Pada tanggal 17 Februari nanti, atau mungkin lebih cepat, film Ant-Man and the Wasp: Quantumania akan segera ditayangkan di seluruh bioskop Indonesia. Filmnya sendiri bercerita tentang keluarga Ant-Man yang terhisap ke Quantum Realm sampai akhirnya harus berhadapan dengan supervillain Kang. Terlepas dari pertempuran Ant-Man yang sudah pasti epik, ada sebuah teori menarik di mana peristiwa Quantumania yang melibatkan karakter Janet Van Dyne ini nantinya akan berujung pada kelahiran istri Ultron, Jocasta. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Simak pembahasannya di bawah ini.

Asal-usul Jocasta di Marvel Comics

Pertama-tama mari kita kenali terlebih dahulu siapa Jocasta di Marvel Comics. Istri Ultron yang berpotensi muncul di film Quantumania ini memang mempunyai hubungan yang erat dengan keluarga Ant-Man pertama, yaitu Hank Pym. Karena seperti yang diceritakan di komik Avengers #162 (1977), sejatinya Jocasta lahir dari kesadaran Janet Van Dyne alias Wasp pertama sekaligus istri Hank, yang sengaja disalin ke dalam tubuh android oleh Ultron. Semua itu dilakukan dengan bantuan Hank yang sebelumnya telah dicuci otak, dan tujuan Ultron hanya satu yaitu mempunyai pasangan layaknya makhluk hidup sungguhan.

Setelah beberapa kali ‘dimatikan’ oleh Avengers yang merasa eksistensinya terlalu berbahaya, pada akhirnya Jocasta selalu menemukan cara untuk hidup kembali bahkan setelah Ultron mati. Mulai dari dibangkitkan oleh High Evolutionary, sampai yang terakhir kali oleh kelompok Sons of Yinsen, semuanya perlahan-lahan mulai mengungkap bahwa Jocasta tidaklah jahat seperti suaminya yang diciptakan oleh Hank Pym. Hal ini dia buktikan dengan membantu para superhero dalam mengalahkan pasukan Skrull di peristiwa Secret Invasion.

Dengan tubuh androidnya yang kuat, Jocasta sebenarnya sangat layak untuk disebut superheroin Marvel. Ditambah lagi, selain mempunyai kecerdasan komputer, Jocasta juga mampu terbang, berubah bentuk, memanipulasi energi, menciptakan perisai energi, mengeluarkan laser dari mata dan juga kedua tangannya. Semua keunggulannya ini pada akhirnya justru menjadikan Jocasta sebagai anggota Mighty Avengers. Bahkan ketika Hank Pym mendirikan Avengers Academy, Jocasta ditunjuk untuk menjadi salah satu guru bagi para superhero muda yang memang dipersiapkan untuk menjadi penerus Avengers.

Bagaimana Jocasta Lahir di Quantumania

Sebelumnya banyak penggemar yang berspekulasi bahwa karakter Janet Van Dyne (Michelle Pfeiffer) di MCU akan memainkan peran vital di Quantumania. Hal tersebut bisa terjadi karena dia mempunyai pengalaman dan sejarah yang cukup panjang dengan Quantum Realm. Bukan tidak mungkin nantinya ketika terlibat dalam pertempuran melawan Kang, Janet akan melakukan pengorbanan heroik demi menyelamatkan keluarganya yang juga terhisap ke Quantum Realm, seperti Hank Pym (Michael Douglas), Hope (Evangeline Lilly), Scott (Paul Rudd), dan Cassie Lang (Kathryn Newton).

Bagaimanapun pengorbanan heroiknya nanti, jika benar nyawa Janet terancam, mungkin pada detik-detik terakhir Hank akan mencoba memindahkan kesadaran Janet pada sebuah teknologi canggih, layaknya cerita di Marvel Comics. Cara ini mirip seperti teori bagaimana Kang memindahkan kesadaran Darren Cross alias Yellowjacket ke dalam tubuh sibernetik MODOK. Nantinya setelah pertempuran Ant-Man vs Kang di Quantumania berakhir, kita mungkin akan melihat kelahiran istri Ultron di komik yang diciptakan oleh Hank dari kesadaran Janet, sebelum akhirnya tubuh asli Janet disemayamkan di Quantum Realm.

Pengorbanan seperti ini dapat dipakai oleh Marvel untuk membuat film Quantumania lebih berdampak. Di sisi lain cara ini juga bisa dimanfaatkan untuk menebus kisah Hank Pym dan Janet yang dianggap terlalu berbeda dengan komiknya. Meskipun yang menciptakan Ultron di MCU adalah Tony Stark bukan Hank, setidaknya Marvel Studios bisa memberi kesempatan kepadanya untuk menciptakan Jocasta dengan kesadaran istrinya yang meninggal dunia di film Ant-Man and the Wasp Quantumania. Apalagi kelahiran Jacosta sendiri cepat atau lambat mungkin akan berdampak baik bagi kisah MCU selanjutnya.

Dampak Kelahiran Jocasta Untuk MCU

Sebagai pengingat sebenarnya easter egg Jocasta sendiri sudah pernah dihadirkan dalam bentuk chip A.I. milik Tony di film Avengers Age of Ultron. Berdasarkan hal tersebut bukang tidak mungkin setelah keluarga Ant-Man kembali ke Bumi, Hank akan menyempurnakan kesadaran istrinya dengan A.I. Jocasta. Pada titik inilah Jocasta siap untuk terlibat dalam lebih banyak kisah MCU, misalnya di serial Secret InvasionĀ untuk membantu Nick Fury dalam mengalahkan pasukan alien Skrull, atau menemani War Machine untuk menyelesaikan misi di tayangan Armor Wars mendatang.

Yang lebih menariknya lagi, jika benar Janet bertransformasi menjadi Jocasta, dia bisa membantu Cassie Lang untuk menjadi superheroin MCU pasca Quantumania, misalnya saat nanti Cassie diceritakan membentuk Young Avengers bersama superhero muda lainnya. Kemunculan Cassie sebagai Stature bersama Young Avengers, bisa saja dikemas seperti Avengers Academy, sehingga Jocasta bisa berperan sebagai guru yang membimbing para superhero muda untuk menghadapi ancaman Kang pada masa mendatang.

Itulah pembahasan tentang teori kemunculan istri Ultron yang akan mempunyai origin sedikit berbeda di film Ant-Man and the Wasp Quantumania mendatang. Terlepas dari kebenarannya seperti apa, yang jelas Janet memang akan mempunyai peran penting di film Quantumania nanti. Dengan mengubahnya menjadi Jocasta, hal tersebut dapat memperpanjang umur karakternya di MCU sekaligus menjadikan kisahnya lebih berkesan di hati penggemar. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Semuanya hanya akan terjawab saat film Ant-Man and the Wasp Quantumania tayang pada tanggal 17 Februari nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.