Sosok karakter Superman yang diperankan oleh Henry Cavill kemungkinan diperlihatkan mati dalam film terbaru The Flash yang akan datang. Terdapat beberapa petunjuk yang kemudian muncul dalam trailer resmi terbaru dari filmnya yang baru saja dirilis. Superman menjadi salah satu karakter penting dalam terbangunnya jagat sinematik DC, selain The Flash, Batman, Wonder Woman, dan juga Aquaman.

The Flash menjadi proyek film terbaru yang akan dihadirkan oleh Warner Bros. dan DC Studios. Film ini diketahui akan jadi film terakhir yang jadi bagian dari DC Extended Universe. Seperti yang diketahui, pihak studio berencana membangun jagat sinematik baru bersama James Gunn. Dan dalam film “perpisahan” ini diperlihatkan bagaimana Superman yang diperankan oleh Henry Cavill harus tewas.

Superman Sudah Mati

Dalam trailer terbaru film The Flash yang dirilis pada beberapa waktu yang lalu, diperlihatkan bagaimana Superman muncul beserta berbagai karakter lain seperti Batman. Geeks mungkin penasaran bagaimana kemudian Superman mati dalam film tersebut? Terdapat beberapa petunjuk yang memberikan penjelasan bagaimana Superman mati di film The Flash nanti.

Petunjuk pertama adalah Barry merusak timeline yang ada. Dalam trailernya diperlihatkan jika Barry berusaha untuk kembali ke masa lalu. Tujuannya adalah untuk menyelamatkan ibunya yang tewas. Barry sempat berdiskusi dengan Bruce Wayne – yang diperankan oleh Ben Affleck – tentang kembali ke masa lalu. Menurut Bruce, Barry bukan hanya bisa mengubah sesuatu tetapi juga menghancurkan semuanya.

Dan dalam trailernya, Barry kemudian mengatakan sendiri jika dia memang sudah menghancurkan timeline yang ada dengan kembali ke masa lalu. Dalam timeline ini, ada perubahan besar yang diperlihatkan. Misalnya, kita melihat bagaimana General Zod masih hidup dan kembali jadi ancaman. Petunjuk kedua dari Superman mati di film The Flash adalah kostum yang rusak.

Dalam salah satu momen atau adegan di trailernya, terdapat shot atau gambar yang memperlihatkan kostum Superman yang sudah hancur. Shot ini rasanya sudah bisa memberikan petunjuk jelas jika Superman sudah mati. Belum lagi, Barry juga mengatakan bahwa di timeline atau dunia yang muncul akibat ulahnya pergi ke masa lalu tidak ada metahumans atau manusia super.

Siapa yang kemudian membunuh Superman? Terdapat dua kemungkinan. Yang pertama adalah General Zod. Dalam film Man of Steel diperlihatkan jika Superman harus bertarung menghadapi Zod dan pasukan pengintai Krypton miliknya saat berada di bumi. Meskipun sempat mengalami kesulitan, namun pada akhirnya, Clark Kent berhasil untuk menghabisi nyawa sang villain.

Kemungkinan kedua adalah Black Flash. Black Flash diketahui akan jadi salah satu villain dalam film The Flash. Hal ini muncul berdasarkan bocoran yang sempat beredar di jagat media sosial. Meskipun belum diketahui apa perannya atau apa yang akan dia lakukan, seperti di cerita Flashpoint, di mana Reverse Flash menjadi salah satu villain yang ikut mengacaukan semuanya, hal ini pun mungkin akan dilakukan oleh Black Flash. Dia yang mungkin akan membuat Superman akhirnya tewas, dan bukan General Zod.

Kematian Superman Awal Segalanya

Kematian dari Superman versi Henry Cavill sebenarnya masuk akal. Ini jadi cara bagi pihak Warner Bros. untuk “mengakhiri” semua hal yang berkaitan dengan Henry Cavill dan Superman. Seperti yang disebutkan di atas, pihak rumah produksi dan Cavill sempat beberapa kali mengalami perselisihan yang membuat akhirnya Cavill tidak lagi muncul untuk waktu yang cukup lama.

Cavill akhirnya kembali muncul di jagat sinematik DC di film Black Adam kemarin setelah Dwayne Johnson mempertaruhan semuanya demi hal tersebut. Tetapi, di penghujung 2022 kemarin muncul kabar jika James Gunn memutuskan untuk membuat sebuah jagat sinematik yang baru. Dan sebagai konsekuensiensinya, para aktor yang sempat memerankan karakter di DCEU, termasuk Henry Cavill, akhirnya tidak lagi akan memerankan karakter mereka.

The Flash sendiri rencananya akan jadi film terakhir di jagat sinematik DC, sebelum mereka memulai berbagai proyek baru. Dan kematian dari sosok Superman, yang sudah dianggap sebagai karakter yang ikonik, bisa jadi cara yang menarik dan epik untuk “berpisah” dengan jagat sinematik lama dan juga menjadi momen awal untuk memulai semuanya dengan hal yang baru.

Perbedaan Cerita Superman

Yang menarik adalah sebenarnya kematian Superman dalam film The Flash ini berbeda dari versi komiknya. Dalam cerita Flashpoint di versi komik, Superman diperlihatkan hidup dan berada di bumi. Hanya saja, saat itu, kondisi Superman dalam keadaan yang lemah. Dia hampir tidak bisa berbuat banyak akibat kehilangan kekuatannya. Yang parahnya lagi adalah Superman diperlihatkan menjadi tahanan bagi pihak pemerintah.

Di akhir ceritanya, Superman berhasil kembali mendapatkan kekuatannya dan kabur dari pengawasan pihak pemerintah. Superman kemudian memutuskan untuk membantu Barry Allen memperbaiki semua hal yang sudah dia lakukan. Namun, peran tersebut akan sangat berbeda dengan apa yang dihadirkan di filmnya. Dalam trailernya, diperlihatkan jika peran dari Superman yang membantu Barry memperbaiki semuanya diganti oleh Kara Danvers alias Supergirl.

Sosok Superman sendiri nasibnya dirubah oleh sang sutradara, Andy Muschietti. Sang Man of Steel akhirnya diperlihatkan tewas di filmnya. Kita masih belum tahu apa yang akan terjadi atau apa dampak kedepannya dari film The Flash dan kematian Superman. Satu hal yang pasti adalah seperti yang James Gunn pernah ungkapkan mengenai filmnya, The Flash akan mereset ulang semuanya.

Karena itulah, sebuah spekulasi yang mungkin terjadi adalah apa pun yang akan muncul atau terjadi di film The Flash nantinya akan menjadi jembatan bagi sebuah DC Universe yang sangat berbeda. Dalam jagat sinematik baru tersebut kita akan melihat sebuah alur cerita Superman yang berbeda dan juga baru, yang dimulai di film Superman: Legacy. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.