The Raid adalah salah satu film aksi Indonesia tersukses yang bisa dibilang telah berhasil menarik banyak perhatian dari para penggemar internasional. Termasuk dari perusahaan produksi film dan para sineas Amerika yang akhirnya berani membeli hak propertinya dari sutradara Gareth Evans dan beniat meremake filmnya dengan standar Hollywood. Sejak kabar mengenai remake The Raid ini beredar, banyak sekali penggemar dalam negeri dan juga luar negeri yang sangat mengantisipasi filmnya. Bagi kalian yang penasaran seperti apa perkembangan proyeknya, berikut ini 6 fakta remake The Raid yang harus kalian tahu!

Dikembangkan Sejak Tahun 2011

Tidak lama setelah film The Raid yang dibintangi oleh Iko Uwais tayang di seluruh bioskop Indonesia, Sony melalui cabang perusahaannya Screen Gems langsung menghubungi sutradara Gareth Evans dan perusahan produksi XYZ Films untuk menegosiakan versi remake filmnya. Tepat pada bulan November 2011, Twitch Film melaporkan bahwa negosiasinya telah rampung dan film The Raid versi Hollywood siap dikembangkan, di mana Evans dan XYZ Films akan bertindak sebagai produser filmnya. Screen Gems sendiri berharap versi remakenya masih tetap bisa melibatkan para koreografer film aslinya, termasuk Iko Uwais dan Yayan Ruhian.

Digarap Sutradara The Expendables

Pada tahun 2014, tiga tahun setelah filmnya resmi dikembangkan, terungkap bahwa film remake The Raid akan digarap oleh sutradara Patrick Hughes. Penggemar setia film aksi Hollywood mungkin sudah tidak asing lagi dengan Hughes, yang sebelumnya sudah cukup terkenal melalui berbagai film aksi menariknya, termasuk The Expendables 3 (2014), The Hitman’s Bodyguard (2017), Hitman’s Wife’s Bodyguard (2021), dan yang terbaru The Man from Toronto (2022). Meskipun Hughes sempat menyatakan bahwa dirinya mundur dari proyek remake The Raid, tetapi para tahun 2022 lalu Deadline melaporkan bahwa dia memutuskan untuk kembali sebagai sutradaranya.

Libatkan Sutradara Transformers

Selain disutradarai oleh Patrick Hughes, film remake The Raid ini juga dipastikan akan melibatkan sutradara film live action Transformers Michael Bay sebagai produsernya bersama Gareth Evans. Selain Transformers, Bay sendiri terkenal sebagai sutradara film aksi bombastis, seperti 13 Hours: The Secret Soldiers of Benghazi (2016) dan yang terbaru Ambulance (2022). Dengan keterlibatannya ini tidak sedikit penggemar yang berharap film The Raid versi Hollywood nanti dapat menyajikan aksi yang meledak-ledak serta sinematografi yang dramatis seperti ciri khas Michael Bay.

Mirip Black Hawk Down dan Zero Dark Thirty

Patrick Hughes sebelumnya sempat mengatakan bahwa The Raid versinya ini akan mempunyai nuansa yang sama seperti film perang Black Hawk Down (2001) dan Zero Dark Thirty (2012). Bagi yang belum tahu, Black Hawk Down sendiri adalah film pemenang Oscar yang bercerita tentang pertempuran militer Amerika bersama helikopter Black Hawk-nya di Mogadishu. Sedangkan Zero Dark Thirty adalah film pemenang Oscar lainnya yang berfokus pada kisah perburuan orang paling di cari dalam sejarah dunia, yaitu Osama Bin Laden. Jika merujuk pada dua kisah ini, mungkin remake The Raid akan mempunyai nuansa pertempuran menegangkan yang dibumbui dengan drama.

Latar Cerita Berlangsung di Philadelphia

Seperti yang kita tahu, The Raid versi Indonesia sendiri pada intinya bercerita tentang sekelompok polisi yang mencoba meringkus gembong narkoba di markasnya yang sangat mematikan. Menariknya, premis yang sama juga tampaknya akan dihadirkan di versi remakenya nanti. Melansir dari Deadline, remake The Raid dari Patrick Hughes akan bercerita tentang perjuangan pasukan elit Drug Enforcement Administration Amerika yang mencoba menapaki tangga markas gembong narkoba di lokasi ‘Badlands’ Philadelphia. Jika arahnya sama seperti versi aslinya, bukan tidak mungkin perjuangan DEA ini akan penuh pengorbanan dan juga kematian dari kedua belah pihak.

Direncanakan Tayang di Netflix

Tidak lama setelah Patrick Hughes, Michael Bay, dan Gareth Evans dinyatakan terlibat dengan remake The Raid, tanpa pikir panjang Netflix langsung mengincar hak siarnya akan filmnya bisa tayang di saluran streaming mereka. Mereka bahkan telah menyelesaikan kesepakatannya, sehingga tinggal menunggu waktu sampai filmnya selesai diproduksi dan siap dirilis. Sayangnya untuk sekarang masih belum diketahui kapan produksi filmnya akan dimulai, begitu juga dengan tanggal perilisannya. Yang jelas sejak akhir tahun lalu jelas kru dan rumah produksinya sudah siap untuk mulai menggarap film yang cukup ambisius ini.

Itulah 6 fakta dari film remake The Raid yang saat ini hak siarnya sudah ada di tangan Netflix. Jika proses pengembangannya berjalan lancar, mungkin cepat atau lambat kita akan segera mendapatkan informasi tambahan mengenai jajaran pemeran dan juga tanggal produksinya. Sepertinya akan sangat menarik juga jika filmnya nanti akan benar-benar kembali libatkan Iko dan Yayan, karena tidak bisa kita pungkiri bahwa film The Raid sendiri terkenal karena seni bela dirinya yang sangat kental. Kita nantikan saja seperti apa perkembangan kabar selanjutnya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.