Saat ini bisa dibilang Marvel Cinematic Universe tengah berusaha menyiapkan ‘karpet merah’ untuk menyambut kemunculan sejumlah varian Kang di Multiverse Saga. Salah satunya adalah Kang the Conqueror sendiri yang dipastikan akan menjadi big bad villain di film crossover Avengers: The Kang Dynasty mendatang. Terlepas dari eksistensinya yang sampai sekarang masih belum diungkap oleh Marvel, sebenarnya ada satu varian rahasia Kang yang berpotensi menjadi ancaman besar di MCU, dia adalah Mister Gryphon. Bagaimana bisa? Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini, Geeks!

Mister Gryphon alias Kang the Millionaire

Sebelum membahas teori kemunculannya sebagai varian rahasia Kang di MCU, mari kita kenali terlebih dahulu asal-usul Mister Gryphon di Marvel Comics. Pertama kali melakukan debutnya di komik All-New, All-Different Avengers (2015), Gryphon digambarkan sebagai varian langsung dari Kang the Conqueror yang terlahir karena glitch timestream. Akibatnya dia terpental pada abad ke-21 dan diceritakan tidak bisa pergi ke mana-mana lagi karena tertahan oleh firewall waktu. Tidak habis akal, dia lantas mencoba mendirikan dinastinya sendiri pada masa sekarang dengan menjadi seorang pengusaha andal sekaligus korup.

Salah satu upaya yang Gryphon adalah dengan mendirikan sebuah perusahaan yang diberi nama Qeng Enterprise. Di mana dia kemudian memanipulasi sejumlah villain agar mau membesarkan perusahaannya. Singkat cerita, setelah berhasil menjadi salah satu CEO terkaya di muka Bumi, dia akhirnya bisa membeli Stark Tower dari Stark Industries. Pada titik inilah dia bertemu dan bekerja sama dengan salah satu jenderal Chitauri bernama Wabringer, yang ingin membuka portal untuk mendatangkan pasukan Chitauri ke Bumi. Hal ini tentunya langsung mendapatkan perlawanan dari tim superhero Avengers.

Tidak lama setelah berhasil mengalahkan Warbringer, para Avengers akhirnya sadar bahwa CEO Qeng yang selama ini mereka lawan adalah varian rahasia Kang. Avengers sendiri baru menemukan celah untuk mengalahkannya saat Iron Man berhasil membebaskan Vision yang sebelumnya dikendalikan oleh Gryphon. Tepat saat Vision memojokannya, Thor langsung memukul Gryphon sekeras mungkin dengan Mjolnir sampai dia masuk ke dalam timestream. Sampai sekarang masih belum jelas apakah Gryphon benar-benar kalah, atau sejak awal dia memang ingin kembali ke timestream dengan bantuan Avengers.

Varian Kang yang Punya Keunggulan Lain

Karena pada dasarnya Mister Gryphon merupakan varian Kang yang hidup dengan identitas rahasia pada abad ke-21, tidak banyak yang sadar bahwa dia masih mempunyai kecerdasan dan kecanggihan teknologi yang dimiliki oleh varian Kang pada umumnya. Hal inilah yang membuatnya terkesan lebih berbahaya dari Kang the Conqueror atau varian Kang lainnya. Karena dengan kekayaan yang dimilikinya, Gryphon sangat paham bahwa segalanya bisa dia miliki hanya dengan uang. Dia tidak perlu berusaha keras untuk menaklukan Bumi dengan kekuatan.

Walaupun begitu, ketika akhirnya bertarung dengan Avengers, Gryphon mulai memperlihatkan kekuatan aslinya. Yang mengejutkan adalah ketika dia memanggil pasukan zombie untuk menghadang Avengers yang tengah bertarung dengan Warbringer. Sebelumnya mungkin tidak pernah diceritakan bahwa ada varian Kang yang menguasai kemampuan nekromansi. Dalam pertarungannya, dia juga bisa menciptakan portal waktu dengan tangan kosong untuk membuang Mjolnir yang dilempar Thor ke masa depan. Berbagai keunggulan ini membuatnya menjadi salah satu varian Kang yang paling unik.

Berpotensi Muncul Pada Masa Depan MCU

Meskipun sampai sekarang Marvel Studios belum memperkenalkan Mister Gryphon, tetapi ada satu kisah yang mengindikasikan bahwa varian rahasia Kang ini telah eksis sejak lama di MCU. Di ending film Captain America: Civil War (2016), Tony alias Iron Man diceritakan menjual Stark Tower kepada pembeli misterius dan mulai memindahkan semua barangnya ke Avengers Compound. Jika MCU mengambil arah yang sama seperti Marvel Comics, bukan tidak mungkin pembeli Stark Tower yang identitasnya dirahasiakan tidak lain adalah Gryphon, varian Kang yang keberadaannya tidak diketahui bahkan oleh Kang lainnya.

Jika teori ini benar, artinya saat para superhero dan penggemar tengah fokus pada varian Kang lain, misalnya He Who Remains di Loki dan Warrior Kang di film Ant-Man and the Wasp: Quantumania mendatang, Mister Gryphon sebenarnya sudah mulai membangun dinastinya sendiri sebagai seorang pengusaha terkaya di MCU. Dengan kematian Tony di Avengers: Endgame (2019), tidak mustahil bagi Gryphon untuk mengambil alih Stark Industries dengan membeli sebagian besar sahamnya. Dan saat waktunya tepat, dia mungkin akan mengungkapkan jati dirinya pada dunia dan kita semua.

Itulah pembahasan tentang asal-usul dan kekuatan Mister Gryphon, varian rahasia Kang yang saat ini mungkin sudah eksis di MCU. Karena alasan inilah mungkin Marvel Studios masih belum mau mengungkapkan siapa yang membeli Stark Tower pada tahun 2016 silam. Studio mungkin diam-diam tengah menunggu waktu yang tepat untuk memperkenalkan Mister Gryphon yang juga diperankan oleh Jonathan Majors pada masa yang akan datang. Bagaimana menurut kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.