Setelah sempat membuat penggemar penasaran, bos DC Studios James Gunn dan Peter Safran akhirnya mengumumkan deretan proyek baru DC Universe yang akan tayang pada masa mendatang. Salah satunya yang cukup menarik perhatian adalah serial DC Universe berjudul Booster Gold yang dimaksudkan untuk tayang di saluran streaming HBO. Alasan mengapa serialnya sangat layak untuk diantisipasi adalah karena untuk pertama kalinya DC akan menghadirkan superhero nyeleneh Booster Gold dalam bentuk live action. Sebelum melihat aksinya nanti, berikut ini 10 fakta Booster Gold yang menarik untuk kita ketahui!

Tidak Mempunyai Kekuatan Super

Pertama kali muncul dengan komik solonya yang berjudul Booster Gold (1986), superhero dari abad ke-25 ini awalnya hanyalah seorang penjaga museum Metropolis bernama Michael John Carter. Meskipun tidak mempunyai kekuatan super dan juga tidak mahir bertarung seperti superhero lain di semesta komik DC Universe, tetapi Michael sangat ingin menjadi anggota Justice League. Karena hal inilah dia akhirnya mencuri mesin waktu dan kemudian menggunakannya untuk pergi ke masa lalu, tepatnya abad ke-20. Semua ini dia lakukan agar bisa menjadi superhero dengan berbekal robot A.I. canggih bernama Skeet dan pengetahuan dari masa depan.

Seorang Time Traveler

Setibanya pada abad ke-20, salah satu upaya Michael untuk menjadi superhero terbaik sepanjang sejarah adalah dengan menyelamatkan presiden Amerika ke-40 Ronald Reagan, yang di DC Universe diceritakan hampir dibunuh oleh supervillain. Pada titik inilah dia mulai terkenal sebagai superhero baru bernama Booster Gold. Dengan mesin time travel portable dan juga bantuan dari robot Skeet, Booster Gold mulai ketagihan untuk melakukan perjalan waktu agar setiap sepak terjangnya menjadi lebih efektif. Dalam waktu singkat, dia berhasil mencapai cita-citanya untuk menjadi superhero yang paling terkenal.

Beraksi Demi Uang

Setelah menjadi sangat terkenal layaknya selebritas, Booster Gold langsung memanfaatkan momentum tersebut untuk memperkaya diri. Sesuai dengan namanya yang mempunyai arti pendongkrak emas, Booster Gold selalu mempertimbangkan agar setiap aksinya dapat menambah saldo rekeningnya. Salah satu upayanya adalah dengan menjual merchandise yang berhubungan dengannya, mulai dari pasta gigi, sereal, parfum, sampai boneka Booster Gold. Dari sekian banyak superhero di DC Universe, sepertinya hanya Booster Gold yang menggunakan licik sekaligus cerdas ini untuk menghargai setiap aksinya.

Sering Mencoba Mengubah Sejarah

Sebagai seorang superhero dari masa depan, Booster Gold sangat mengerti dengan kejadian yang sudah terjadi pada zamannya. Menariknya, sebagai karakter yang terkenal iseng, Booster Gold terbilang cukup sering menggunakan kekuatannya untuk mengubah sejarah DC Universe. Misalnya dengan menyelamatkan orang tua Bruce Wayne alias Batman yang akhirnya malah membuat dunia makin kacau, atau saat dia berusaha menyelamatkan Batgirl dari kelumpuhan yang disebabkan oleh Joker di kisah The Killing Joke (1988). Pada akhirnya Booster Gold sadar bahwa ada beberapa peristiwa yang memang seharusnya terjadi demi melindungi kestabilan timeline.

Berasal dari Keluarga Manusia Super

Di DC Universe, Booster Gold bukanlah satu-satunya yang menjadi manusia super di keluarganya. Faktanya adik kembar Booster Gold yang bernama Michelle pada akhirnya diceritakan menjadi superheroin bernama Goldstar, yang kostumnya memungkinkan dia untuk terbang dan menembakan proyektil seperti saudaranya. Selain kembarannya, ayah jahat Booster Gold yang bernama Jonar Carter juga pernah diceritakan muncul kembali sebagai supervillain bernama Supernova di komik Booster Gold #4 (2008). Di mana dia menjadi bagian dari kelompok Time Stealer yang berusaha mengalahkan Booster Gold.

Dimentori Anaknya untuk Jadi Time Master

Pada suatu titik timeline di semesta komik DC Universe, Booster Gold pernah diceritakan bertemu dengan pria tua bernama Rip Hunter yang kemudian menjadi mentornya. Awalnya Booster Gold tidak tahu siapa sebenarnya Rip Hunter, sampai akhirnya terungkap bahwa Rip Hunter disuruh oleh Booster Gold versi tua untuk mengajarkan pengetahuan tentang time stream kepada Booster Gold muda agar dia bisa menjadi Time Master. Dari Rip Hunter lah Booster Gold banyak belajar bagaimana menjadi seorang ayah, yang nantinya akan dia terapkan pada anaknya sendiri, yaitu Rip Hunter muda.

Menolak Ajakan Justice League

Meskipun awalnya sempat ingin menjadi anggota Justice League, ternyata saat tim superhero terbaik DC Universe tersebut mengajaknya, Booster Gold malah menolaknya. Peristiwa menarik ini terjadi di komik Booster Gold versi 2008, di mana ternyata dia sempat dilarang oleh Rip Hunter untuk bergabung dengan Justice League. Alasannya jika dia bergabung dengan Superman, Batman, dan superhero lainnya, maka semua superhero akan tewas karena sebuah peristiwa besar. Demi melindungi mereka, Booster Gold rela selamanya menjadi superhero nyeleneh, walaupun di kisah alternatif lain dia akhirnya tetap menjadi anggota Justice League.

Pernah Gabung Suicide Squad

Terlepas dari statusnya yang ambigu, ternyata Booster Gold pernah menemukan tempat yang cocok untuk karakternya, yaitu di tim Suicide Squad bersama para mantan villain. Peristiwa ini terjadi ketika dia tiba-tiba terpental dari time stream dan tiba di universe alternatif sekitar tahun 1952. Pada titik inilah dia bekerja sama dengan Sersan Rock dan tim Task Force X yang nantinya berganti nama menjadi Suicide Squad di bawah kepemimpinan Amanda Waller. Bersama inkarnasi pertama Suicide Squad inilah Booster Gold menjadi pahlawan pada era Perang Dingin antara Rusia dan Amerika.

Booster Gold Bukan Superhero Sejati…

Jika dibandingkan dengan Superman, Batman, Wonder Woman, Green Lantern, dan superhero populer lainnya, Booster Gold bisa dibilang bukanlah superhero sejati seperti mereka. Karena dia mendapatkan kekuatannya dari mencuri, kemudian menggunakannya untuk memperkaya diri sendiri. Hal ini jugalah yang akan diangkat di jagat sinema DC Universe, di mana Booster Gold akan diperkenalkan sebagai superhero pecundang yang nyeleneh. Bos DC Studios James Gunn bahkan menggambarkan Booster Gold sebagai “superhero yang mempunyai sindrom penipu.”

…Tapi Superhero yang Sesungguhnya

Terakhir, fakta menarik dari Booster Gold yang mungkin tidak dimiliki oleh superhero lain adalah eksistensinya sebagai superhero DC Universe yang justru sangat relate dengan kehidupan nyata. Terlepas dari kemampuanya yang bisa melakukan perjalanan waktu, Michael John Carter alias Booster Gold adalah gambaran nyata tentang bagaimana jadinya jika seorang manusia biasa menjadi superhero. Di mana popularitas dan uang selalu menjadi salah satu tolak ukur kebahagiaan, siapa pun jati diri kita. Hal inilah yang akhirnya membuat Booster Gold terkenal sebagai superhero sesungguhnya di hati para penggemar.

Itulah 10 fakta dari Booster Gold yang menarik untuk kita ketahui. Untuk saat ini masih belum bisa dipastikan apakah semua fakta ini akan Booster Gold miliki juga di jagat sinema DC Universe nanti. Yang jelas James Gunn dan Peter Safran sendiri sebelumnya telah mengungkapkan bahwa DC Universe adalah tempat bagi para karakter abu-abu seperti Booster Gold. Karena saat ini status serial live action-nya masih dalam tahap pengembangan, kita nantikan saja debut dari superhero nyeleneh ini ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.