Dalam sejarah DC General Zod dikenal sebagai salah satu musuh bebuyutan Superman yang datang dari planet asalnya, Krypton. Hal inilah yang membuatnya menjadi villain DC yang sangat kuat sekaligus menakutkan, karena dia mempunyai seluruh keunggulan Superman. Di mana hal yang sama berlaku kepada para variannya di multiverse DC, termasuk General Zod dari Earth-1 bernama Zod-El yang eksistensinya tidak lepas dari komikus Indonesia Ardian Syaf. Ada banyak hal menarik dari Zod-El yang membuatnya seakan-akan lebih superior dari varian utamanya. Apa saja? Mari kita mulai dari originnya.

Zod-El, Paman Superman di Earth-1

Sebelum membahas seperti apa origin General Zod versi Earth-1 ini, ada satu fakta menarik yang perlu kalian tahu. Bahwa ternyata di DC Comics sendiri satu-satunya General Zod yang digambarkan sebagai paman kandung dari Superman hanyalah Zod-El yang akan kita bahas ini, sisanya justru tidak lebih dari sekadar kriminal Kryptonite bernama Dru-Zod. Hal inilah yang membuat Zod-El lebih menarik, ditambah lagi desain karakternya dibuat oleh komikus Indonesia bernama Ardian Syaf, melalui komik berjudul Superman: Earth One karya J. Michael Straczynski yang pertama kali dirilis pada tahun 2015 silam.

Cerita Zod-El di Earth-1 sendiri dimulai ketika dia melakukan kudeta pada Science Council Krypton yang akhirnya memicu perang saudara antara dirinya dan kakaknya, yang tidak lain adalah ayah Superman bernama Jor-El. Setelah enam bulan berlalu, perang saudara tersebut akhirnya dimenangkan oleh kubu Jor yang akhirnya memaksa General Zod untuk kabur ke luar Kryptonite. Pada pengasingannya inilah dia pergi ke planet Dheron, musuh bebuyutan Krypton, dan malah memberi jalan kepada mereka untuk menghacurkan planetnya sendiri. Krypton pun akhirnya hancur seperti di kisah DC lainnya.

Karena dendamnya kepada Kryptonite, dia bahkan berjanji akan memburu Kryptonian yang tersisa, termasuk Superman yang tumbuh dewasa di planet Bumi. Setibanya di Bumi, dia bahkan langsung menyusun perangkap untuk menghabisi Superman. Pada titik inilah Lex Luthor yang telah bertaubat datang membantu Superman untuk mengalahkan Zod. Dengan ledakan Red Sun yang dapat melemahkan Kryptonian, Lex berhasil menguras habis tenaga Zod. Pada detik-detik terakhir, Zod yang marah langsung melemparkan pukulan mematikan pada Lex, sebelum akhirnya dia juga dibunuh oleh istri Lex yang datang ke lokasi.

Lebih Hebat dari Superman

Meskipun sepak terjangnya di DC Universe tidak sebanyak versi utama, tetapi General Zod dari Earth-1 ini berhasil membuktikan bahwa dia sebenarnya lebih unggul dari Superman. Jika Superman tidak dibantu oleh Lex Luthor mungkin kekuatan dan dendam membara General Zod dapat membunuh Superman, seperti halnya yang dia lakukan kepada Kryptonian lain pasca kehancuran Krypton. Adapun kekuatan super yang Zod miliki sebenarnya kurang lebih sama seperti Superman, termasuk kemampuan terbang, kekuatan fisik super, kecepatan super, kekebalan, napas super, heat vision, dan lain sebagainya.

Namun, di balik semua kekuatan itu ada keunggulan yang membuat General Zod ciptaan Adrian Syaf asal Indonesia ini seakan-akan tidak terkalahkan. Yaitu fakta bahwa sebagai seorang mantan militer Kryptonian, Zod mahir dalam seni pertempuran dan merupakan pembunuh terlatih. Yang lebih hebatnya lagi dalam setiap aksinya dia juga mengenakan Skin-Suit, sehingga bisa kebal terhadap serangan heat vision Superman dan efek dari Kryptonite hijau yang seharusnya dapat langsung melumpuhkan seorang Kryptonian. Itulah mengapa hanya ledakan Red Sun yang dapat melemahkan kekuatannya.

Perbedaan Zod-El dan General Zod Lain

Berdasarkan origin dan kekuatannya ini cukup jelas bahwa Zod-El yang merupakan hasil kreasi Ardian Syaf ini mempunyai sejumlah perbedaan dengan carian General Zod lain di DC Universe. Mulai dari fakta bahwa hanya dia yang diceritakan sebagai paman kandung Superman. Hal ini membuatnya lebih relate dengan keponakannya saat diceritakan menjadi villain di Earth-1. Selain itu, dalam setiap aksinya dia juga diceritakan penuh dengan persiapan, di mana hal itu terbukti dari Skin-Suit yang dia pakai sebagai salah satu faktor pendukung dalam misi perburuan Kryptonian yang sejak awal telah menjadi sumpahnya.

Itulah pembahasan tentang varian General Zod dari Earth-1 yang diciptakan oleh penulis J. Michael Straczynski dan komikus Ardian Syaf di DC Universe. Menariknya alih-alih mengadaptasi versi utama, varian ini bahkan pernah dijadikan inspirasi oleh serial Krypton (2018-2019) yang menggambarkan General Zod sebagai paman Superman. Sepertinya akan sangat menarik juga jika suatu hari nanti karakter ini bisa melakukan debutnya di jagat sinema DC Universe, misalnya di film live action Superman: Legacy yang dijadwalkan untuk tayang pada 11 Juli 2025 mendatang. Bagaimana menurut kalian?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.