Seperti yang kita ketahui bersama, Marvel Universe adalah semesta komik superhero yang di dalamnya banyak sekali manusia super, mulai dari superhero sampai supervillain. Dan kebanyakan dari mereka sudah mempunyai kekuatan supernya sejak lahir, atau dengan mendapatkan berkah dari para entitas yang lebih superior dari manusia. Menariknya, karena tidak mau kalah dengan para karakter beruntung tersebut, banyak dari kalangan manusia biasa yang akhirnya mencoba menciptakan serum super agar bisa menjadi manusia super. Berikut ini serum super paling ampuh yang ada di Marvel Universe!

Super Soldier Serum

Para penggemar setia Marvel pasti sudah sangat paham betapa ampuh dan kuatnya Serum Super Soldier yang pertama kali digunakan oleh Steve Rogers untuk menjadi Captain America. Serum yang pertama kali disempurnakan oleh Dr. Erskine ini telah berhasil mengubah sejumlah manusia menjadi manusia super. Termasuk ketika para ilmuwan lain mencuri ide Erskine dan mencoba membuat hal serupa. Sayangnya tidak semua hasil dari Serum Super Soldier ini bisa sebaik Captain America. Faktanya ada sejumlah pengguna serum lain yang justru menjadi supervillain, misalnya Red Skull dan U.S. Agent.

Goblin Formula

Terkenal sebagai salah satu musuh terkuat Spider-Man, sejarah Norman Osborn alias Green Goblin sebagai supervillain bermula setelah dia mengonsumsi Goblin Formula yang diciptakan para ilmuwan Oscorp. Sayangnya meskipun serum ini mengubahnya menjadi manusia super, tetapi efek sampingnya justru malah merusak pikirannya dan menjadikan Norman orang paling jahat di Marvel Universe. Mirisnya pengaruh Goblin Formula ternyata tidak berhenti hanya di Norman saja, tetapi juga sempat melahirkan supervillain lainnya, seperti Menace dan Monster yang bahkan fisiknya berubah menjadi goblin sungguhan.

Golden Sentry Serum

Golden Sentry Serum adalah serum super yang lahir dari Project Sentry pada tahun 1947, di mana para ilmuwan Weapon X dan mantan ilmuwan Nazi mencoba memperbarui Serum Super Soldier ciptaan Dr. Erskine. Hasilnya, Golden Sentry Serum justru digadang-gadang dapat menciptakan manusia super yang jauh lebih kuat dari Captain America. Faktanya ketika seorang pecandu bernama Robert Reynolds mengonsumsinya karena dia pikir serum super tersebut adalah narkoba, dia ternyata benar-benar berubah menjadi manusia super terkuat Marvel bernama Sentry, yang kekuatannya setara dengan ledakan seribu Matahari.

Calypso Serum

Jika tadi semua serumnya terbuat dari senyawa kimia berbahaya, Calypso Serum justru diciptakan oleh Dr. Calypso Ezili dari berbagai tumbuhan dan dedaunan di hutan. Dia sengaja menciptakan Calypso Serum untuk Sergei Kravinoff alias Kraven the Hunter, agar kekasihnya ini bisa menjadi pemburu terbaik di Rusia. Ketika Kraven mengonsumsinya dia langsung berubah menjadi manusia super yang semua kekuatan fisiknya meningkat sampai berkali-kali lipat, begitu juga dengan semua indranya. Mirisnya, serum super ini malah membuatnya ingin memburu para manusia hewan Marvel, termasuk Spider-Man.

Infinity Formula

Berbeda dari serum super lain yang dapat mengubah seseorang menjadi manusia super, Infinity Formula justru dimaksudkan untuk membuat penggunanya berumur panjang dan mempunyai energi yang sangat luar biasa. Di Marvel Universe serum ini awalnya dikembangkan oleh Sir Isaac Newton pada awal abad ke-17, kemudian diperbarui oleh profesor pada era Perang Dunia II yang bernama Sternberg. Orang pertama yang memakainya tidak lain adalah pemimpin SHIELD, Nick Fury. Itulah mengapa dalam sejarah Marvel dia terlihat awet muda dan selalu berada pada kondisi puncaknya.

Itulah 5 serum super yang terbukti berhasil mengubah banyak manusia biasa menjadi manusia super di Marvel Universe. Hal yang sama juga berlaku di versi live action Marvel Cinematic Universe, di mana Serum Super Soldier menjadi salah satu elemen yang sangat penting di jagat sinemanya bahkan sampai sekarang. Di komiknya sendiri, sampai saat ini serum super selalu menjadi incaran para manusia yang haus kekuatan, karena cara ini dianggap paling mudah sekaligus efektif untuk mengubah seseorang menjadi superhero atau supervillain tangguh di Marvel Universe.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.