Sebagai salah satu bos baru DC Studios, James Gunn baru saja mengumumkan sejumlah proyek mendatang DC Universe yang akan jadi bagian dari Chapter pertama Gods and Monster. Menariknya alih-alih menyebutkan proyek terkait Justice League, Gunn justru memulai pengumumannya dengan serial animasi Creature Commandos yang akan berfokus pada tim super-monster DC Universe. Meskipun sebelumnya tim aneh ini tidak begitu populer, sekarang malah tidak sedikit penggemar yang penasaran dengan sepak terjangnya. Itulah mengapa kali ini kita akan membahas asal-usul dan kehebatan mereka!

Creature Commandos, Tim Monster Klasik DC

Pertama kali diperkenalkan di komik Weird War Tales #93 (1980), Creature Commandos adalah tim super bentukan pemerintah Amerika pada era Perang Dunia II yang lahir dari eksperimen Project M. Di DC Comics sendiri Project M dikenal sebagai organisasi rahasia pemerintah yang menangani eksperimen bioteknologi dan nekromansi. Di semesta komik DC Universe, Creature Commandos diciptakan secara khusus oleh seorang ilmuwan bernama Mazursky, yang dibantu oleh cyborg bernama Robert Crane, untuk jadi penentu kemenangan Amerika dan sekutunya dalam pertempuran melawan Nazi.

Ada pun anggota pertama dari Creature Commandos di antaranya adalah Matthew Shrieve (manusia normal), Warren Griffith (manusia serigala), Vincent Velcro (vampir), Elliot Taylor (Frankenstein) dan Myrna Rhodes (gorgon). Dalam prosesnya, ada banyak sekali misi penting yang telah berhasil mereka selesaikan, termasuk menghancurkan pabrik android musuh, menyelamatkan Dr. Renee Frederique dari kamp kematian Nazi, dan memusnahkan dinosaurus di Dinosaurus Island. Di akhir Perang Dunia II, mereka diceritakan menghilang saat mengendarai sebuah roket yang dimaksudkan untuk menghancurkan Berlin.

Pada masa modern, tepatnya di Action Comics #873 (2009), akhirnya terungkap bahwa menghilangnya Creature Commandos disebabkan oleh Brainiac yang telah menculik mereka. Singkat cerita setelah berhasil kabur dari kapal luar angkasa Brainiac, Creature Commandos lantas mencoba beradaptasi dengan masa modern sekaligus berhadapan dengan ancaman baru, yaitu invasi aliansi militer dari universe alternatif DC yang disebut Terra Arcana. Musuh baru mereka ini terdiri dari panglima perang jahat, seperti Lord Saturna, Tazzala of Korrl, Troll King, Xotar the Weapons Master, dan masih banyak lagi.

Pada titik inilah Creature Commandos bersama anggota baru, seperti Aten (mummy) dan Bogman (monster amfibi), mulai menemukan tujuan baru untuk melindungi Bumi dari invasi alien Terra Arcana. Kemenangan atas Bumi berhasil mereka raih ketika para panglima perang Terra Arcana saling berkhianat, di mana hal ini pada akhirnya memudahkan Creature Commandos untuk menghimpun banyak bantuan untuk mengalahkan Lord Saturna dan antek-anteknya.

Tim Super-Monster untuk Mengatasi Militer Jahat

Berdasarkan sejarah singkat Creature Commandos di atas, cukup jelas bahwa pada dasarnya DC sengaja menciptakan mereka di universe komiknya untuk mengatasi ancaman dari militer jahat. Entah itu melawan Nazi pada era Perang Dunia II, maupun aliansi alien futuristik Terra Arcana pada masa modern. Hal tersebut secara tidak langsung telah membedakan tim yang terdiri dari para monster klasik ini dengan tim superhero seperti Justice League atau Justice Society yang khusus menangani ancaman supervillain.

Walaupun sejatinya musuh mereka juga mempunyai banyak kekuatan dan perlengkapan super, tetapi kehadiran Creature Commandos dimaksudkan untuk menggambarkan bagaimana jadinya jika ‘militer Bumi’ turun tangan untuk menghadapi masalah manusia super. Di mana premis tersebut dibuktikan melalui kemunculan para monster yang dibekali dengan ilmu strategi dan persenjataan militer. Mungkin karena alasan inilah DC Studios bermaksud memperkenalkan tim super-monster Creature Commandos yang mempunyai segmentasi tersendiri di DC Universe.

Masa Depan Creature Commandos di DC Universe

Dalam pengumuman terbarunya, James Gunn yang memang menyukai hal-hal unik dan kurang populer di komik superhero, mengungkapkan bahwa Creature Commandos versi jagat sinema DC Universe akan hadir dengan serial animasinya sendiri. Serial Creature Commandos yang sekarang sudah memulai produksinya ini direncanakan akan mempunyai tujuh episode yang ditulis oleh Gunn. Meskipun pengisi suaranya belum ditentukan, tetapi para eksekutif DC Studios tengah mencari aktor yang dapat mengisi suara karakter animasinya sekaligus memerankan versi live action-nya pada masa yang akan datang.

Berdasarkan sejumlah fakta serial Creature Commandos yang sudah terungkap, cukup jelas bahwa ke depannya tim super-monster ini akan muncul juga di tayangan crossover DC Universe mendatang. Sejauh ini masih berlum terungkap akan seperti apa plot dari serialnya nanti. Namun, tidak sedikit penggemar yang berspekulasi bahwa serial animasnya nanti akan bercerita tentang kejadian masa lalu yang akhirnya membuka jalan bagi Creature Commandos atau sebagian anggotanya untuk muncul pada masa modern dalam bentuk live action.

Itulah pembahasan tentang eksistensi Creature Commandos yang akan segera menjadi bagian dari jagat sinema DC Universe. Sekilas potensi mereka kurang lebih mirip seperti Howling Commandos di MCU, yang pada akhirnya membawa Captain America dan Winter Soldier untuk kisah yang lebih besar pada masa mendatang. Setelah mengetahui siapa mereka, menurut kalian apakah Creature Commandos layak untuk muncul di DC Universe? Melihat pengalaman James Gunn di dunia perflman superhero, bukan tidak mungkin Creature Commandos akan jadi wajah baru DC pada masa yang akan datang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.