Artikel kali ini ditujukan bagi kalian yang sangat ketagihan untuk bermain Pokemon GO, tetapi juga hobi rebahan. Karena seperti yang kita tahu Pokemon GO sendiri merupakan game augmented reality yang mengharuskan para pemainnya keluar rumah untuk menangkap lebih banyak pokemon. Namun seiring dengan berjalannya waktu, game dari Niantic Labs ini sekarang telah didukung oleh sejumlah aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan para Trainernya untuk melakukan Raid tanpa meninggalkan rumah. Salah satunya adalah PokeRaid, aplikasi yang bisa membuat kita bergabung dengan Raid Pokemon GO mana pun di seluruh dunia. Penasaran seperti apa caranya? Mari kita bahas!

PokeRaid Memudahkan Remote Raid

Sebenarnya tanpa bantuan aplikasi ketiga, Pokemon GO sendiri memang sudah dibekali fitur Raid yang memungkinkan kita untuk bermain bersama Trainer lain, apa pun tipe Raid-nya. Sayangnya, fitur bawaan tersebut bisa dibilang hanya bisa dilakukan dengan undangan Raid dari teman. Jadi meskipun secara teknis kita bisa bergabung dengan Raid yang berada di luar jangkauan dengan ‘Remote Raid Pass’, tetapi hal itu masih dibatasi jika kita tidak mempunyai teman di lokasi tersebut. Nah, eksistensi aplikasi PokeRaid sendiri dimaksudkan untuk menjadi solusi dari keterbatasan fitur Pokemon GO tersebut.

Pada dasarnya fungsi dari PokeRaid sendiri adalah memudahkan proses menambahkan teman dan undangan Raid Pokemon GO di mana pun dan kapan pun. Sehingga Trainer bisa langsung bergabung dengan Raid di seluruh dunia tanpa perlu khawatir apakah kita mempunyai teman di lokasi lain atau tidak. Kabar baiknya, aplikasi ini bisa langsung kita unduh secara gratis di Play Store atau App Store. Langkah pertama yang harus kita lakukan setelah menguduh aplikasinya adalah dengan melakukan pendaftaran serta verifikasi akun PokeRaid, setelah itu barulah kita siap untuk gabung dengan arena Raid.

Cara Gabung Remote Raid Sambil Rebahan

Setelah melakukan pendaftaran, kita bisa langsung memilih Raid Pokemon GO yang diinginkan dari daftar yang sudah tersedia secara acak di home screen PokeRaid. Atau jika ingin menemukan Raid yang lebih spesifik, kita bisa menggunakan filter yang ada di pojok kanan atas dan atur persyaratan Raid sesuai dengan preferensi sendiri. Setelah memilih Raid yang ingin diikuti, kita bisa langsung menekan tombol ‘Join this Raid Room’. Perlu dicatat juga sebelumnya, jika ingin gabung dengan Raid orang lain dibutuhkan setidaknya satu Remote Raid Pass (100 PokeCoin di toko) sebelum memulai semuanya.

Ketika berada di dalam sebuah room Raid jarak jauh, kita biasanya akan langsung disuruh menambahkan Host room sebagai teman di Pokemon GO. Tidak jarang juga Host sebuah room Raid akan mengirim permintaan pertemanan lebih dahulu. Jika sudah berteman dan semua Trainer di dalam room sudah siap, barulah Host bisa mengirimkan undangan Raid di dalam gamenya. Dan Voila, kita sudah bisa bergabung dengan Raid jarak jauh dari seluruh dunia, entah itu di belahan Bumi lain maupun di kota tetangga. Setelah selesai, kita bisa memberikan rating dari satu sampai lima bintang kepada Host Raid.

Selain gabung dengan cara manual, sebenarnya PokeRaid juga memberikan kita pilihan untuk bergabung dengan Raid Pokemon GO secara otomatis. Caranya, kita bisa langsung menekan tombol ‘Auto Join’ yang ada di bagian bawah home screen. Nantinya kita akan disuruh memilih Raid pokemon yang diinginkan dan selanjutnya mengatur filter Auto Join. Setelah menentukan semua pilihan, barulah kita bisa menekan tombol ‘Active Auto Join’ dengan membayar sejumlah coin, yang biasanya kita dapatkan dari free reward, tips saat menjadi Host, atau membelinya dari PokeRaid langsung.

Minim Remote Pass, Jadi Host PokeRaid Aja

Sekarang mungkin kalian bertanya-tanya, bagaimana jika seandainya kita sama sekali tidak mempunyai Remote Raid Pass di Pokemon GO, apakah aplikasi PokeRaid masih bermanfaat? Jawabannya, tentu saja! Meskipun tidak mempunyai Remote Raid Pass, kita bisa menjadi Host Raid di ‘tempat sendiri’ dengan menekan tombol ‘Create a Raid Room’ yang ada di bagian bawah home screen. Nantinya kita diharuskan melakukan tangkapan layar untuk Raid yang kita ikuti. Selanjutnya tinggal menunggu Trainer lain masuk ke Raid kita dan akhirnya menggunakan Remote Raid Pass mereka sendiri untuk bergabung.

Itulah pembahasan tentang fungsi dan cara menggunakan aplikasi PokeRaid untuk bermain Raid Pokemon GO. Faktanya kita tidak perlu khawatir akan di-ban jika menggunakan aplikasi ketiga ini, karena pada dasarnya PokeRaid hanya memaksimalkan fitur Raid jarak jauh dengan mempermudah proses penambahan teman (Host) yang sebelumnya tidak kita kenal, sehingga pada akhirnya bisa menyelesaikan Raid bersama dengan menggunakan Remote Raid Pass. Dan yang lebih penting lagi, aplikasi ini memungkinkan kita untuk gabung Raid di seluruh dunia sambil rebahan.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.