Seperti biasa, hari Senin adalah jadwal tayang episode terbaru versi live action The Last of Us di saluran streaming HBO. Pada episode 4 kali ini Joel dan Ellie diceritakan melanjutkan perjalanannya dengan menggunakan mobil Bill. Sayangnya mereka harus meninggalkan mobil tersebut setibanya di Kansas, karena ada sekelompok hunter yang menyerang mereka. Singkat cerita saat mereka tengah melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, Joel dan Ellie mengalami sejumlah peristiwa yang mengancam nyawa, khususnya di ending The Last of Us episode 4. Apa yang sebenarnya terjadi? Mari kita bahas, Geeks.

Ancaman Baru Selain Infected

Berdasarkan apa yang terjadi di tiga episode perdana The Last of Us, kita semua mungkin sudah mengetahui bahwa ancaman utama yang harus dihadapi oleh Joel dan Ellie adalah para infected. Di mana mereka bertindak layaknya zombie pemakan manusia setelah terinfeksi jamur Cordyceps yang bermutasi. Namun menjelang ending The Last of Us episode 4 yang berjudul ‘Please Hold to My Hand’, terungkap bahwa di luar Quarantine Zone, manusia normal juga bisa menjadi ancaman bagi manusia lainnya. Hal inilah yang coba digambarkan di QZ Kansas, tempat Joel dan Ellie berada sekarang.

Setelah berhasil membunuh dua hunter yang menyerang mereka, kini Joel dan Ellie malah menjadi buruan sekelompok hunter di QZ Kansas yang dipimpin oleh Kathleen (Melanie Lynskey). Tujuan utama Kathleen sendiri sebenarnya adalah memburu kenalannya yang bernama Henry dan adiknya Sam, yang sepertinya berkaitan dengan kematian orang terdekatnya. Namun dalam prosesnya Kathleen justru salah mengira bahwa Joel telah berkomplot dengan Henry, sehingga dia menyuruh hunter lain untuk melakukan perburuan. Cepat atau lambat kemungkinan besar mereka akan saling bertemu di episode mendatang.

Tanda-Tanda Kemunculan Bloater

Terlepas dari peristiwa The Last of Us episode 4 yang mengancam nyawa Joel dan Ellie, ada satu hal mengerikan lainnya yang tampaknya baru saja ditemukan oleh Kathleen dan para hunternya menjelang ending. Di mana pada lantai ruangan di gedung yang terbengkalai, terdapat sebuah retakan besar yang seperti menyimpan monster di bawahnya. Meskipun sosok yang mereka khawatirkan belum sampai muncul ke permukaan, tetapi tidak sedikit penggemar game The Last of Us yang berspekulasi bahwa makhluk yang berada di bawah tanah tersebut tidak lain adalah bloater.

Di gamenya sendiri, bloater adalah infected paling langka yang telah terpapar jamur cordyceps dan bertahan selama kurang lebih sepuluh tahun. Hal ini membuat tubuh bloater mengembang dan ditumbuhi jamur yang sangat keras, karena itulah bloater sering disebut sebagai infected terkuat setidaknya di game The Last of Us Part I. Yang lebih parahnya lagi bloater bahkan mampu melemparkan spora beracun yang dapat langsung melukai targetnya. Dengan kata lain jika benar makhluk yang ditakuti oleh Kathleen adalah bloater, artinya nyawa seluruh manusia di QZ Kansas tengah dalam keadaan terancam.

Identitas Anak Misterius di Ending

Terlepas dari kemunculan bloater yang masih menjadi misteri, tampaknya bagi Joel sendiri dia harus lebih dahulu menghadapi ancaman yang menimpanya di ending The Last of Us episode 4. Di mana dia dan Ellie diceritakan harus terbangun oleh seorang anak yang menodongkan senjata kepadanya. Tampaknya anak tersebut tidak lain adalah Sam, adik Henry yang juga pernah diceritakan di gamenya. Jika karakter Henry dan Sam yang diperankan oleh Lamar Johnson dan Keivonn Woodard di versi live action-nya ini punya kisah yang sama, artinya mereka tidak akan jadi ancaman bagi Joel di episode mendatang.

Meskipun sempat bertengkar di awal, karena Henry dan Sam salah mengira Joel dan Ellie sebagai hunter yang memburunya, kemungkinan besar di The Last of Us episode selanjutnya mereka justru akan benar-benar menjadi sekutu. Bagi Joel dan Ellie, mereka tampaknya akan membutuhkan bantuan Henry untuk keluar dari Kansas, di sisi lain Henry juga mungkin akan meminta tolong kepada mereka untuk bersama-sama menghadapi Kathleen dan para hunternya. Sebuah win-win solution yang tentunya tidak akan mudah bagi mereka semua.

Itulah penjelasan tentang ending The Last of Us episode 4, yang baru saja menyiapkan sesuatu yang besar untuk episode mendatang. Meskipun episode kali ini terkesan lambat, tetapi setidaknya kita bisa melihat perkembangan hubungan antara Joel dan Ellie yang mulai tertawa bersama. Yang lebih menariknya lagi pada episode selanjutnya bukan tidak mungkin mereka akan terlibat dalam pertempuran yang sangat besar, antara mereka, kelompok Kathleen, dan juga bloater. Kita nantikan saja keseruannya di The Last of Us episode 5 yang akan tayang di Indonesia pada hari Senin depan hanya di HBO.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.