Bos DC Studios James Gunn dan Peter Safran baru saja mengumumkan sejumlah proyek Chapter pertama DC Universe yang diberi judul ‘Gods and Monsters’. Selain proyek reboot superhero populer seperti Superman: Legacy dan Batman’ The Brave and the Bold, studio juga mengungkapkan bahwa mereka akan menggarap tayangan DC Universe yang tidak biasa, salah satunya adalah film berjudul The Authority.

Menariknya, pengumuman film yang digadang-gadang akan memperkenalkan tim super baru di DC Universe ini ternyata berhasil membuat semua orang penasaran. Karena kabarnya film superhero mendatang ini akan menceritakan kisah tim super nyeleneh yang melindungi Bumi dengan cara ‘ekstrem’. Seperti apa detail proyeknya dan bagaimana kisah mereka di DC Comics? Mari langsung saja kita bahas, Geeks.

The Authority Menggambarkan Visi DC Universe

Sebelum membahas origin mereka di DC Comics, mari kita pahami terlebih dahulu proyek The Authority di DC Universe. Menurut penjelasan Gunn, film The Authority sendiri secara tidak langsung akan menegaskan bahwa DC Universe bukan hanya jagat sinema untuk superhero dan supervillain saja, tetapi juga bagi sekelompok karakter yang berada di tengah-tengahnya. “Tidak semua film dan serial [DC] bercerita tentang orang baik vs orang jahat, bukan tentang sesuatu yang besar datang dari langit dan akhirnya orang baik menang. Selain topi putih dan topi hitam, ada juga topi abu-abu,” kata Gunn.

Gunn sendiri sebenarnya sudah cukup familer dengan zona abu-abu di DC Universe. Sebelumnya dia sudah pernah menggarap film The Suicide Squad (2021) yang bercerita tentang sekelompok penjahat yang berusaha menyelamatkan Bumi. Kemudian Gunn juga telah mengerjakan tayangan spin off-nya yang berjudul Peacemaker, di mana serial yang dibintangi oleh John Cena ini berfokus kepada para karakter yang tidak bisa dikategorikan sebagai superhero maupun supervillain. Nah, film DC Universe’ The Authority juga sepertinya akan mempunyai ‘rasa’ yang sama dengan visi Gunn sebelumnya.

Tim Superhero dengan Metode Ekstrem

Setelah mengetahui arah jagat sinema DC Universe, khususnya yang terkait dengan film The Authority, sekarang tiba saatnya bagi kita untuk lebih mengenal siapa sebenarnya tim superhero nyeleneh yang dimaksud. Pertama kali diperkenalkan di komik The Authority (1999), tim superhero yang dikenal mempunyai metode sangat ekstrem ini sebenarnya adalah bagian dari Wildstorm Universe. Kisah mereka bermula dari tim super Stormwatch yang sebagian besar anggotanya diceritakan tewas oleh alien Xenomorphs di komik WildC.A.T.S/Aliens (1998).

Anggota yang tersisa dari Stormwatch, seperti Jenny Sparks, Apollo, Midnighter, The Doctor, The Engineer, Jack Hawksmoor, dan Swift, akhirnya memutuskan untuk mendirikan tim superhero The Authority, yang mengklaim diri mereka sebagai Otoritas Tertinggi di muka Bumi. Musuh pertama yang harus mereka hadapi adalah Kaizen dan pasukan terorisnya. Rencana Kaizen adalah menghancurkan seluruh kota di dunia, dimulai dari Moskow. Rencana Kaizen berhasil digagalkan setelah The Authority berhasil meringkus Kaizen secara brutal saat berusaha menghancurkan London.

Pada petualangan selanjutnya banyak hal serupa yang berusaha di hadirkan di kisah The Authority, di mana pada intinya melalui kisah Wildstorm ini DC berusaha menggambarkan bagaimana jadinya jika tim superhero merasa bebas dari hukum. Mereka bisa membunuh, menghancurkan, bahkan melakukan hal ekstrem lainnya dengan alasan demi menjaga kedamaian Bumi. Yang lebih menariknya lagi, dengan markas yang disebut Carrier, The Authority dapat bergerak di ruang imajiner yang memisahkan Wildstorm dan DC Universe. Itulah mengapa pada akhirnya pengaruh mereka juga bisa sampai di DC Universe.

Di kisah terbaru yang berjudul Superman and the Authority (2021), tim super ini bahkan kembali dibentuk oleh Superman yang merekrut Black Manchester, Midnighter, Apollo, O.M.A.C. (One Man Army Corps), Lightray, Natasha Irons, dan Enchantress, sebagai anggota intinya. Di bawah kepemimpinan Superman, The Authority diceritakan pergi ke planet Warworld untuk menggulingkan tirani supervillain Mongul. Dalam prosesnya Superman mampu mengalahkan Mongul, sementara anggota The Authority lain berhasil menyabotase Warworld dan akhirnya membebaskan rakyatnya yang tertindas.

Kehebatan Anggota The Authority

Selama bertahun-tahun ada banyak sekali superhero yang tergabung dalam The Authority. Namun, yang paling terkenal di antara mereka justru dapat dihitung dengan jari. Hal tersebut bisa terjadi karena tidak banyak di antara mereka yang terus-menerus digambarkan sebagai anggota tim, baik di Wildstorm Universe maupun DC Universe. Berikut ini nama, julukan, sekaligus kekuatan dari anggota paling ikonis di tim superhero The Auhority:

  • Jenny Sparks: The Spirit of 20th Century. Pendiri sekaligus pemimpin pertama The Authority yang mempunyai kekuatan untuk mengendalikan listrik serta keabadian yang membuatnya awet muda.
  • The Engineer: The Maker. Sesuai dengan namanya, Engineer adalah anggota The Authority yang mampu menciptakan apa pun dengan kecerdasan super dan tubuh nano teknologinya. Selain itu dia juga bisa berubah bentuk, menggandakan diri, dan kemampuan lainnya yang terus berkembang setiap kali dia muncul.
  • Apollo: The Sun King. Dikenal sebagai Superman versi The Auhority, kekuatan Apollo memungkinkan dia untuk terbang, memiliki kekuatan fisik super, dan dapat menembakan ledakan Matahari dari matanya.
  • Midnighter: Night’s Bringer of War. Love interest dari Apollo ini dikenal sebagai superhero yang kemampuannya meliputi kekuatan super, kecepatan super, dan regenerasi.
  • Swift: The Winged Huntress. Lahir dengan kelainan genetik, Swift memiliki kekuatan super yang memungkinkan dia untuk terbang, bergerak dengan sangat cepat, mempunyai indra layaknya burung, bahkan berbicara dengan burung.
  • Jack Hawksmoor: The God of the Cities. Sesuai dengan julukannya, kekuatan utama Jack adalah merasakan energi sebuah kota, sehingga dia bisa mengetahui apa saja yang telah dan sedang terjadi di dalamnya.

Dengan kemampuan yang mereka miliki ini, bukan tidak mungkin para anggota yang paling terkenal dari The Authority ini akan melakukan debutnya juga di jagat sinema DC Universe. Tentunya dengan beberapa penyesuaian yang membuat karakternya cocok dengan karakter lainnya.

Itulah pembahasan tentang proyek baru DC Universe yang berjudul The Authority, begitu juga dengan asal-usul tim dan kehebatan anggotanya yang sudah lebih dahulu eksis di komik. Karena pada dasarnya mereka adalah karakter dari Wildstorm Universe, bukan tidak mungkin jagat sinema DC Universe juga nantinya akan menghadirkan lebih banyak lagi karakter dari semesta tersebut. Saat ini film The Authority masih belum mempunyai tanggal rilis, jadi kita nantikan saja perkembangan kabar selanjutnya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.