Eiichiro Oda sepertinya memang tidak ragu untuk menghadirkan unsur alien dalam cerita One Piece, di mana para Gorosei mungkin adalah bagian dari mereka dan merupakan musuh dari bangsa Lunarian. Gorosei atau lima tetua bintang diketahui merupakan pemegang jabatan tertinggi di World Government, satu tingkat di bawah Im yang memang merupakan penguasa seluruh dunia.

Selain sosok Im, Gorosei juga menjadi misteri besar sampai saat ini. Kita tidak tahu seberapa besar kekuatannya, dan bagaimana asal-usulnya. Sesuai namanya, Gorosei atau yang berarti lima tetua bintang, berisikan lima orang tua yang misterius. Namun, dalam chapter 1073 kemarin Oda memperkenalkan salah satu dari mereka yaitu Saint Jaygarcia Saturn. Hal ini pun memunculkan teori tentang para Gorosei, di mana salah satunya menyebutkan jika Gorosei adalah musuh dari Lunarian.

Gorosei Adalah keturunan Alien

Salah satu teori yang menarik yang muncul di kalangan fans pasca diperkenalkannya Saint Jaygarcia Saturn adalah ada kemungkinan jika Gorosei merupakan keturunan alien. Hal ini berdasarkan beberapa petunjuk yang ada. Misalnya, lima merupakan jumlah planet yang bisa dilihat atau diperhatikan dari bumi pada masa lalu. Jika salah satu dari mereka memiliki nama Saturn, maka empat Gorosei lain kemungkinan memiliki nama Venus, Mars, Merkurius, dan Jupiter.

Tiga planet terluar atau paling jauh, merupakan planet yang sulit untuk dilihat yang kemudian ditambahkan dalam sistem tata surya. Planet-planet tersebut adalah Pluto, Uranus, dan Neptunus. Yang menarik adalah itu merupakan nama dari tiga Ancient Weapon yang diduga milik dari Ancient Kingdom dalam cerita One Piece. Petunjuk lainnya ada di nama “Gorosei” itu sendiri.

Gorosei atau “Five Elder Stars” atau “Lima Tetua Bintang” bisa juga diartikan sebagai “Lima Tetua Planet.” Hal ini karena Kanji 星 (sei) dari δΊ”θ€ζ˜Ÿ (Gorosei) selain bisa berarti bintang, juga bisa berarti planet. Hal ini yang kemudian menjadi dasar dari teori jika ada kemungkinan Gorosei, dan para kaum naga langit lainnya, adalah alien atau lebih tepatnya adalah keturunan dari makhluk asing dari luar bumi.

Seperti yang Geeks ketahui, penguasa dunia saat ini, World Government, membangun dominasi mereka sejak 800 tahun yang lalu. Mereka berhasil mengalahkan Ancient Kingdom dan menghapus semua sejarah yang pernah ada. Bagiamana kemudian hal itu terjadi, bagaimana mereka melakukannya, hal itu masih jadi misteri. Mungkin, para leluhur kaum naga langit merupakan bangsa dari planet lain yang kemudian ini menjadi alasan bagi sebutan mereka.

Musuh Bangsa Lunarian

Di sisi lain, teori jika Gorosei kemungkinan adalah keturunan dari bangsa lain dari luar planet bumi juga menghasilkan spekulasi lain. Spekulasinya sendiri menyebutkan jika mungkin para Gorosei adalah musuh bagi bangsa Lunarian. Bangsa ini pertama kali diperkenalkan di arc Wano kemarin, tepatnya saat pertempuran di Onigashima ketika Queen menyebutkan namanya.

Menurut informasi yang diketahui sejauh ini, bangsa Lunarian merupakan sebuah kelompok yang hampir punah yang berisi para karakter kuat. Mereka pernah berkuasa dan tinggal di wilayah Red Line, wilayah yang jadi tempat tinggal kaum naga langit saat ini. Dan yang menarik adalah bangsa Lunarian dianggap sebagai dewa. Queen juga menyebutkan bahwa mereka bisa bertahan dalam kondisi seekstrem apa pun.

Bangsa Lunarian memiliki ciri-ciri fisik yang menarik, di mana mereka memiliki sepasang sayap, memiliki warna kulit coklat, dan mampu mengendalikan api. Hal ini pun membuat para fans berpikir jika Lunarian merupakan bangsa “asing” alias mereka bukan berasal dari bumi. Banyak yang berpendapat jika Lunarian mungkin adalah salah satu penduduk yang pernah tinggal di bulan.

Pihak World Government sendiri memburu bangsa Lunarian yang tersisa, termasuk King. Berdasarkan hal ini, pihak World Government bisa jadi ada campur tangan atau terlibat dalam musnahnya atau punahnya bangsa Lunarian. Mungkin, kaum naga langit dan Lunarian sama-sama berasal dari luar bumi yang kemudian saling bertarung untuk menentukan siapa yang berkuasa. Dan sayangnya, bangsa Lunarian pun harus kalah dan punah.

Bisa jadi, inilah alasan mengapa kemudian Big Mom sangat menginginkan King untuk menjadi bagian dari penghuni Whole Cake Island. Big mom juga menyebutkan jika King adalah salah satu bangsa langka yang dia incar.

Penjelasan Teknologi Modern Masa Lalu

Dengan adanya teori atau spekulasi jika Gorosei dan Lunarian sama-sama kemungkinan berasal dari luar bumi, seolah memberikan juga alasan dan jawaban tentang teka-teki masa lalu. Dalam hal ini, teka-tekinya sendiri adalah tentang teknologi canggih milik Ancient Kingdom. Dalam chapter sebelumnya, Vegapunk sempat menyebutkan jika semua teknologi canggih sekarang berasal dari masa lalu.

Meskipun tidak secara gamblang menjelaskan bahwa teknologi tersebut berasal dari Ancient Kingdom, tapi berbagai petunjuknya mengarah ke sana. Geeks pun mungkin heran bagaimana kemudian Ancient Kingdom bisa memiliki teknologi secanggih dan semodern itu. Teorinya adalah kemungkinan ada campur tangan dari luar bumi yang membantu mereka untuk membangun teknologi tersebut.

Itulah yang mungkin jadi alasan mengapa Vegapunk sendiri pun masih belum bisa menjelaskan atau belum bisa memahami betul tentang semua teknologi canggih tersebut. Dia bahkan tidak bisa menemukan apa yang jadi sumber utama “bahan bakar” untuk menggerakan robot kuno. Hal ini karena teknologinya terlalu kompleks dan tidak bisa dibuat sembarangan. Kita nantikan saja ya Geeks kegilaan apa lagi yang akan Oda hadirkan tentang Gorosei pada masa yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.