Hagoromo Otsutsuki merupakan salah satu karakter terkuat dan paling berpengaruh dalam cerita di franchise Naruto, yang mana ternyata dia memiliki ayah yang merupakan manusia biasa. Nama Hagoromo Otsutsuki mungkin tidak asing di telinga Geeks semua, apalagi para penggemar series Naruto. Klan Otsutsuki sendiri pertama kali diperkenalkan di akhir seriesnya, di mana kita mengenal sosok Kaguya Otsutsuki.

Selain Kaguya, Kishimoto juga kemudian memperkenalkan Otsutsuki lainnya yang pernah berada di bumi di mana salah satunya adalah Hagoromo Otsutsuki. Hagoromo memiliki dampak yang sangat besar terhadap dunia shinobi, di mana dialah yang secara tidak langsung menjadi “pencipta” dari para shinobi. Berbicara mengenai Hagoromo, diketahui dia merupakan anak dari Kaguya. Lalu, siapa ayah dari Hagoromo Otsutsuki?

Siapa Hagoromo

Hagoromo Otsutsuki atau yang biasa dikenal sebagai Rikkudo Sennin, merupakan salah satu karakter terkuat dalam franchise Naruto. Dia juga dianggap sebagai salah satu karakter yang terkuat diantara klan Otsutsuki lainnya. Hagoromo merupakan anak pertama dari Kaguya Otsutsuki. Sedari kecil, Hagoromo sudah menjadi sosok yang kuat di mana terbukti dengan adanya Doujutsu Rinnegan di matanya.

Dengan kemampuan yang dia miliki serta Rinnegan di matanya, membuat Hagoromo tidak ada tandingannya. Kemampuan Hagoromo membuat Kaguya merasa terancam. Salah satu contoh kekuatannya adalah ketika dia menciptakan bulan dengan menggunakan teknik Chibaku Tensei. Hagoromo sempat bertarung melawan ibunya yang berusaha mencuri kekuatannya dan juga sang adik, Hamura Otsutsuki.

Pertarungan mereka terjadi selama tiga bulan, yang mana kemudian Hamura dan Hagoromo berhasil menyegel Kaguya. Hagoromo sendiri kemudian menjadi Jinchuuriki pertama, di mana dia menjadi wadah bagi monster ekor 10 yang dibangkitkan oleh Kaguya. Sebelum kematiannya, dia sempat memecah chakra monster tersebut menjadi sembilan yang kemudian dikenal sebagai Bijuu alias Tailed Beast.

Hagoromo sempat kembali muncul saat perang besar ninja keempat, di mana sang Rikkudo Sennin muncul di alam bawah sadar Naruto dan Sasuke. Setelah perbincangan cukup lama, akhirnya Hagoromo memberikan sebagian kekuatannya kepada Naruto dan Sasuke. Inilah yang kemudian membuat mereka berdua akhirnya memiliki chakra Six Path.

Sosok Ayah Hagoromo

Dengan sosok yang kuat, Geeks tentunya penasaran dengan asal-usul Hagoromo. Kita sudah tahu siapa ibunya, yang tidak lain adalah Kaguya Otsutsuki. Lalu, siapa ayah Hagoromo? Ternyata, ayah Hagoromo bukan bagian dari klan Otsutsuki. Dia hanyalah manusia biasa, yang bernama Tenji. Siapa sebenarnya Tenji? Bagaimana kemudian dia bisa bertemu dengan Kaguya?

Ketika Kaguya dikirim ke bumi untuk memanen buah chakra, ternyata dia memiliki perasaan lain terhadap planet ini. Dia jatuh cinta terhadap bumi dan juga umat manusia. Selain itu, Kaguya pun jatuh cinta terhadap seorang pria bumi bernama Tenji. Tenji merupakan pemimpin dari Land of Ancestors. Ketika Tenji pertama kali bertemu dengan Kaguya, saat itu wilayah kekuasaannya sedang bertempur dengan wilayah lain terkait dengan hak kepemilikan wilayah.

Berbeda dengan musuhnya, Tenji mencoba untuk tidak menyelesaikan semuanya dengan kekerasan, melainkan dengan jalan damai dan bernegosiasi. Saat Tenji bertemu dengan Kaguya, Tenji pun terkejut saat mengetahui bahwa Kaguya berasal dari planet lain. Bagaimana Tenji yang cinta damai membuat Kaguya jatuh hati terhadapnya dan juga menjadi alasan mengapa dia suka untuk tinggal di bumi.

Tenji pun mengizinkan Kaguya untuk tinggal di wilayahnya, dan dia pun mulai juga jatuh cinta terhadap Kaguya. Perselisihan besar sempat terjadi, saat Tenji terlalu jatuh cinta terhadap Kaguya dan juga dia mengancam dengan kekerasan terhadap para pengikutnya jika mereka merusak perdamaian yang sudah dia bangun. Kesal dengan hal tersebut, sebagian besar bawahannya mencoba untuk menghabisi nyawa Kaguya yang mana hasilnya adalah nihil karena kekuatan Kaguya terlalu dahsyat.

Konflik pun terjadi antara Tenji dan para pengikutnya serta Kaguya. Setelah memakan buah chakra, Kaguya kemudian menggunakan Infinite Tsukuyomi. Tenji sendiri tidak menyadari bahwa saat itu Kaguya sedang hamil anaknya. Sayangnya, Masashi Kishimoto sendiri tidak begitu jelas memberikan petunjuk mengenai kapan Kaguya melahirkan anaknya.

Pengaruh Tenji Bagi Dunia Shinobi

Berdasarkan penjelasan di atas. sosok Tenji secara tidak langsung bertanggung jawab terhadap dua hal. Yang pertama adalah munculnya klan Kaguya. Kedua, dia bertanggung jawab secara tidak langsung terhadap kelahiran dunia shinobi. Sesuai namanya, klan Kaguya merupakan klan yang merupakan keturunan dari Kaguya Otsutsuki. Namun, seperti halnya kelahiran Hagoromo dan Hamura, tidak diketahui kapan klan ini terbentuk.

Namun, banyak spekulasi yang menyebutkan jika klan ini kemungkinan terbentuk pasca Kaguya melahirkan Hagoromo dan Hamura. Klan Kaguya sendiri saat ini sudah punah, dengan karakter Kimimaro adalah keturunan terakhirnya. Selain lahirnya klan Kaguya, Tenji juga secara tidak langsung memberikan pengaruh terhadap lahirnya dunia shinobi. Hal ini terjadi setelah dia menjadi ayah dari Hagoromo dan Hamura.

Seperti yang disebutkan di atas, Hagoromo dianggap sebagai dewa bagi dunia shinobi karena dialah yang melahirkan berbagai hal tentang shinobi. Mulai dari konsep chakra, berbagai Jutsu, bahkan sampai kemunculan Jinchuuriki dan para Bijuu. Jika tidak ada Hagoromo, mungkin tidak akan ada dunia shinobi. Pasalnya, Kaguya sendiri sudah muak dengan manusia yang sering berperang dan berusaha menghancurkannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.