Tidak banyak yang tahu jika Superman memiliki kelemahan terhadap kekuatan sihir, namun apa yang kemudian jadi alasan sang pahlawan lemah terhadap kekuatan sihir? Dalam cerita di DC Comics, Superman adalah salah satu karakter terkuat di mana hampir tidak ada yang mampu untuk melukai atau bahkan menghabisi nyawanya. Meskipun begitu, bukan berarti Superman tidak memiliki kelemahan.

Di sepanjang sejarah kemunculannya dalam cerita komik, Superman memiliki satu kelemahan yang tentunya semua orang ketahui yaitu Kryptonite. Batu kosmik hijau tersebut sering kali dihadirkan dalam berbagai iterasi, misalnya cerita komik, game, atau bahkan film. Namun, Superman memiliki satu kelemahan yang mungkin tidak banyak orang ketahui yaitu sihir. Mengapa kemudian Superman bisa lemah terhadap kekuatan sihir?

Berbagai Kelemahan Superman

Meskipun Superman adalah salah satu kekuatan terbesar di DC Comics, namun bukan berarti dia sama sekali tidak memiliki kelemahan. Kelemahan dari Superman tersebut sering kali dimanfaatkan oleh banyak villain untuk menghabisinya. Sejauh ini, DC Comics sudah menghadirkan beberapa kelemahan Superman.

Yang pertama, dan yang jadi kelemahan Superman paling populer adalah Kryptonite. Batu kosmik yang merupakan pecahan dari planet Krypton tersebut mampu untuk melemahkan Superman dan keluarga Kal-El lainnya. Ini jadi kelemahan Superman yang banyak dihadirkan dalam berbagai medium. Yang paling baru, kita bisa melihat bagaimana Kryptonite mampu melemahkan Superman dalam film Bvs: Dawn of Justice.

Selain Kryptonite, berbagai kelemahan Superman lainnya adalah adalah radiasi nuklir, suara dalam frekuensi tinggi, X virus, dan radiasi dari fenomena matahari merah (red sun). Dalam beberapa cerita komik, Superman diperlihatkan memiliki kelemahan berupa listrik, serangan telekinesis, dan bahkan serangan fisik. Identitas ganda, keluarga, dan kekasihnya, Lois Lane, juga bisa dianggap sebagai kelemahan Superman.

Namun, terdapat satu kelemahan Superman yang mungkin tidak banyak orang ketahui yaitu kekuatan sihir. Mengapa kemudian kekuatan sihir jadi kelemahan Superman? Apakah kekuatan sihir juga menjadi kelemahan terbesar bagi Superman seperti halnya Kryptonite?

Alasan Superman Lemah Terhadap Sihir

Fakta bahwa Superman ternyata memiliki lebih dari satu kelemahan mungkin membuat kurang bisa diterima oleh sebagian fans. Dan fakta yang juga mungkin tidak bisa diterima sebagian fans tentang kelemahan Superman adalah dia memiliki kelamahan terhadap sihir. Sudah beberapa kali Superman diperlihatkan kalah dalam sebuah pertarungan karena lawannya menggunakan kekuatan sihir.

Pertanyaanya kemudian mengapa Superman lemah terhadap sihir? Sampai sekarang DC Comics masih belum memberikan penjelasan pasti terkait hal ini, yang mana jadi alasan munculnya berbagai spekulasi. Contohnya, terdapat spekulasi jika alasan Superman lemah terhadap sihir adalah karena sihir memiliki perbedaan dengan sumber kekuatannya, yaitu cahaya matahari.

Kekuatan sihir tentunya tidak sama dengan cahaya matahari, yang mana membuat sihir dianggap mampu melemahkan kekuatan Superman. Kemungkinan lainnya adalah para penduduk planet Krypton merupakan orang-orang yang sangat maju yang selalu bergantung pada kekuatan ilmu pengetahuan. Di sisi lain, sihir bukan bagian dari ilmu pengetahuan.

Karena mereka tidak pernah berhadapan atau menemukan kekuatan sihir, para penduduk Krypton termasuk Superman, tidak tahu bagaimana cara menghadapi kekuatan tersebut. Sebagian fans Superman bahkan melakukan penelitian, yang memunculkan teori jika kelemahan Superman terhadap sihir ada kaitannya dengan panjang gelombang di biomatrik tubuhnya. Simpelnya, kekuatan atau pun energi sihir bisa merusak keseimbangan dan medan pelindung di tubuh Superman.

Sihir Kelemahan Terbesar Superman?

Pertanyaan lainnya adalah apakah sihir merupakan kelemahan terbesar Superman? Jawabannya adalah tidak. Kryptonite tetap jadi kelemahan terbesar dari Superman. Dalam beberapa cerita komik, diperlihatkan bagaimana sang pahlawan masih sanggup untuk bertahan dan bertarung menghadapi musuh yang menggunakan kekuatan sihir. Contohnya saat dia bertahan dari Lasso of Truth milik Wonder Woman.

Di komik The Justice League, Superman masih mampu memberikan perlawanan meskipun dia diikat oleh Lasso of Truth. Dalam pertarungan melawan Shazam di komik Justice League Unlimited, meskipun Superman terkena serangan petir dari Shazam namun dia tetap bertahan dan Shazam tidak mampu untuk mengalahkannya. Hal berbeda diperlihatkan ketika Superman terkena efek Kryptonite.

Ketika Superman terkena efek dari radiasi Kryptonite, Superman benar-benar berubah menjadi lemah dan tidak berdaya. Inilah yang kemudian sering dimanfaatkan oleh Lex Luthor atau bahkan para villain lainnya. Bahkan, meskipun Superman tidak menyentuh batu kosmik tersebut dan hanya berada di dekatnya, efeknya akan tetap membuat Superman melemah.

Apakah kemudian kekuatan sihir yang dahsyat akan mampu membuat Superman kalah dan hancur? Jawabannya adalah mungkin saja. Hal ini bisa dilihat dalam Action Comics #831, ketika Superman bertarung menghadapi Black Adam. Seperti halnya Shazam, Black Adam memiliki keunggulan dalam kekuatan sihir. Namun, memang kekuatan sihir Black Adam sering kali diperlihatkan berada di atas Shazam levelnya.

Jika bukan karena Lois Lane yang mengalihkan perhatian Black Adam, Superman mungkin sudah tewas saat itu. Berdasarkan hal tersebut bisa disimpulkan jika kekuatan sihirnya berasal dari sesuatu yang luar biasa atau kekuatan sihirnya sangat dahsyat, bukan tidak mungkin jika Superman akan hancur atau kalah. Tetapi, tetap ada satu hal yang perlu diperhatikan.

Dari penjelasan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa meskipun sihir mampu menghancurkan Superman dan jadi salah satu kelemahannya, Kryptonite tetap jadi kelemahan Superman nomor satu. Kryptonite bukan hanya mampu melemahkan Superman, namun juga melumpuhkan sang pahlawan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.