Dalam sejarah panjang DC Comics, Darkseid dikenal sebagai salah satu big bad villain tersangar sekaligs terkuat. Hal itu dibuktikan lewat sepak terjangnya sebagai musuh bagi seluruh inkarnasi Justice League di mana pun universenya. Sebagai seorang New God dan juga ‘presiden’ dari planet Apokolips, Darkseid dianugerahi kekuatan kosmik yang bahkan tidak bisa ditandingi oleh Superman. Walaupun begitu, ternyata di balik namanya yang sangat besar, ternyata diam-diam dia menyimpan kekhawatiran terhadap beberapa karakter ikonis DC. Mulai dari superhero sampai supervillain, berikut ini 5 karakter yang ditakuti Darkseid!

Yuga Khan

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1990, Yuga Khan adalah Old God terakhir sekaligus penguasa pertama di planet Apokalips sebelum Darkseid. Faktanya salah satu karakter tertua di DC Universe ini adalah ayah kandung yang sangat ditakuti oleh Darkseid. Dengan kekuatan dan kekuasaannya, kengerian Yuga Khan juga sangat dirasakan oleh para penduduk Apokolips. Ketakutan Darkseid ini pertama kali terungkap ketika Yuga Khan diceritakan bangkit kembali di komik New Gods Vol. 3 #19, di mana dia langsung menangkap Darkseid yang hendak kabur karena tidak berani menghadapinya sendirian.

Batman

Penggemar setia DC pasti tahu bahwa Darkseid mempunyai rasa hormat yang tidak terbatas kepada Batman. DC Comics sendiri terbilang cukup sering menyiratkan hal ini dengan menggambarkan Batman dari kacamata Darkseid, di mana baginya Batman adalah seorang pejuang manusia yang pikirannya setara dewa. Untuk villain sekelas Darkseid yang jarang memberikan hormat orang lain, bukan tidak mungkin perasaannya ini muncul dari ketakutannya, hanya saja dia tidak mau mengakuinya. Alasan ini sudah cukup untuk menjelaskan bahwa Batman adalah salah satu karakter yang ditakuti oleh Darkseid.

Santa Claus

Tidak banyak penggemar yang tahu bahwa Darkseid sebenarnya selalu bertemu dengan Santa Claus setiap malam Natal. Hal mengejutkan ini pertama kali terungkap melalui kisah ‘Present Tense’ di komik Holiday Bash #2, di mana setiap malam Natal tiba, Santa Claus akan datang ke Apokolips untuk memberikan batu bara kepada Darkseid untuk mencapnya sebagai anak nakal. Hal inilah yang mungkin pada akhirnya membuat Santa ditakuti oleh Darkseid. Karena meskipun dia memasang banyak persenjataan di Apokolips untuk membunuhnya, Santa selalu berhasil menembus pertahanannya dan membuatnya kesal.

Doctor Fate

Sebagai personifikasi teror di DC Universe, awalnya tidak ada yang menyangka bahwa Darkseid mempunyai ketakutan tersendiri terhadap perasaan cinta. Superhero pertama yang menyadari hal ini tidak lain adalah penyihir terkuat DC, Kent Nelson alias Doctor Fate. Dalam salah satu kisahnya, dia bersama istrinya Inza Kent yang juga diceritakan menjadi Doctor Fate wanita, bertemu dengan Darkseid dan menggunakan sihir mereka untuk memasukan cinta ke dalam hati sang God of Evil. Sejak saat itulah Doctor Fate tercatat sebagai salah satu karakter yang ditakuti dan tidak ingin ditemui lagi oleh Darkseid.

Mister Mxyzptlk

Karakter terakhir yang ditakuti oleh Darkseid adalah Mister Mxyzptlk. Dikenal sebagai imp nyeleneh dari dimensi kelima, Mister Mxyzptlk adalah entitas Mahakuasa yang mampu membengkokkan realitas dan dia juga sering diceritakan menjadi musuh Superman. Suatu hari ketika bertemu dengan Mxyzptlk, Darkseid juga pernah mencoba membunuhnya dengan Omega Beam. Hal tersebut justru malah membuatnya sangat kaget karena ternyata Mxyzptlk sama sekali tidak terluka. Seperti yang bisa kalian lihat pada gambar di atas, cukup jelas bahwa ada ketakutan yang terpencar dari wajah Darkseid.

Itulah 5 karakter yang ditakuti oleh Darkseid the Destroyer di DC Universe. Berdasarkan semua ini bisa kita simpulkan bahwa ada banyak sekali faktor yang membuat Darkseid merasa khawatir kepada orang lain, mulai dari perasaan hormat seperti dia menghormati ayahnya dan juga Batman, kemudian sifat menyebalkan seperti Mister Mxyzptlk dan Santa Claus, sampai perasaan cinta yang sangat kuat dari sejoli Doctor Fate. Sayangnya bagi Superman, kekuatan fantastis dan bombastis bukanlah hal yang ditakuti oleh Darkseid.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.