Paramount Pictures baru saja merilis trailer untuk film live action ketujuh Transformers yang berjudul Transformers: Rise of the Beasts. Menariknya meskipun film dari sutradara Steven Caple Jr. ini dipastikan akan menghadirkan konflik baru antara sejumlah robot Autobot, Maximal, dan Terrorcon, tetapi trailer kali ini justru lebih berfokus pada penampilan Mirage, yang sebelumnya digadang-gadang akan menggeser posisi Bumblebee sebagai bintang utama. Alasan mengapa Mirage tampak lebih menarik daripada Transformers lain adalah karena superpower uniknya. Penasaran seperti apa kehebatan Mirage? Begini penjelasannya!

Kemampuan Mirage di Rise of the Beasts 

Baik di trailer baru maupun trailer sebelumnya, cukup jelas bahwa Autobot Mirage yang akan debut di film Transformers: Rise of the Beasts mempunyai superpower unik, di mana kemampuan ini mungkin tidak pernah terlihat dimiliki oleh robot lain di versi live action Transformers. Ketika Mirage (Pete Davidson) membawa karakter manusia bernama Noah Diaz (Anthony Ramos) yang tampak panik dan kebingungan, Autobot baru ini terbukti mampu menggandakan diri menjadi lima mobil sedan Porsche 911 Carrera RS berwarna perak. Kemampuan ini Mirage manfaatkan untuk mengecoh para polisi yang mengejarnya.

Sekilas tampilan duplikat sedan Porsche 911 Mirage tampak sangat nyata, menariknya ternyata itu semua tidak lebih dari sekadar ilusi yang dihasilkan oleh superpower miliknya. Sebagai pembanding, di dunia superhero ‘mirage’ sendiri adalah istilah yang digunakan untuk kemampuan untuk menggandakan diri dengan kecepatan super, sehingga penggunanya seakan-akan bisa berada di berbagai tempat secara bersamaan. Sedangkan di Transformers Rise of the Beasts, untuk sekarang masih belum diketahui bagaimana Mirage bisa menggandakan dirinya, apakah dengan kecepatan super atau perangkat ilusi.

Kehebatan Mirage di Versi Animasi

Meskipun versi live action Mirage baru akan diperkenalkan di film Transformers Rise of the Beasts, tetapi sebenarnya dia merupakan salah satu Autobot pertama di serial animasi Transformers Generation 1 (1984) bersama Optimus Prime, Bumblebee, Ratchet, Ironhide, Jazz, dan lain sebagainya. Bedanya di versi animasinya, bentuk perubahan alternatif Mirage bukanlah sedang Porche 911, melainkan mobil Fomula One Ligier JS 11. Itulah mengapa Mirage terkenal sebagai salah satu Transformers tercepat, di mana hal tersebut dibuktikan dengan superpower uniknya yang mampu menciptakan ilusi optik dengan kecepatannya.

Saking cepatnya pergerakan Mirage, hal tersebut memungkinkan dia untuk tiba-tiba menghilang, seakan-akan tembus pandang ketika diserang, dan juga bisa berada di tempat lain secara bersamaan. Alasan mengapa kemampuannya tidak bisa ditiru adalah karena Mirage mendapatkan semuanya melalui pelatihan dan bakat terpendam dalam dirinya, bukan dari teknologi Cybertron yang mungkin bisa dipakai oleh Transformers lain. Dengan kata lain kemungkinan besar ilusi yang diciptakan oleh Mirage bisa muncul karena orang lain tidak bisa menangkap kecepatannya hanya dengan penglihatan biasa.

Peran Mirage Dengan Superpowernya

Terlepas dari asal-usul superpower Mirage yang belum terungkap, sepertinya akan sangat menarik jika film Transformers Rise of the Beasts nanti tetap mempertahankan keunikan yang ada di serial animasinya. Di mana Mirage bisa menggandakan diri karena kecepatan yang dimilikinya, dengan begitu tidak akan ada robot lain yang bisa meniru kemampuannya. Waalupun begitu tidak ada salahnya juga jika kemampuan tersebut ternyata memang dihasilkan dari perangkat atau teknologi Cybertron, asalkan hanya Mirage yang memilikinya, sehingga keunikannya masih tetap bisa dipertahankan.

Bagaimanapun asal-usulnya nanti, yang jelas dengan superpower ini Mirage berpotensi mempunyai peran yang sangat penting di Transformers Rise of the Beast. Apalagi berdasarkan deskripsi karakternya dia adalah Autobot mata-mata, sehingga kemampuan menggandakan diri, menghilang, atau tembus pandang bisa dibilang sangat cocok dengannya yang selalu melakukan misi pengintaian berbahaya. Ketika seseorang memergokinya, entah itu kelompok robot antagonis Terorcon maupun manusia, dia bisa langsung kabur dengan lebih cepat daripada Autobot besar seperti Optimus Prime.

Itulah penjelasan tentang superpower unik Mirage di film Transformers Rise of the Beasts mendatang, sekaligus perbandingannya dengan versi animasi. Dengan semua yang dimilikinya ini cukup masuk akal jika pada akhirnya Mirage menjadi bintang baru di film Transformers. Di sisi lain hal ini juga justru membuat nyawanya lebih terancam, karena bukan tidak mungkin Terrorcon akan mengincarnya terlebih dahulu agar para Autobot kehilangan sumber intel terbaik mereka. Jangan lewatkan aksi Mirage dan robot lainnya di film Transformers Rise of the Beasts yang akan tayang pada tanggal 9 Juni 2023 nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.