Konsep Elseworld yang di adaptasi dari DC Comics resmi diperkenalkan oleh James Gunn dan juga Peter Safran sebagai bagian dari DC Universe yang mereka bangun. Seperti yang Geeks ketahui, Warner Bros. dan DC Studios saat ini mencoba untuk membangun kembali jagat sinematik baru yang berbeda dari sebelumnya. Dengan munculnya jagat sinematik yang baru ini mereka juga coba menghadirkan sebuah konsep yang baru.

Konsep baru tersebut adalah Elseworld. Konsep terbaru ini sebenarnya sudah diberikan petunjuk kemunculannya sejak Desember kemarin oleh James Gunn. Namun, baru sekarang Gunn akhirnya mengonfirmasi tentang hal tersebut. Mungkin, ada sebagian Geeks yang masih bingung dengan apa itu Elseworld. Dan berikut adalah penjelasan mengenai konsep tersebut.

Elseworld di DC Comics

Lalu, apa itu Elseworld? Elseworld di DC Comics merupakan sebuah konsep realita alternatif di mana ada banyak peristiwa epik terjadi di luar kontinuitas utama alias di luar universe utama komiknya. Konsep Elseworld atau yang biasa disebut sebagai “Imaginary Stories” pertama kali muncul di tahun 1989. Dengan menghadirkan konsep tersebut DC Comics memberikan kebebasan berimajinasi kepada para penulisnya.

Mereka diberikan kebebasan untuk menghadirkan berbagai ide-ide baru dan segar atau bisa juga menghadirkan berbagai peristiwa yang terjadi di luar apa yang sudah dihadirkan di universe utama. Dalam sejarah DC Comics, era Silver Age of Comics menjadi masa yang paling banyak menghadirkan cerita Elseworld. Dua karakter yang sering muncul dalam cerita Elseworld adalah Superman dan Batman. Namun, ada juga Justice League dan karakter lain yang pernah muncul di Elseworld.

Konsep serupa yang mirip dengan Elseworld sempat juga diperkenalkan oleh DC Comics pada 2018 kemarin dengan nama DC Black Label. Dalam konsep ini, DC Comics menghadirkan alur cerita yang jauh lebih dewasa, gambar yang lebih eksplisit, dengan tone dan gambar cerita yang lebih suram serta gelap.

Elseworld Versi DC Universe

Kejutan besar kemudian muncul di akhir tahun 2022 kemarin, di mana DC Studios berencana untuk menggunakan konsep yang sama untuk cerita versi layar lebarnya. James Gunn, selaku salah satu petinggi di DC Studios, sempat memberikan petunjuk terkait hal tersebut. Namun, baru kemarin akhirnya James Gunn mengonfirmasi jika kedepannya dia akan mengaplikasikan konsep yang sama di DC Universe.

James Gunn menjelaskan jika konsep Elseworld ini diaplikasikan untuk membedakan mana alur cerita yang terjadi di universe utama DC dan juga yang terjadi di luarnya. Menurut Gunn, film The Batman karya Matt Reeves dan Joker karya Todd Phillips adalah dua film yang sudah terkonfirmasi menjadi bagian dari Elseworld di DC Universe. Hal ini karena kedua filmnya berada di luar kontinuitas DC Universe.

Bagaimana dengan universe utamanya? Menurut Gunn, film-film yang sudah masuk dalam rencana proyek 10 tahun kedepan akan jadi bagian dari universe utama DC Universe. Misalnya, Creature Commandos, The Brave and the Bold, Superman: Legacy, Supergirl: Woman of Tomorrow, dan sebagainya. Untuk saat ini, memang masih belum banyak informasi yang diketahui tentang rencana Elseworld yang dibangun oleh James Gunn dan Peter Safran. Namun, Gunn nampaknya sudah percaya diri dan mempersiapkan semuanya dengan matang untuk konsep ini.

Keuntungan Elseworld Bagi DC Studios

Meskipun DC Studios membuat DC Universe sebagai prioritas utama mereka, namun mereka juga masih akan tetap memberikan perhatian terhadap berbagai cerita Elseworld. Salah satu keuntungan besar yang bisa diambil dari diperkenalkannya konsep ini adalah pihak rumah produksi bisa lebih mudah untuk menghadirkan berbagai konsep multiverse kedepannya.

Contoh nyata dari hal ini bisa kita lihat dari Elseworld yang diaplikasikan oleh The CW dengan Arrowverse mereka. Konsep Elseworld terbukti sangat efektif untuk menghadirkan formula multiverse di berbagai TV series tersebut. Bahkan, yang epik adalah mereka bisa menghadirkan salah satu cerita crossover paling besar yaitu Crisis on Infinite Earths, di mana diceritakan seluruh multiverse DC berada dalam ancaman kehancuran akibat ulah Anti-Monitor.

Hal ini juga yang bisa coba diaplikasikan nanti oleh DC Studios dengan adanya konsep Elseworld. Di sisi lain, Elseworld juga bisa membuat DC Studios bisa lebih jelas dan mudah memberikan sistem label terhadap berbagai produksi mereka. Bagi sebagian besar penonton, tentunya akan lebih mudah dan menguntungkan ketika mereka tahu film atau TV series mana yang memang menjadi bagian dari DC Universe dan mana yang bukan.

Misalnya, dengan konsep Elseworld para penonton bisa tahu jika franchise The Batman dan Joker bukan bagian dari universe utama DC Universe. Meskipun banyak fans yang skeptis dengan konsep Elseworld, karena DC Studios lebih terkena karena cerita solo atau standalone para karakternya, namun tentunya menarik bagaimana mereka akan coba mengeksplor elemen Elseworld kedepannya.

Tujuan Elseworld

Untuk saat ini, seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, James Gunn masih belum memberikan informasi detail tentang konsep Elseworld. Hal ini termasuk belum dijelaskan apa yang jadi tujuan DC Studios menghadirkan Elseworld. Namun, Geeks tentunya sudah bisa menebak dengan jelas apa yang jadi target mereka dengan hal ini yang tidak lain adalah melakukan crossover pada masa depan.

Jika Elseworld dari The CW bisa jadi patokannya, maka DC Studios mungkin akan mampu melakukan sesuatu yang serupa atau bahkan jauh lebih besar dan lebih epik. Salah satu cerita klasik dari Elseworld yang banyak diharapkan oleh para fans akan dimunculkan dalam versi layar lebarnya oleh James Gunn adalah Kingdom Come. Dalam media sosial sendiri Gunn sudah memberikan petunjuk bahwa dia akan menghadirkan ceritanya pada masa yang akan datang.

Menghadirkan konsep multiverse Elseworld tentunya akan menjadi sebuah gebrakan baru dalam sejarah DC di layar lebar. Dan mereka tentunya bisa belajar dari kesalahan sebelumnya, yang membuat konsep multiverse tersebut kurang diminati oleh para penonton. Dengan bergabungnya James Gunn serta kemunculan konsep baru ini mudah-mudahan saja akan ada sesuatu yang luar biasa muncul yang akan lebih memuaskan hati para fans. Kita nantikan saja ya Geeks kabar selanjutnya dari berbagai proyek Elseworld ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.