Biasanya sebuah film menggunakan dua “template” ending, yaitu bahagia ataupun menyedihkan. Tetapi ada beberapa film yang sengaja dibuat untuk menampilkan ending yang menggantung. Tentu saja dengan ending menggantung tersebut, sang pembuat film bisa mejelaskan ending tersebut di film selanjutnya alias sekuelnya. Menariknya, ada beberapa film yang justru berakhir dengan ending menggantung, namun tidak memiliki sekuel sama sekali. Apa saja film yang dibiarkan menggantung? Simak berikut ini Geeks!

28 Weeks Later

28 Weeks Later adalah film zombie yang menjadi sekuel dari 28 Days Later. Film ini disutradarai oleh Juan Carlos Fresnadillo yang menceritakan tentang pasukan NATO yang mencoba untuk melindungi Zona Aman alias Safe Zone yang berada di jantung kota London. Namun upaya mereka gagal di mana para zombie justru masuk ke tempat tersebut. Nah ending filmnya menampilkan negara Prancis yang dipastikan juga mengalami nasib yang sama dengan London, di mana para zombie mulai menyebar. Selain itu, virus juga menyebar ke seluruh Eropa. Meski ending filmnya membuka peluang untuk dibuatnya sekuel, tetapi film tersebut dibiarkan menggantung begitu saja.

Inception

Inception sering digadang-gadang sebagai film sci-fi terbaik. Digarap oleh Christopher Nolan, film ini membintangi deretan aktor papan atas Hollywood seperti Leonardo Dicaprio, Joseph Gordon-Levitt, Elliot Page, Tom Hardy, dan masih banyak lagi. Filmnya menceritakan tentang para pencuri profesional dan ekstraktor yang masuk ke alam bawah sadar korbannya untuk mencuri informasi. Ending filmnya menceritakan tentang Dom Cobb (Leonardo DiCaprio) yang menggunakan Totem mendiang istrinya untuk melihat apakah dia benar-benar berada di dunia nyata, atau dia masih terjebak dalam alam bawah sadarnya. Tidak jelas di mana Cobb berada, dan Christopher Nolan sepertinya membiarkan penonton menebak endingnya sendiri.

The Thing

Siapa yang tak mengenal The Thing? Film Horor satu ini sangat fenomenal di tahun 1982. Bahkan pada tahun 2011, film remake-nya dibuat. Film ini menceritakan tentang para ilmuwan yang terjebak dalam dinginnya Antartika. Di saat yang sama, muncul sebuah monster parasit yang menyebar teror dengan membunuh dan menyamar menjadi orang. The Thing memang menampilkan ketegangan dari awal hingga akhir film, tetapi ending filmnya dibuat menggantung. Tidak diketahui secara pasti bagaimana nasib dari dua karakter utama dalam film tersebut, apakah salah satu di antara mereka terinfeksi, atau malah keduanya sama-sama terinfeksi parasit tersebut. Dan hingga kini belum ada tanda-tanda sekuelnya bakal dibuat.

The Italian Job

The Italian Job adalah film perampokan yang rilis di tahun 1969. Film ini dibintangi dengan aktor kawakan Michael Caine yang berperan sebagai Charlie Croker, seorang pemimpin dalam geng perampok yang berniat mengambil emas senilai 4 juta pondsterling. Dalam ending Italian Job, para karakter utama berhasil melakukan perampokan emas. Tetapi setelah melakukan hal tersebut, bus yang mereka tumpangi hampir masuk ke dalam jurang. Untungnya, bus tersebut tersangkut di tepi tebing. Menariknya, film ini tiba-tiba berakhir tanpa memberi tahu kita bagaimana nasib orang-orang yang terjebak tersebut, apakah mereka mampu melarikan diri, dan keluar dari situasi tersebut atau tidak.

Salt

Pada tahun 2010, Angelina Jolie berkesempatan memerankan seorang agen CIA bernama Evelyn Salt. Setelah lama berkarier sebagai CIA, suatu ketika Salt dituduh sebagai mata-mata Rusia, sehingga akhirnya dia harus beraksi untuk membuktikan dirinya tidak bersalah. Film ini juga berakhir dengan ending yang menggantung dan hingga sekarang kita tidak pernah diperlihatkan dengan lanjutannya. Ending filmnya memperlihatkan saat Salt dibawa pergi dengan sebuah helikopter. Di sana, dia meyakinkan seorang agen yang ditugaskan untuk menangkapnya bernama Peabody. Dan akhirnya Peabody membantu Salt melarikan diri, dan filmnya berakhir dengan Salt yang berlari melalui hutan, tanpa kita tahu kelanjutannya.

World War Z

Sama seperti 28 Weeks Later, World War Z menceritakan dunia yang hancur karena wabah zombie. Di sanalah seorang perwakilan dari PPB bernama Gerry Lane (Brad Pitt) ditugaskan untuk menemukan solusi atas semua masalah yang terjadi. Dan di saat yang sama, dia juga harus menyelamatkan nyawa keluarganya. Ending film ini pun cukup menggantung, di mana sebenarnya Gerry menemukan cara untuk menyelamatkan apa yang tersisa dari umat manusia. Namun di saat yang sama, Gerry juga mengakui bahwa dunia masih kacau. Lantas apa yang terjadi selanjutnya tidak pernah diketahui secara pasti. Memang ada kabar bahwa sekuel World War Z akan dibuat, tetapi hingga kini belum ada tanda-tandanya.

The Man From U.N.C.L.E.

Film ini membintangi deretan aktor papan atas Hollywood seperti Henry Cavill, Armie Hammer, dan Alicia Vikander. Dalam film tersebut, CIA dan KGB harus saling bekerja sama untuk menghentikan organisasi kriminal misterius yang berencana mengacaukan keseimbangan dunia. Filmnya memang dipenuhi dengan komedi dan aksi, tetapi diakhiri dengan misteri besar. Di ending-nya, karakter Napoleon, illya, dan Gaby berhasil menyelesaikan misi mereka dan dipindahkan ke organisasi internasional baru bernama U.N.C.L.E.. Sayangnya film berakhir tanpa memperlihatkan mereka beraksi di organisasi yang sama. Dan kita sepertinya tidak akan melihat kelanjutan cerita dari mereka.

Monster, Inc

Geeks tentunya sudah tahu dengan film satu ini, Monster Inc. Setelah petualangan panjang yang dilakukan oleh Mike dan Sully untuk memajukan perusahaan, sayangnya mereka harus berpisah dengan Boo. Namun, ketika Mike datang untuk mengejutkan Sully dengan pintu Boo yang sudah diperbaiki, Sully lantas membuka dan masuk ke dalamnya, dan penonton dapat melihat wajahnya bersinar ketika dia melihat kembali Boo. Dan setelah semuanya kembali bersama, sayangnya film segera berakhir dan kita tidak diperlihatkan lagi dengan apa yang akan mereka lakukan selanjutnya. Apakah Boo akan menjadi “assisten” Mike dan Sully lagi atau tidak. Memang film Monster, Inc kedua tengah dibuat, tetapi itu menjadi prekuel yang menceritakan tentang Mike dan Sully di Universitas Monster, yang berarti Boo tidak akan kembali.

The Spy Who Dumped Me

Sama seperti Salt, film ini menceritakan tentang mata-mata dan dunia spionase, tetapi dengan bumbu komedi di dalamnya. Filmnya menceritakan tentang Audrey (Mila Kunis) dan sahabatnya, Morgan (Kate McKinnon), yang tiba-tiba masuk ke dalam dunia spionase ketika pacar Audrey mencampakkannya, dan mereka mengetahui bahwa pacar Audrey adalah mata-mata. Keduanya lantas memutuskan untuk berkeliling Eropa. Namun rupanya mereka diburu oleh para pembunuh dan mereka harus menyelamatkan diri. Film ini pun dibiarkan menggantung, karena setelah menjadi mata-mata yang bekerja dengan Sebastian Crenshaw, kita tidak diperlihatkan apa yang Morgan dan Audrey lakukan. Dan hingga kini, belum ada kabar tentang sekuelnya yang akan dibuat.

Gone Girl

Gone Girl adalah salah satu film terbaik yang pernah dirilis di tahun 2014. Film ini menceritakan tentang Nick Dunne yang dituduh sebagai pelaku atas hilangnya istrinya. Tetapi kemudian terungkap bahwa sebenarnya bukan Nick Dunne yang menjadi pelakunya, melainkan istrinya sendiri yang sengaja menghilang diri agar Nick Dunne menjadi tersangka. Kemudian terungkap bahwa istri Nick Dunne adalah seorang psikopat. Nah ending Gone Girl sangat menarik karena pada akhirnya Nick Dunne dan istrinya yang psikopat harus kembali tinggal bersama. Tetapi tidak diceritakan lebih lanjut apa yang terjadi setelah mereka kembali bersama. Penggemar pun dibiarkan bertanya-tanya tentang seperti apa akhir dari hubungan yang toxic tersebut.

Itulah dia Geeks beberapa ending film yang sepertinya sengaja dibiarkan menggantung. Hingga saat ini, belum ada tanda-tanda yang kongkret bahwa sekuel filmnya bakal dibuat. Dan mudah-mudahan saja suatu saat nanti film-film tersebut akan dilanjutkan ceritanya. Kita tunggu aja ya Geeks!

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/