Tahun ini industri perfilman Hollywood digadang-gadang akan makin meriah dengan kehadiran film Transformers ketujuh yang berjudul Transformers: Rise of the Beasts. Film yang kembali menampilkan Optimus Prime dan kelompok Autobotnya ini dipastikan akan mendatangkan ancaman baru dari kelompok robot antagonis Terrorcon. Di mana yang akan jadi musuh terbesar Autobots sekarang sudah bukan lagi Megatron, melainkan Scourge. Nah, sambil menunggu filmnya dirilis pada tanggal 9 Juni nanti, kali ini kita akan membahas berbagai bentuk perubahan Scourge yang pernah diperkenalkan dalam sejarah Transformers!

Cybertronian Hovercraft

Pertama kali muncul di serial animasi Transformers Generation 1 (1984), Scourge digambarkan sebagai bagian dari kelompok Decepticon luar angkasa yang akhirnya tiba di Bumi untuk menjadi ancaman baru bagi para Autobot. Karena dia diceritakan baru tiba di Bumi, Scourge diperlihatkan hanya mempunyai perubahan alternatif sebagai kendaraan Cybertronian yang bentuknya mirip seperti kapal amfibi hovercraft. Lucunya, ketika dia berubah menjadi Cybertronian hovercraft, kepala Scourge masih terlihat jelas di bagian atasnya serta sesekali terlihat berbicara dan menembakan laser yang ada di kedua sisinya.

Monster Belalang

Ketika waralaba Transformers mencoba formula baru dengan konsep hewan di serial Beast Wars (1996), Scourge adalah salah satu robot jahat yang diceritakan kembali dengan bentuk perubahan anehnya. Di mana dia diperlihatkan mempunyai bentuk alternatif sebagai monster belalang yang fisiologinya menjijikan sekaligus mengerikan. Tubuhnya yang warna-warni menandakan bahwa dia mempunyai serangan yang sangat mematikan. Faktanya dia adalah salah satu Predacon yang berhasil mencapai bentuk Transmetal 2, yang artinya dia lebih superior dari robot Transmetal pada umumnya.

Truk Tanker

Saking terkenalnya Scourge di kalangan penggemar, di serial Transformers Robot in Disguise (2001) dia kembali dimunculkan sebagai robot bengis yang merupakan counterpart dari Optimus Prime. Statusnya sebagai saingan dari pemimpin Autobot membuat Scourge digambarkan sebagai versi jahat Optimus yang sama-sama mempunyai bentuk perubahan mobil truk. Bedanya, alih-alih menjadi truk kargo seperti Optimus, dia justru hadir sebagai truk tanker berwarna hitam. Di mana kekuatan dan persenjataannya mampu menandingi Optimus Prime yang terkenal paling hebat di Autobot.

Naga Hydra

Kembali hadir di Transformers: Cybertron (2005), versi animasi terakhir Scourge diceritakan mempunyai bentuk perubahan alternatif sebagai naga. Namun, bukan hanya sekedar naga biasa, melainkan naga hydra yang mempunyai tiga kepala. Di mana dia berperan sebagai Decepticon sekaligus pemimpin dari Jungle Planet, sebuah planet yang semua penduduknya adalah robot hewan. Menariknya di kisah Cybertron ini untuk pertama kalinya dia diceritakan mengkhianati Decepticon karena ingin bergabung dengan Autobot. Semuanya bisa terjadi karena dia kagum pada kekuatan dan kebijaksanaan Optimus Prime.

Truk Peterbilt 359

Bentuk perubahan terakhir Scourge yang sudah pasti akan ditampilkan di film Transformers 7 mendatang adalah truk Peterbilt 359 berwarna hitam. Pemimpin Terrorcon yang difilmnya disuarakan oleh aktor Peter Dinklage ini digambarkan sebagai bahaya baru yang akan mengancam Bumi. Untuk itulah Autobot dan kelompok robot hewan Maximal harus bekerja sama agar bisa menghadang Scourge dan para Terrorcon lainnya. Meskipun filmnya belum tayang, tetapi berdasarkan apa yang terlihat di trailernya terungkap bahwa Scourge mampu menghadapi banyak Autobot sekaligus dengan kekuatannya sendiri. Sepertinya inkarnasi terbaru Scourge ini akan jadi yang terkuat dari versi lainnya.

Itulah 5 bentuk perubahan Scourge yang masing-masing mempunyai ciri khasnya sendiri. Mulai dari kapal hovercraft, sampai naga hydra, semua bentuk alternatif Scourge ini selalu digambarkan lebih unik sekaligus superior dari Transformers lainnya. Hal tersebut mungkin sengaja ditonjolkan agar semua penggemar tahu bahwa Scourge bukanlah robot biasa yang hanya muncul sekilas kemudian menghilang. Hal yang sama juga sepertinya akan berlaku di film Transformers 7 nanti, di mana dia akan tampil lebih mengancam dari Megatron sebelumnya. Kita nantikan saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.