victor asli, persis seperti yang terjadi dalam komik. Robot-robot tersebut mungkin digunakan untuk menipu Loki yang ingin menghentikannya.

Lewat ekspresi wajah Loki, dia sudah mengetahui betul seberapa berbahayanya sosok Kang. Seperti yang kita ketahui, sebelumnya Loki bertemu dengan varian Kang bernama He Who Remains. Darisitulah Loki menyadari bahwa Kang menjadi ancaman serius. Yang menjadi pertanyaan besar adalah mengapa Mobius bisa mengenali Loki di post credit scene

? Padahal ending Loki Season 1 mengungkap bahwa Mobius tidak mengenali Loki sama sekali, dan menganggap Loki hanya sebagai agen TVA.

Apakah mungkin Loki berhasil menjelaskan kepada Mobius tentang apa yang sebenarnya terjadi, sehingga mereka berdua bekerja sama kembali untuk menghentikan Kang? Semua misteri tersebut tentunya baru akan terjawab ketika Loki Season 2 dirilis nanti. Kita tunggu aja ya Geeks kelanjutan ceritanya nanti.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/