Siapa yang tak mengenal nama besar Disney? Mereka adalah perusahaan besar yang bergerak di industri film dan series. Sudah banyak hasil karya yang mereka ciptakan, mulai dari film animasi yang dikhususkan untuk anak-anak, hingga film action yang ditunjukkan untuk remaja dan dewasa. Banyak pula artis yang pernah bekerja sama dengan Disney untuk membintangi berbagai proyek mereka. Menariknya, ada beberapa aktor yang pernah dipecat oleh Disney karena berbagai alasan. Siapa saja mereka? Simak berikut ini!

Steve Whitmire

Steve Whitmire adalah seorang pengisi suara dari karakter ikonik Kermit the Frog. Bahkan dia sudah menjadi pengisi suara karakter tersebut selama hampir 30 tahun. Tetapi pada tahun 2017, Disney resmi memecat Whitmire, dan menggantinya dengan Matt Vogel. Dalam sebuah wawancara dengan Reporter Hollywood, Whitemire mengungkapkan bahwa dia dipecat oleh Disney karena dua alasan, yaitu karena adanya ketidaksepakatan dengan serikat kerja, dan adanya masalah saat Muppets reboot yang ditayangkan di ABC. Namun sepertinya ada masalah lebih besar yang terjadi, yang ditutupi.

Terrence Howard

Dalam film Iron Man (2008), Terrence Howard berperan sebagai James Rhodes alias War Machine. Tetapi di Iron Man 2 (2010), Howard tak lagi memerankan karakter tersebut. Dia digantikan dengan aktor lainnya yaitu Don Cheadle. Dalam sebuah wawancara dengan Watch What Happens, Howard mengaku bahwa dia dipecat oleh Disney karena masalah gaji. Ketika itu, Howard menuntut gaji yang lebih besar lagi kepada Disney, tetapi kemudian Disney menolak untuk menaikan gaji Howard sehingga memutuskan untuk menggantinya dengan aktor dengan bayaran yang lebih murah.

Ryan Gosling

Pada tahun 2008, Ryan Gosling pernah mengungkapkan dalam sebuah wawancara dengan Telegraph bahwa dia pernah dipecat oleh Disney. Menariknya ketika itu terjadi, Ryan Gosling masih berusia 12 tahun. Dan ketika itu, dia membintangi Mouseketeer bersama dengan Justin Timberlake dan Britney Spears. Menurut Gosling, dia dipecat oleh Disney karena memberikan pengaruh buruk kepada lawan mainnya yaitu Justin Timberlake dan Britney Spears, sehingga pada akhirnya Disney memecatnya. Disebutkan bahwa Gosling sering membicarakan topik yang lebih dewasa kepada dua artis tersebut.

Megan Mullally

Pada tahun 2004, Megan Mullally mengungkapkan bahwa dia pernah disewa untuk menyuarakan salah satu karakter dalam film Finding Nemo. Namun tidak disebutkan secara pasti siapa karakter yang dia perankan. Tetapi pada akhirnya, karakter tersebut batal dimunculkan dalam filmnya. Mullally menyebutkan bahwa dia dipecat karena menolak untuk menggunakan suara bernada tinggi yang sama dengan yang dia gunakan dalam sitcom Will and Grace, saat menjadi pengisi suara dalam film Finding Nemo. Dan karena itulah dia dipecat oleh Disney.

Jack Paul

Jake Paul adalah seorang Youtuber dan Pem-boxing terkenal yang sempat membintangi series Bizaardvark selama 2 musim yang berjalan dari tahun 2016 hingga 2018. Tetapi dia tidak muncul dalam musim ketiga Bizaardvark. Terungkap bahwa dia ternyata dipecat karena tindakan kontroversial yang pernah dia lakukan dahulu. Paul pun sempat mengatakan kepada media, “Mereka menelepon saya dan seperti, ‘Yo, apa yang terjadi, apa yang terjadi?’ Dan saya baru saja menjelaskan situasinya, dan mereka seperti, ‘Oke. Kami (Disney) ingin mempercepat proses keluarnya Anda dari pertunjukkan.’ Dan saya seperti, ‘Ya, tidak apa-apa. Tapi sepertinya kalian memecat saya.'”

Roseanne Barr

Buat Geeks yang lahir di era 80-90-an, sepertinya kalian tidak asing dengan nama Roseanne Barr. Dia adalah bintang sitcom yang terkenal di era tersebut. Tetapi ternyata Roseanne Barr pernah dipecat oleh Disney setelah dia membuat tweet rasis tentang Valerie Jarrett, mantan penasihat Barack Obama. Bahkan ketika itu, Bob Iger (CEO Disney) turun langsung untuk mengungkap kekecewaan atas apa yang dilakukan Roseanne Barr. Menurut Bob Iger, Barr sangat tidak berempati, dan tidak sopan. Dan dia yakin keputusannya untuk memecat Roseanne Barr.

Gina Carano

Kerjasama yang terjalin antara Gina Carano dan Disney mungkin hanya seumur jagung. Gina Carano sukses menarik perhatian setelah dia membintangi series The Mandalorian yang tayang tahun 2019. Penampilannya pun menuai banyak pujian. Namun pada tahun 2021, Disney resmi memecat Gina Carano, sehingga dia tidak bisa lagi membintangi series The Mandalorian. Hal tersebut terjadi setelah Gina memposting sebuah postingan di akun media sosialnya yang merendahkan orang lain dan melontarkan ujaran kebencian. Tentu saja hal tersebut tidak dapat diterima oleh Disney sehingga mereka memecatnya.

Bella Throne

Bella Throne adalah artis terakhir yang pernah dipecat oleh Disney. Bella pernah membintangi sebuah sitcom milik Disney berjudul Shake It Up. Bella mengaku bahwa ketika dia membintangi sitcom tersebut bersama Zendaya, Bella dipaksa untuk bersaing melawan Zendaya, sehingga keduanya memiliki hubungan yang buruk. Bahkan Bella mengaku bahwa dirinya nyaris dipecat oleh Disney saat berusia 14 tahun karena memakai bikini. Dan pada akhirnya, karena dianggap sering melakukan tindakan yang buruk, kontrak Bella untuk Shake It Up tidak pernah diperpanjang lagi, dan Disney tak pernah lagi menunjuknya.

Itulah dia Geeks beberapa aktor yang pernah dipecat oleh Disney. Tindakan dari para aktor tersebut dianggap buruk oleh perusahaan, sehingga mereka pada akhirnya dipecat. Apakah Geeks setuju dengan pemecatan yang dialami mereka?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/