Salah satu pertanyaan klasik yang muncul di kalangan para penggemar DC Comics adalah siapa yang jauh lebih kuat antara Supergirl dan Superman. Meskipun ada banyak sekali karakter yang dianggap sosok dahsyat dan kuat di universe DC, namun Superman tetap dianggap sebagai karakter yang mewakili kekuatan tersebut. Dia bahkan sudah dianggap sebagai “wajah” dari DC Comics selain juga Batman atau Wonder Woman.

Selain Superman, sebenarnya ada juga sosok kuat lainnya di keluarga Superman yaitu sepupunya, Kara Zol-El alias Supergirl. Memiliki kekuatan yang sama dengan Superman, Supergirl juga tidak kalah dahsyat dari sang Man of Steel. Sebenarnya, dengan kesamaan yang keduanya miliki banyak yang kemudian bertanya siapa yang jauh lebih kuat antara Superman dan Supergirl.

Asal Usul Kedua Karakter

Superman, seperti yang kita ketahui, berasal dari planet Krypton. Saat planet tersebut terancam hancur, kedua orang tuanya, Jor-El dan Lara, kemudian mengirimkan Kal-El ke planet bumi. Sesampainya di planet ini, Kal-El kemudian diadopsi oleh keluarga Kent. Mereka kemudian memberi nama bayi tersebut sebagai Clark Kent, seperti yang kita ketahui selama ini.

Selama bersama keluarga Kent, Clark banyak belajar tentang sisi humanis. Termasuk bagaimana dia harus bersikap atau bertindak ketika masalah muncul. Inilah yang kemudian membentuk sosok Superman yang banyak dikenal sebagai pahlawan yang memiliki sisi manusiawi atau humanis paling besar. Bahkan, Batman sendiri mengakui hal tersebut.

Bagaimana dengan Kara Zor-El? Seperti halnya Superman, Kara berasal dari planet Krypton. Karakternya pertama kali muncul dalam Action Comics #252. Sedari awal, Kara memang diceritakan menjadi sosok survivor lainnya dari planet Krypton selain Clark Kent. Kara juga dikirim ke bumi saat planet tersebut hancur. Sesampainya di bumi, Kara diadopsi oleh keluarga Danvers, yaitu Fred dan Edna Danvers.

Pada awalnya, Supergirl diperlihatkan sebagai side characters atau karakter pendukung. Namun, seiring berjalannya waktu, DC Comics akhirnya mulai sering menghadirkan cerita di mana Kara Danvers menjadi pusat ceritanya. Yang menarik adalah seperti halnya Superman, Supergirl juga pernah diperlihatkan tewas pada tahun 1960an dalam cerita Crisis on Infinite Earths. Jika Superman diperlihatkan tewas dalam pertarungan melawan Doomsday, Supergirl tewas saat mengorbankan dirinya demi menyelamatkan multiverse.

Perbedaan Kedua Manusia Super

Sama-sama berasal dari planet Krypton dan juga berasal dari satu keluarga yang sama, Superman dan Supergirl memiliki banyak kesamaan. Meskipun begitu, ada juga berbagai hal yang membedakan keduanya. Misalnya, dibandingkan Superman, justru Supergirl tidak pernah ragu untuk menunjukan kekuatannya ke hadapan publik. Bahkan, sejak dia diadopsi oleh keluarga Danvers pun Kara tidak pernah menyembunyikan kekuatan tersebut.

Sedangkan, Clark Kent selalu berusaha untuk berbaur dengan para manusia lainnya dengan cara tidak menonjolkan dan memperlihatkan kekuatannya. Perbedaan ini membuat Supergirl jauh lebih agresif dan mengerikan daripada Superman. Kara sering kali tampil all-out saat bertarung. Hal ini berbeda dengan Superman di mana dalam beberapa situasi pertarungan, dia  sempat diperlihatkan kalah karena mencoba menahan kekuatannya.

Supergirl juga memiliki keuntungan lain dalam hal potensi kekuatan dan kecepatan. Dalam komik Supergirl: Power, Kara diperlihatkan memiliki kemampuan untuk mendapatkan dan menyerap energi orang lain. Hal ini bahkan membuat Batman tertarik untuk “meneliti” kemampuan tersebut. Lalu, bagaimana dengan Superman? Karakter pahlawan satu ini juga memiliki beberapa keunggulan.

Misalnya, Superman diketahui ahli dalam kemampuan bertarung. Superman pernah dilatih oleh banyak karakter seperti Batman dan juga Wonder woman. Dia juga menguasai dua ilmu bela diri dari planet Krypton, yaitu Torquasm-Ro dan Torquasm-Vo. Selain dari kemampuan bela diri, Superman memiliki keunggulan dalam hal pengalaman, kepemimpinan, dan taktik bertarung.

Superman memiliki keunggulan dalam berbagai hal tersebut karena dia terlebih dahulu tinggal di bumi dibandingkan Kara. Superman juga tergabung dalam kelompok pahlawan paling populer, Justice League, dan sudah bertemu dengan banyak pahlawan dan villain. Supergirl sendiri sebenarnya merupakan sosok yang cerdas. Namun, dia jarang terlibat dalam berbagai situasi yang mengharuskannya menggunakan taktik dan semacamnya.

Siapa Yang Lebih Kuat

Lalu, pertanyaannya kemudian siapa yang jauh lebih kuat? Setelah penjelasan di atas, ada berbagai skenario yang kemudian muncul dalam menentukan siapa yang lebih kuat. Misalnya, dalam skenario tentang adu kekuatan fisik, Superman dianggap memiliki keunggulan. Mengapa? Berdasarkan informasinya, Superman mampu mengangkat benda sampai 200 Quintillion ton dengan mudah.

Supergirl sendiri jelas mampu melakukan hal seperti mengangkat hal-hal atau benda berat. Namun, tidak diketahui pasti berapa maksimal kekuatan yang mampu ditahan oleh Supergirl. Kemudian, dalam skenario adu pengalaman jelas Superman yang menang. Seperti dijelaskan di atas, bahwa Superman unggul dalam hal pengalaman karena dia sudah lebih dahulu berada di bumi.

Dia gabung tim pahlawan terbesar dan terlibat banyak sekali konflik dengan para villain kuat. Supergirl sendiri pada dasarnya adalah seorang gadis remaja, yang jelas pengalamannya belum terlalu banyak dibandingkan Clark Kent. Mungkin DC Comics bisa mulai banyak menghadirkan cerita yang membuat pengalaman dari Kara bertambah, dan dia pun bisa berkembang dengan baik.

Skenario selanjutnya adalah adu kecepatan. Untuk hal ini, Kara Danvers adalah juaranya. Meskipun Supergirl dan Superman sama-sama memiliki kecepatan yang dahsyat, namun Kara Danvers lebih unggul dibandingkan Clark Kent. Kara memiliki level kecepatan yang bahkan membuat dia mengalami fase “Phasing” yang membuat Kara mampu untuk pindah dari satu tempat ke tempat lain dengan jauh lebih cepat.

Tekniknya mirip seperti teleportasi. Dan kemampuan ini tidak dimiliki oleh Superman. Selanjutnya, dalam skenario pertarungan moral dan juga prinsip pertarungan lagi-lagi Kara yang unggul. Superman tidak pernah mau melanggar sisi manusianya, yang selalu diajarkan oleh kedua orang tuanya di bumi. Lain halnya dengan Kara Danvers, yang selalu brutal dalam bertarung dan bahkan dia tidak ragu menghabisi nyawa lawannya.

Pertarungan antara Superman dan Supergirl mungkin akan jadi salah satu hal yang sangat dinantikan oleh para fans untuk diadaptasi dalam versi live-action atau bahkan di komiknya. Namun, berdasarkan penjelasan di atas, bisa ditarik kesimpulan jika Superman memiliki keunggulan dibandingkan Supergirl. Kara Danvers sendiri memang memiliki peluang untuk bisa menang dari Clark Kent, meskipun peluangnya tidak terlalu besar. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.