Tidak mudah memang untuk membuat sebuah film. Orang-orang yang terlibat di dalam pembuatan film harus memastikan agar filmnya berakhir dengan sangat baik. Tetapi, ada beberapa film yang proses pembuatannya justru dilanda kekacauan, kemalangan, dan dalam beberapa kasus berujung dengan kematian. Beberapa kejadian tersebut justru dikaitkan dengan hal mistis, dan tak jarang film-film tersebut dianggap film terkutuk. Lantas apa saja film yang dianggap terkutuk oleh sebagian orang? Simak berikut ini Geeks!

The Dark Knight

The Dark Knight menjadi film berikutnya yang dianggap terkutuk. Bagaimana tidak? Banyak peristiwa besar yang terjadi menjelang perilisan filmnya. Contohnya adalah kematian sang aktor, Heath Ledger yang meninggal dunia karena overdosis, enam bulan sebelum film tersebut dirilis. Christian Bale juga ditangkap pada malam sebelum pemutaran perdana film The Dark Knight di London. Selain itu, Morgan Freeman juga mengalami kecelakaan mobil beberapa bulan setelah filmnya rilis. Terakhir adalah meninggalnya kru bernama Conway Wicliffe, yang meninggal ketika mobilnya menabrak pohon di lokasi syuting.

Rosemary’s Baby

Rosemary’s Baby adalah film yang dirilis tahun 1968. Dibalik pembuatan film ini, ternyata ada beberapa tragedi besar yang terjadi. Misalnya komposer filmnya yang tiba-tiba meninggal karena adanya gumpalan darah di otak, mirip seperti kematian salah satu karakter yang diceritakan tewas dalam filmnya. Selain itu, produser William Castle juga mengalami gagal ginjal setelah membuat film Rosemary’s Baby, dan bersumpah bahwa film tersebut dikutuk. Dan pada saat proses syuting dilakukan, para kru mengalami banyak kejadian aneh, mulai dari melihat kerangka yang sekelebat terbang, hingga istri sutradara Roman Planski yang tewas akibat dibunuh penjahat.

The Crow

Pada tanggal Maret 1993, tepatnya 8 hari sebelum film The Crow rampung, aktor Brandon Lee secara tidak sengaja tertembak di bagian perut. Ternyata pistol yang digunakan untuk syuting tersebut berisi peluru, yang membuat aktor berusia 28 tahun tersebut tewas. Sampai hari ini, tidak ada yang tahu persis bagaimana peluru asli tersebut bisa sampai ke lokasi syuting. Padahal tim dibalik layar sudah menyiapkan semuanya dengan detail. Menariknya, film yang dibuat oleh Bruce Lee (ayah Brandon Lee) di tahun kematiannya menampilkan adegan di mana dia tertembak dengan senjata secara tak sengaja. Dan betapa kebetulan saat Brandon Lee juga tertembak dengan senjata yang seharusnya kosong.

The Passion of the Christ

Film ini juga dianggap sebagai salah satu film yang dikutuk. Pasalnya, sang aktor utama, Jim Caviezel, mengalami banyak kejadian aneh saat melakukan syuting filmnya. Dia pernah tersambar petir, mengalami hipotermia, infeksi paru-paru, dan setelah menjalani rias wajah, Caviezel mengalami sakit kepala dan infeksi kulit. Selain itu, banyak hal aneh lainnya yang dialami Caviezel. Terlepas dari semua kejadian tersebut, sang aktor mampu bertahan dan menyelesaikan filmnya. Mel Gibson juga mengalami nasib yang sama, karena setelah membintangi filmnya, dia mengalami penurunan kariernya dalam industri film. Dan puncaknya, dia harus berpisah dengan Oksana Grigorieva di tahun 2009. Kebetulan?

Rebel Without a Cause

Tak lama setelah film Rebel Without a Cause rampung, banyak kejadian aneh yang terjadi. Misalnya sang aktor utama James Dean yang meninggal dunia saat kecelakaan mobil, di usianya yang masih 24 tahun. Ironisnya, dia baru saja menerima surat tilang beberapa jam sebelumnya. Dean bukan satu-satunya bintang Rebel Without a Cause yang meninggal. Karena setelah itu Natalie Wood dan Sal Mineo meninggal secara misterius. Natalie Wood meninggal dalam sebuah kecelakaan. Tetapi banyak yang berspekulasi bahwa Natalie dibunuh. Sementara Sal Mineo tewas ditikam oleh perampok di luar apartemennya, setelah pulang latihan drama.

Apocalypse Now

Ada banyak masalah yang terjadi selama pembuatan film Apocalypse Now yang ketika itu melakukan syuting di Filipina. Ketika itu, musim hujan tengah terjadi dan hujan besar membuat hancurnya beberapa set di lokasi syuting. Masalah semakin pelik ketika berat badan aktor Marlon Brando naik dan kurang proporsional untuk perannya. Ditambah lagi, Brando sempat menolak untuk mempelajari dialog di filmnya. Selain itu, Marin Sheen, yang saat itu sedang banyak minum mengalami serangan jantung. Puncaknya, sutradara Francis Ford Coppola frustasi dengan filmnya yang membuatnya berulang kali menunda pembuatannya dan hampir bunuh diri.

The Omen

The Omen sepertinya sudah tidak asing di telinga Geeks karena film horor ini sangat terkenal. Tetapi dibalik nama besarnya, The Omen menyimpan banyak misteri. Ketika syuting filmnya dilakukan, banyak kejadian aneh, seperti kematian aktor Gregory Peck yang meninggal dunia akibat bunuh diri. Dan ketika melakukan syuting di kebun binantang, seekor harimau menyerang pawang hewan dan membuatnya meninggal. Dan yang lebih mengerikan, John Richardon salah seorang tim dibelakang layar mengalami kecelakaan di jalan Ommen Belanda, tepatnya di KM 66,6.

Poltergeist

Poltergeist adalah film horor yang rilis tahun 1982 dan menjadi film berikutnya yang dianggap terkutuk. Pasalnya ada banyak kejadian mengerikan setelah pembuatannya. Contohnya adalah kematian Dominique Dunne yang membintangi filmnya. Dune diketahui meninggal dunia akibat dicekik oleh mantan pacarnya. Padahal Dunne baru berusia 22 tahun saat itu. Selain itu, lawan main Dunne di Poltergeist, Heather O’Rourke juga meninggal secara tragis. Rourke meninggal setelah mengalami menyumbatan usus yang akhirnya menyebabkan syok dan serangan jantung. Dan sebenarnya ada banyak kejadian mengerikan lagi yang terjadi dalam pembuatan filmnya. Konon film ini menjadi terkutuk karena menggunakan tengkorak manusia asli sebagai properti.

Waterworld

Geeks tentunya sudah mengetahui judul film satu ini. Yap, Waterworld sebenarnya sudah sering ditayangkan oleh televisi swasta Indonesia. Waterworld adalah film yang dirilis tahun 1995, dan proses pembuatan filmnya mengalami banyak masalah sehingga filmnya dianggap terkutuk. Ketika pembuatan filmnya dilakukan, badai besar menghancurkan set filmnya yang bernilai jutaan dolar. Bahkan kejadian tersebut hampir membunuh Kevin Costner. Kemudian, Joss Whedon juga pernah melakukan penulisan ulang pada naskahnya, dan menyebutkan penulisan ulang tersebut seperti “neraka” baginya. Memang kutukan film ini lebih “jinak” dibanding kutukan film lainnya di atas.

The Exocist

Pembuatan film The Exorcist memang memakan banyak korban jiwa. Terhitung ada sembilan kru dan pemain yang meninggal selama pembuatan film ini. Mereka juga meninggal dengan cara yang misterius, salah satunya adalah Vasiliki Maliaros dan Jack MacGowran. Saat proses syuting berlangsung pun, ada beberapa tragedi yang terjadi, seperti kebakaran yang sempat menghanguskan lokasi syuting sehingga proses syuting tertunda selama 6 minggu. Dan ketika Linda Blair melakukan syuting dia sempat mengalami beberapa gangguan mental. Rentetan kejadian misterius itulah yang akhirnya membuat film ini dianggap terkutuk.

Beberapa kejadian mengerikan yang terjadi di lokasi syuting, maupun yang terjadi setelahnya membuat 10 film tersebut dianggap terkutuk. Bahkan ada beberapa korban jiwa yang berjatuhan saat filmnya melakukan syuting. Apakah Geeks menganggap bahwa semua itu kebetulan? Well, percaya atau tidaknya kembali ke diri masing-masing ya Geeks!

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/