Baik di Marvel Comics maupun di semesta live action Marvel Cinematic Universe, Nathaniel Richards alias Kang the Conqueror dikenal sebagai salah satu karakter yang mempunyai banyak sekali varian di multiverse. Meskipun pada umumnya para varian Kang tersebut hanya digambarkan sebagai Nathaniel yang mempunyai kisah berbeda, tetapi tidak jarang Marvel justru menghadirkan karakter yang sepenuhnya berbeda. Menariknya, dalam sejarah Marvel Universe sendiri, setidaknya ada empat varian Kang yang ternyata merupakan varian superhero sekaligus. Siapa saja superhero yang pernah jadi Kang?

Invisible woman

Penggemar setia Marvel mungkin sepakat bahwa Ultimate Universe merupakan dunia alternatif yang tidak kalah menarik dari semesta utama Earth-616. Nah di semesta yang berisi para varian superhero ikonis Marvel ini ternyata yang menjadi Kang tidak lain adalah Sue Storm alias Invisible Woman dari tim superhero Fantastic Four. Setelah melalui pertempuran besar yang menewaskan banyak superhero di semestanya, Invisible Woman diceritakan memutuskan untuk menjadi penjelajah waktu layaknya Kang.

Dengan identitas barunya sebagai Kang di komik Ultimate Comics Wolverine (2013), dia lantas mencoba mengubah sejarah agar para superhero tidak jadi mati. Selain mempunyai kekuatan dan pengetahuan seorang penjelajah waktu, Kang versi Invisible Woman ini juga mampu menghilang dan mengeluarkan perisai energi seperti kemampuan yang dimiliki oleh versi utamanya.

Ahura Boltagon

Berbeda dengan superhero Ahura di semesta utama, varian Ahura Boltagon yang menjadi Kang the Conqueror justru lahir dari kebencian yang sangat mendalam kepada ayahnya, Blackagar Boltagon alias Black Bolt, sehingga dia akhirnya terkenal sebagai salah satu makhluk terjahat di semestanya. Semuanya bermula ketika Kang yang asli sengaja menculik Ahura yang masih kecil di komik Uncanny Inhumans (2015) untuk menghancurkan bangsa Inhuman yang dipimpin oleh Black Bolt dan istrinya Medusa.

Ketika dewasa, tanpa ada seorang pun yang mengetahui identitas aslinya, Ahura lantas memutuskan untuk menjadi jahat seperti Kang, karena merasa ayahnya dan para Inhuman lain telah membuangnya. Karena kemampuannya yang sangat kuat, di mana dia bisa mengambil arwah orang lain dan menjadikan mereka sebagai pasukannya, Black Bolt akhirnya terpaksa membunuh Ahura dengan penuh penyesalan. Untungnya hal serupa tidak terjadi di semesta utama, yang justru menceritakan Ahura sebagai salah satu superhero Inhuman terkuat di muka Bumi.

Ms. Marvel

Ketika kisah Infinity Warps (2018) menggabungkan dua karakter ikonis Marvel menjadi satu karakter baru, Kamala Khan yang semula terkenal sebagai Ms. Marvel diceritakan bergabung dengan Kang the Conqueror dan menjadi varian baru bernama Kamala Kang. Secara karakter sebenarnya Kamala Kang sendiri tidak jauh berbeda dengan versi utama Ms. Marvel, di mana dia masih dikenal sebagai Inhuman berhati polos yang mempunyai kemampuan untuk memperbesar ukuran tubuhnya.

Bedanya dengan ambisi seorang Kang yang selalu ingin mengubah masa lalu, akhirnya Kamala Kang menggunakan kekuatan penjelajah waktunya secara sembrono. Untungnya semua itu dia lakukan bukan untuk menaklukan suatu timeline, melainkan untuk mengetahui sejarahnya yang sebelumnya tidak pernah dia ketahui. Jadi bisa dibilang varian Ms. Marvel x Kang yang satu ini masih bisa tetap mempertahankan sisi superheronya.

Star Lord

Varian superhero terakhir yang diceritakan pernah menjadi Kang the Conqueror adalah Peter Quill alias Star Lord yang eksis di semesta video game Marvel Contest of Champions. Varian yang menggunakan identitas Star-Kang ini merupakan seorang Tech Champion di gamenya yang muncul di kisah MODOK berjudul Mo’ Problems. Meskipun asal-usulnya tidak dijelaskan secara detail, tetapi Star-Kang digambarkan mempunyai seluruh kemampuan Star-Lord yang digabungkan dengan kemampuan Kang the Conqueror. Di mana dia mahir dalam menggunakan berbagai senjata laser serta mampu melakukan perjalanan waktu ketika bertarung dengan musuh-musuhnya, baik supervillain maupun superhero.

Itulah 4 varian Kang di multiverse yang sejatinya adalah varian superhero juga. Eksistensi dari para karakter ini secara tidak langsung telah membuktikan bahwa tidak semua Kang the Conqueror adalah orang yang sama. Faktanya bisa saja mereka justru merupakan karakter lain yang tidak ada hubungannya dengan Nathaniel Richards. Jika hal yang sama diterapkan juga di MCU, bukan tidak mungkin ke depannya kita juga akan melihat varian Kang yang tidak dimainkan oleh Jonathan Majors, melainkan oleh aktor superhero MCU seperti Robert Downey Jr. atau Chris Evans. Bagaimana menurut kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.