Film kesepuluh Fast & Furious yang berjudul Fast X baru saja merilis trailer perdana untuk filmnya yang akan tayang sebentar lagi. Berdasarkan apa yang terlihat di trailernya, terungkap bahwa keluarga balap Dom (Vin Diesel) nantinya akan menghadapi musuh dari masa lalu bernama Dante Reyes (Jason Momoa). Menariknya, pada saat yang bersamaan dengan dirilisnya trailer Fast X, Vin Diesel juga mengungkapkan bahwa membawa Fast & Furious sampai sejauh ini tidak kalah sulit dengan The Lord of the Rings.

Penggemar setia film Hollywood mungkin sudah tidak asing lagi dengan waralaba film fantasi The Lord of the Rings yang pernah dibawakan oleh sutradara Peter Jackson pada tahun 2000-an. Faktanya dunia yang dipenuhi dengan banyak hal ajaib ini, mulai dari bangsa elf, dwarf, orc, sampai artefak sihir yang mempunyai pengaruh luar biasa di semestanya, justru jauh lebih besar di novel aslinya yang diciptakan oleh J.R.R. Tolkien. Nah, sekarang Diesel baru saja membandingkan mitologi yang sangat rumit dan masif tersebut dengan waralaba Fast & Furious yang dibintanginya.

Dalam sesi wawancaranya dengan Variety, Vin Diesel ditanya mengenai seperti apa kesulitan yang harus dihadapinya sampai sejauh ini sebagai seorang bintang Fast & Furious. Aktor yang sudah terlibat dalam waralabanya selama lebih dari dua dekade ini menjelaskan bahwa aspek off-screen adalah bagian tersulit yang harus dilakukan untuk membuat Fast & Furious sampai sebesar sekarang.

“Kalian tahu apa yang membuatnya makin sulit? Aspek off-screen, yaitu memikirkan dan membesarkan [waralaba Fast & Furious]. Ada alasan mengapa Tolkie sempat berhenti menulis, karena sulit sekali untuk mempertahankan sebuah mitologi. Mungkin tidak ada yang memikirkannya dalam konteks itu, tetapi ini bukanlah hal yang mudah,” ungkap Diesel.

Ketika reporter Variety mencoba menyimpulkan bahwa Fast & Furious adalah The Lord of the Rings versi film aksi, Diesel merespon “perumpamaan yang bagus. Saya berharap itu bisa menjadi kenyataan. Dan itu sangat benar sekali.” Jika Diesel tidak menjelaskannya mungkin tidak akan ada yang sadar bahwa ternyata Fast & Furious mempunyai konsep mitologi sendiri yang cukup rumit dan saling terhubung. Karena hal inilah mengapa kita merasa antara satu film dengan filmnya mempunyai keterikatan yang cukup penting.

Apa yang Vin Diesel ungkapkan mengenai waralaba Fast & Furious ini senada dengan trailer terbaru Fast X. Di mana ternyata villain filmnya yang bernama Dante Reyes adalah anak dari gembong narkoba Hernan Reyes (Joaquim de Almeida), antagonis di film Fast Five (2011). Kita lihat saja nanti seperti apa keseruan dan perluasan mitologi Fast & Furious di film Fast X, yang dijadwalkan untuk tayang di bioskop pada 19 Mei 2023.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.