MonsterVerse adalah jagat sinema live action kaiju versi Hollywood dari Legendary Entertainment yang saat ini berfokus pada dua titan andalan mereka, yaitu Godzilla dan King Kong.

Sukses dengan sejumlah film blockbuster, termasuk Godzilla vs. Kong (2021), saat ini Legendary bersama Apple TV+ mulai merambah dunia streaming dengan serial atau series mendatang yang berjudul Godzilla and the Titans. Di mana belum lama ini dilaporkan bahwa serial baru Godzilla tersebut mempunyai hubungan yang unik dengan MonsterVerse.

Pertama kali diumumkan pada awal tahun 2022, series Godzilla and the Titans akan menceritakan peristiwa pasca pertempuran Godzilla dan MUTO di film pertama Godzilla (2014). Plot dari serialnya sendiri berfokus pada sebuah keluarga yang melakukan petualangan untuk mengungkap warisan yang menghubungkan mereka dengan organisasi rahasia Monarch.

Dari 10 episode yang direncanakan untuk tayang di saluran streaming Apple+, dua episode perdananya dipastikan akan digarap oleh sutradara Matt Shakman. Baru-baru ini dalam sesi wawancaranya dengan Collider, Shakman menjelaskan seperti apa hubungan antara series Godzilla and the Titans dengan film kaiju lain di MonsterVerse.

Menurut Shakman meskipun serialnya banyak mengambil referensi dari berbagai film MonsterVerse, tetapi hubungan antara kedua tayangan ini tidak terlalu mengikat satu sama lain. Hal tersebut bisa terjadi karena ada beberapa elemen di serialnya yang saling tumpang tindih dengan film seperti Godzilla vs. Kong dari sutradara Adam Wingard.

“Ada beberapa hal yang saling tumpang tindih. Meskipun kami tidak terlalu terlibat banyak dalam pembicaraan bersama Adam Wingard dan timnya, yang jelas Legendary adalah studio dari tayangan kami dan juga filmnya. Mereka memiliki departemen mitologi yang luar biasa. Jadi pasti mereka sudah mempertimbangkan hal-hal yang bisa saling tumpang tindih, bagaimana makhluk tertentu harus tetap berada di satu sisi atau sisi lain, jadi ada banyak percakapan tentang itu. Namun jika berbicara seberapa terikat narasinya, jika dibandingkan dengan MCU, ini tidak terlalu terorganisir,” ungkap Shakman.

Mengingat Matt Shakman sendiri adalah sutradara dari series MCU WandaVision dan film Fantastic Four mendatang, sepertinya dia sangat mengerti bagaimana sebuah tayangan serial bisa terhubung dengan film yang berada di jagat sinema yang sama.

Tanpa terkecuali series Godzilla and the Titans mendatang dengan jagat sinema MonsterVerse. Kita lihat saja nanti sejauh apa hubungan antara kedua tayangannya, saat series Godzilla and the Titans tayang di Apple TV+ pada masa yang akan datang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.