Menjadi satu-satunya murid dari Saitama di cerita One Punch Man membuat banyak fans bertanya apakah Genos akan mampu lampaui sang mentor di akhir ceritanya. Series One Punch Man menghadirkan sebuah cerita yang sangat unik di mana sosok protagonis utama dalam ceritanya, Saitama, merupakan karakter yang memiliki kekuatan yang sangat luar biasa.

Dia tidak bisa dihancurkan, dilukai, atau bahkan dibunuh. Justru Saitama menjadi sosok yang mampu menghancurkan apa pun dengan sangat mudah, hanya dengan satu pukulan saja. Kedahsyatan dari sosok Saitama memancing salah satu karakter bernama Genos untuk kemudian menjadi murid dari Saitama. Genos berusaha mencari tahu apa yang membuat Saitama kuat, dan juga yang mampu melampaui kekuatannya. Namun, mampukah dia melakukannya?

Kehidupan Awal Genos

Dalam alur cerita One Punch Man sempat dijelaskan bagaimana kehidupan awal dari sosok Genos sebelum menjadi cyborg seperti sekarang. Pada awalnya, dia merupakan seorang pemuda berusia 15 tahun biasa yang tidak beda dengan yang lain. Menurut Genos, pada saat itu, dia tinggal di sebuah kota kecil bersama keluarganya. Namun, kemudian musibah muncul di mana sebuah cyborg/robot yang lepas kendali menyerang kota tersebut.

Robot tersebut benar-benar menghancurkan semua rumah dan apa pun yang ada di kota tempat Genos tinggal. Hampir semua orang yang ada di kota tersebut tewas akibat serangan robot itu. Genos sendiri seharusnya sudah tewas. Namun, berkat bantuan dari sosok ilmuwan, Dr. Kuseno, Genos akhirnya berhasil kembali bangkit dari kematiannya dalam “sosok” yang baru.

Seperti yang kita ketahui, Dr. Kuseno merubah Genos menjadi seorang cyborg demi menyelamatkan nyawanya. Sejak saat itu, hubungan antara Dr. Kuseno dan Genos pun berkembang seolah ayah dan anak. Keduanya kemudian bekerja sama untuk melacak keberadaan dari Cyborg gila tersebut. Kurang lebih empat tahun Genos sudah mencoba mencari tahu tentang cyborg yang merusak kotanya dan merenggut nyawany, namun selalu gagal. Bahkan, sama sekali tidak ada informasi mengenai hal tersebut.

Jadi Murid Saitama

Dalam petualangannya untuk mencari informasi tentang robot mengerikan tersebut, Genos tidak sengaja bertemu dengan Saitama. Saat itu, Genos sedang bertarung menghadapi seorang monster bernama Mosquito Girl. Genos sendiri nampak kewalahan menghadapi monster tersebut, karena kekuatannya belum secanggih sekarang. Namun, Genos terkejut melihat Saitama yang bisa menghancurkannya monster itu hanya dengan satu serangan.

Penasaran dengan bagaimana Saitama melakukannya, Genos pun memutuskan untuk belajar kepada Saitama. Genos meminta Saitama untuk menjadikannya sebagai murid. Awalnya, Saitama keberatan dengan hal tersebut. Namun, setelah berulang kali melakukan diskusi dan melakukan hal lainnya akhirnya Saitama mau menerima Genos sebagai muridnya. Dan sejauh ini, Genos merupakan satu-satunya murid yang diterima oleh Saitama.

Suiryu pernah mencoba untuk meminta Saitama agar menerimanya menjadi murid, namun dia tolak. Setiap kali Genos meminta menu latihan untuk membuatnya bertambah kuat, Saitama selalu menghadirkan berbagai latihan yang tidak masuk akal dan konyol. Hal itu semata-mata dihadirkan agar Genos bisa bahagia dan berpikir jika dia sudah belajar banyak.

Meskipun begitu, tidak jarang juga dalam beberapa momen Saitama benar-benar memberikan Genos petunjuk atau saran bagaimana menjadi sosok pahlawan. Atau bagaimana menjadi sosok yang kuat. Dengan menjadi murid dari Saitama, banyak fans yang kemudian penasaran dengan masa depan dari Genos dan juga Saitama. Apakah kemudian Genos akan mampu lampaui Saitama pada masa depan?

Mampukah Genos Lampaui Saitama?

Seperti halnya para pahlawan lainnya di kelas S, Genos memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Hal ini diakibatkan oleh peningkatan kekuatan siberkinetis yang diaplikasikan ke tubuh Genos. Peningkatan kekuatan tersebut biasanya terjadi ketika Genos berhasil mengalahkan musuh yang lebih kuat dari sosoknya. Dan bagian-bagian dari cyborg tersebut kemudian diaplikasikan ke tubuhnya oleh Dr. Kuseno.

Meskipun sebenarnya Genos sudah memiliki kekuatan yang cukup dahsyat, tetapi dia masih merasa kurang dengan semua yang dia miliki. Dia diketahui memiliki kecepatan yang luar biasa, di mana bahkan dia dianggap sebagai salah satu karakter tercepat di seriesnya. Belum lagi berbagai serangan epik, seperti yang diperlihatkan dalam arc Monster Association kemarin.

Meskipun Genos adalah sosok yang kuat yang bisa mengalahin banyak musuh kuat, tapi harus diakui jika dia memang masih memiliki banyak kekurangan. Misalnya, Genos tidak memiliki perkembangan sisi manusia yang biasanya dimiliki oleh sebagian besar musuhnya. Dalam hal ini, Genos bisa dipastikan tidak akan mampu untuk berkembang baik secara kemampuan atau kekuatan.

Seseorang – dalam hal ini adalah manusia – yang sudah mengalami latihan berat dan juga berbagai kondisi ekstrem biasanya akan merasakan peningkatan kekuatan. Mulai dari daya tahan, kekuatan serangan, dan sebagainya. Bagi Genos, semua latihan yang diberikan Saitama mungkin memberikan peningkatan dari hal lainnya. Namun, tidak dengan kekuatan fisik seperti halnya manusia.

Mengapa? Karena, Genos tidak memiliki elemen manusia dalam dirinya. Dia benar-benar tergantung kepada teknologi yang dia temukan. Genos bisa saja tetap berkembang, namun dalam pace yang sangat lambat. Di sisi lain, Genos juga skeptis dengan semua metode latihan yang diberikan Saitama akan mampu meningkatkan kekuatannya. Karena, dia sendiri tidak yakin jika itu adalah menu latihan yang membuat Saitama jadi kuat.

Selain dari hal yang juga disebutkan, satu faktor penting yang perlu jadi catatan adalah tentang karakter Saitama. Bagaimana tidak ada satu pun orang yang mampu melukai Saitama membuat peluang Genos untuk bisa melampaui sang mentor sangat kecil bahkan nol. Bagaimana pun Genos berusaha, Saitama akan selalu mampu mengalahkannya dengan hanya satu pukulan atau serangan.

Jadi, apakah Genos mampu untuk melampaui Saitama? Jawabannya adalah sangat tidak mungkin. Meskipun Genos tidak akan mampu melampaui level kekuatan Saitama, dia masih tetap bisa sosok yang tidak kalah kuat dari Saitama. Menjadi murid dari karakter terkuat di seriesnya, tentu membuat Genos perlu membuktikan level kekuatannya kepada orang-orang. Sehingga, meskipun dia tidak akan mampu melampaui Saitama namun Genos bisa jadi sosok yang level kekuatannya berada di satu level di bawahnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.