Salah satu ciri khas dari Captain America adalah penggunaan tameng atau perisai yang juga membantunya dalam menghadapi berbagai musuh. Captain America merupakan salah satu Avengers yang tidak memiliki kekuatan super. Meskipun begitu, dia memiliki serum Super Soldier yang mengalir di dalam tubuhnya yang membuat dia lebih kuat dari rata-rata manusia.

Selain itu, dia juga dibekali oleh sebuah tameng khusus yang terbuat dari vibranium yang membuatnya tahan dalam menghadapi berbagai serangan. Tameng dari Captain America ini biasanya memiliki bentuk bulat dan berwarna merah, putih, dan biru dengan bintang besar di tengahnya. Namun, dalam cerita komiknya sendiri Captain America memiliki tameng atau perisai yang tidak biasa. Apa saja?

Mutant-Hunter Shield

Dalam cerita di komik Age of X, para mutan dilabeli sebagai teroris dan mereka diburu secara besar-besaran oleh pemerintah dan juga berbagai pihak lain. Hal ini dikarenakan sebuah insiden besar yang melibatkan para mutan, di mana insiden tersebut menewaskan 600.000 orang. Mereka meyakini jika Jean Grey adalah penyebab dari insiden mengerikan tersebut. Hal ini karena dia tidak mampu menguasai kekuatan Phoenix Force.

Universe yang muncul di komik tersebut adalah Earth-11326. Para Avengers kemudian dikumpulkan dengan satu tujuan utama yaitu membasmi mutan. Captain America jadi pemimpin dari tim tersebut, dan dia pun dibekali oleh perisai khusus. Warna perisai ini adalah metalik dengan aksen hitam dan bintang di tengahnya. Namun, yang spesial adalah terdapat lapisan energi di bagian luar perisainya yang memberikan kekuatan untuk menaklukan para mutan.

Vampire Shield

Bagaimana jika tameng dari Captain America menyimpan energi gelap yang membuat Steve Rogers berubah menjadi sosok mengerikan? Hal inilah yang kemudian diperlihatkan dalam komik Exiles #31. Komik tersebut mengajak para pembaca untuk mengeksplor salah satu universe alternatif di Marvel Comics yaitu Earth-3931. Dalam ceritanya, diperlihatkan bagaimana Baron Blood sang vampir berhasil mengalahkan Captain America.

Bukan hanya berhasil mengalahkan sang pahlawan, Baron Blood juga berhasil untuk mengubahnya menjadi vampir. Selain Steve Rogers, Baron Blood juga mengubah seluruh Avengers menjadi vampir. Vampir Captain America ini memiliki tameng dengan warna yang cenderung gelap dari biasanya. Dan ada aura gelap yang membuat Captain America membuat tameng tersebut menjadi senjata yang mengerikan.

Skrulls Gladiator Shield

Dalam komik Exiles #9, yang menghadirkan cerita di Earth-5692, salah satu pahlawan Marvel, Calvin Rankin alias Mimic, sadar bahwa dia berada di sebuah universe yang berbeda. Dalam universe tersebut diceritakan bagaimana para Skrulls berhasil menaklukan bumi di akhir era 1800an. Mereka pada akhirnya mampu menaklukan bumi, karena di era tersebut belum ada teknologi yang bisa dimanfaatkan manusia untuk menghadapi para alien tersebut.

Dengan Skrulls yang menjadi penguasa bumi, semuanya terasa sangat berbeda. Semua hal yang ada, termasuk teknologi, mendapatkan pengaruh dari teknologi Skrulls. Alien tersebut menyukai pertarungan gladiator, dan pada momen ini Mimic pun akhirnya harus ikut menjadi salah satu petarung. Dia kemudian harus berhadapan dengan Captain America versi universe tersebut bernama The Captain. Perisai yang dia gunakan berwarna abi-abu dan ungu yang mirip dengan para Skrulls. Terdapat juga duri tajam di sekitar perisai tersebut.

Adamantium Shield

Adamantium biasanya erat kaitannya dengan cakar Wolverine atau benda-benda epik lainnya di Marvel Comics. Namun, ternyata adamantium juga pernah jadi material yang digunakan untuk menghadirkan perisai Captain America. Hal ini diperlihatkan dalam komik Captain America #339 yang rilis di era 1980an. Dalam komiknya, diperlihatkan Steve memutuskan mengundurkan diri sebagai Captain America.

Dia tidak mau jadi kaki tangan bagi pemerintah. Namun, nyatanya dia tidak bisa jauh dari perannya sebagai pahlawan. Dia pun menggunakan identitas baru yaitu The Captain, dengan kombinasi warna yang berbeda; hitam, putih, dan merah. Tony Stark juga memberikannya sebuah perisai yang baru yang terbuat dari adamantium. Yang unik adalah tidak ada ornamen atau warna apa pun di perisai ini.

Dormamu’s Corrupted Shield

Perisai ini mirip dengan Vampire Shield di poin sebelumnya. Dalam universe alternatif lain, yaitu Earth-5113, Dormamu diperlihatkan menjadi penguasa seluruh dunia. Dia memanfaatkan kekuatan sihirnya yang dahsyat untuk mengubah para pahlawan menjadi jahat. Bahkan, dia juga memengaruhi mereka untuk menjadi pelayannya. Tentunya, ini menjadi sebuah situasi yang rumit.

Momen yang terjadi di komik Defenders Vol 3 ini kemudian memperlihatkan Doctor strange, Namor, Bruce Banner dan Silver Surfer bersatu untuk mengakhiri semuanya. Salah satu “lawan” yang mereka hadapi adalah Captain America, yang sudah jadi lebih agresif dan mematikan. Perisai yang dia gunakan pun nampak begitu mematikan, di mana terlihat seperti mata gergaji mesin.

Energy Shield

Dari semua tameng atau perisai Captain America yang tidak biasa, ini mungkin adalah perisai yang paling unik dan epik. Energy Shield merupakan jenis tameng yang pernah beberapa kali digunakan dalam cerita komiknya. Yang pertama adalah dalam komik Captain America #451, di mana Sharon Carter memberikan Steve sebuah perisai energi yang mampu berubah bentuk. Kemudian, hal yang sama juga terjadi lagi di Captain America #9.

Dalam komik ini kembali Sharon Carter yang memberikan perisai energi tersebut kepada Captain America. Desain dari perisai energi ini berbeda dari sebelumnya, di mana secara desain mirip dengan perisai yang kita ketahui. Yang berbeda adalah bagaimana perisai tersebut tembus pandang karena energi yang terkumpul. Kelemahan dari perisai energi ini adalah Steve tidak bisa melemparnya seperti perisainya yang lain. Namun, perisai ini mampu menahan berbagai serangan yang jauh lebih kuat.

Di sepanjang kemunculannya di Marvel Comics, Steve Rogers alias Captain America sering kali menggunakan tameng atau perisai yang berbeda-beda. Meskipun tameng berbeda tersebut mayoritas hanya berbeda di bentuk atau detail saja, ada juga yang memang benar-benar berbeda seperti yang disebutkan di atas.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.