Di semesta Transformers yang lebih luas, sampai sekarang masih banyak misteri yang belum terjawab bahkan oleh para robot canggih dari planet Cybertron sendiri. Salah satu misteri yang paling rumit sekaligus menarik adalah konsep bagaimana timeline dan multiverse bekerja. Menariknya, dari sekian banyak robot Transformers yang mengetahui jawabannya hanyalah Vector Prime, entitas tunggal yang hanya ada satu di multiverse. Hal ini bisa terjadi karena pada dasarnya Vector Prime merupakan satu-satunya Transformers penjelah waktu. Penasara seperti apa asal-usul dan kehebatannya? Mari kita bahas, Geeks!

Penjaga Ruang dan Waktu di Multiverse

Pertama kali diperkenalkan di Transformers: Cybertron (2005), Vector Prime adalah salah satu dari tiga belas Transformers pertama alias Thirteen Primes, yang diciptakan oleh Primus untuk melawan Unicron. Dari ketiga belas Prime yang kekuatannya sudah tidak perlu diragukan lagi, Primus sengaja menunjuk Vector Prime untuk menjadi penjaga ruang dan waktu di multiverse. Meskipun catatan sejarah Transformers menduga usianya sekitar 25 juta tahun, tetapi dia mengklaim bahwa dirinya sudah eksis selama 9 miliar tahun. Hal inilah yang kemudian menjadikan asal-usulnya saling tumpang tindih.

Karena usianya yang tidak terikat pada timeline, banyak juga makhluk di alam semesta yang menjuluki Vector Prime sebagai ‘First Autobot’. Faktanya justru dia tidak pernah merasa menjadi bagian dari kelompok robot mana pun, baik Autobot maupun Decepticon. Sebelumnya dia memang pernah memegang Matrix of Leadership yang membuatnya menjadi pemimpin Transformers di planet Cybertron. Namun setelah menjadi penjaga ruang dan waktu, dia akhirnya memutuskan untuk meninggalkan Cybertron dan memisahkan diri dari bangsanya secara emosional, budaya, dan juga politik.

Walaupun begitu, jauh di dalam lubuk hatinya dia adalah Transformers baik yang tidak pernah melupakan bangsanya. Karena suka atau tidak pada dasarnya Cybertronian, termasuk Autobot dan Decepticon, adalah alasan mengapa dia menjadi penjaga ruang dan waktu sejak awal. Itulah mengapa sesekali Vector Prime juga masih turut terlibat dalam pertempuran berskala besar. Misalnya saat Unicron menyerang Cybertron, di mana hal ini membuatnya harus menyatukan kekuatan bersama Autubot dan Decepticon agar kampung halaman mereka tidak hancur.

Mampu Menandingi The Chaos Bringer

Terlepas dari usianya yang mungkin sudah terlalu tua untuk bertarung, pada kenyataannya Vector Prime adalah Transformers yang kehebatannya tidak ada duanya. Dalam sejarah Transformers, tampaknya hanya Vector Prime yang mampu membelokkan ruang dan waktu. Dengan kemampuan utamanya ini dia terbukti mampu menjelajahi waktu bahkan multiverse, untuk memburu apa pun yang dapat mengganggu keseimbangan dan kestabilan dan alam semesta, seperti Unicron the Chaos Bringer yang eksistensinya memang mengancam multiverse itu sendiri.

Dalam pertempuran Cybertron melawan Unicron, Vector Prime bahkan diperlihatkan mampu bertahan dari serangan mematikan Unicron yang terkenal mampu melenyapkan galaksi dengan mudah. Sayangnya, karena telah menggunakan kekuatannya untuk mebelokkan ruang dan waktu selama 9 miliar tahun, Vector Prime masih belum cukup kuat untuk mengalahkan Unicron sendirian. Namun, siapa pun yang levelnya ada di bawah Unicron, bukan merupakan suatu ancaman yang berarti bagi Vector Prime. Kalaupun dia kalah, Vector Prime bisa kembali ke masa lalu untuk mengubah output sejarahnya.

Selain semua kekuatan luar biasa yang dimilikinya, Vector Prime juga mempunyai satu pedang andalan yang dapat digunakan untuk menyerang maupun bertahan, yaitu Rhisling. Dia juga mempunyai robot Guardian Mini-Con bernama Safeguard, yang mungkin kekuatannya tidak kalah hebat dari para anggota Autobot maupun Decepticon. Dengan semua ini bisa kita simpulkan bahwa Vector Prime adalah Transformers terkuat di alam semesta, yang hanya bisa dikalahkan oleh penciptanya Primus atau pembawa kehancuran Unicron.

Pernah Muncul di Film Transformers

Bagi penggemar setia film Transformers garapan sutradara Michael Bay, mungkin sudah pernah melihat bagaimana bentuk Vector Prime versi live action di kisah flashback Revenge of the Fallen (2009). Di mana dia dan anggota Thirteen Primes lain dikhianati oleh saudara mereka sendiri, yaitu The Fallen alias Megatronus. Meskipun tidak sekuat versi aslinya, tetapi demi menyelamatkan Matrix of Leadership dia rela mengorbankan dirinya untuk menciptakan Tomb of the Primes, berharap suatu hari nanti keturunan Prime yang yang tidak lain adalah Optimus Prime bisa menemukannya.

Itulah pembahasan tentang Vector Prime, satu-satunya Transformers yang bisa menjelajah waktu bahkan multiverse. Meskipun penampakan terakhirnya di Transformers Revenge of the Fallen tidak seepik versi aslinya, tetapi setidaknya kita tahu bahwa keberadaan Vector Prime masih diperhitungkan di film live actionnya. Bukan tidak mungkin suatu hari nanti dia akan kembali dimunculkan dengan kekuatan yang sesungguhnya. Kita nantikan saja ya, Geeks.

Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.