Sudah menjadi rahasia umum bahwa Spider-Man adalah salah satu superhero yang mempunyai banyak sekali varian di Marvel Universe. Marvel sendiri bahkan mempunyai sebutan khusus untuk multiverse yang berhubungan dengan para varian Spider-Man, yaitu Spider-Verse. Menariknya baru-baru ini seorang varian Spider-Man tiba-tiba diperkenalkan sebagai bagian dari peristiwa besar Dark Web yang tengah berlangsung. Selain mengklaim dirinya sebagai Spider-Man baru, karakter nyeleneh bernama Rek-Rap ini juga hadir dengan kekuatan iblis yang digabungkan dengan symbiote Venom!

Rek-Rap, Superhero Iblis dari Limbo

Baru saja muncul di komik Amazing Spider-Man Vol. 6 #17, yang dirilis tanggal 11 Januari lalu, Rek-Rap digambarkan sebagai iblis aneh yang tinggal di dimensi Limbo. Bagi yang belum tahu, di edisi sebelumnya Ben Reilly yang sekarang bernama Chasm dan menjadi jahat telah diceritakan berhasil membawa masuk Peter Parker alias Spider-Man ke dalam Limbo. Di dimensi iblis yang dikuasai oleh Goblin Queen ini, Chasm memegang kendali untuk menyiksa Spider-Man dengan kehidupan baru yang semuanya berlawanan dari dunia nyata. Salah satunya dengan mendirikan Daily Bugle versi neraka.

Pada titik inilah Spider-Man bertemu dengan iblis lemah yang terpaksa dia tolong karena diganggu oleh para pegawai iblis Daily Bugle. Siapa sangka ternyata iblis tersebut langsung mengidolakannya dan ingin menjadi superhero versi Limbo, di mana dia memutuskan untuk menggunakan nama Parker-Man dan berjanji akan membela kebenaran di dimensi yang sepenuhnya sudah salah. Pada kemunculan selanjutnya, Parker-Man bahkan terlihat mengenakan baju Spidey dan meminta Chasm untuk menjadikannya superhero. Chasm yang marah langsung ingin menangkapnya, tetapi Parker-Man berhasil kabur.

Tidak menyerah dengan cita-citanya, Parker-Man lantas menemui saudara iblisnya yang merupakan ilmuwan Limbo. Karena saudaranya ini pernah berteman dengan Eddie Brock di komik Venom #13 (2022), dia lantas menggabungkan baju Parker-Man dengan potongan symbiote, yang kemudian melahap Parker-Man dan mengubahnya menjadi varian Spider-Man bertubuh kekar. Pada titik inilah untuk pertama kalinya dia menjadi Rek-Rap, nama yang muncul karena dia ingin seperti Spider-Man tetapi tidak mau menggunakan nama idolanya. Bagi yang belum sadar, Rek-Rap sendiri adalah kebalikan dari nama ‘Parker’.

Jadi Iblis Berkekuatan Symbiote

Meskipun belum dijelaskan secara detail seperti apa kekuatan penuh Rek-Rap, tetapi berdasarkan cita-citanya cukup jelas bahwa dia akan mengadaptasi beberapa gaya superhero Spider-Man, yang justru dia wujudkan melalui kekuatan symbiote Venom. Sebagai iblis, mungkin sejak awal Rek-Rap memang sudah mempunyai beberapa kekuatan dasar seperti mampu menggoda manusia atau berubah menjadi bentuk lain. Dan hal tersebut sepertinya akan makin bertambah kuat ketika dia menjadi Spider-Man berotot yang sudah jelas mempunyai kekuatan fisik super, kekebalan, dan juga stamina super.

Untuk membuatnya tampak lebih keren, Rek-Rap bahkan menggunakan jangkar kapal laut sebagai senjata andalannya. Walaupun tidak sekuat palu kosmik Mjolnir, tetapi bisa kita bayangkan betapa mengerikannya sebuah jangkar besar jika ada di tangan Spider-Man iblis berkekuatan symbiote. Dengan kekuatan barunya ini, sekarang sepertinya Rek-Rap sudah tidak perlu lagi bantuan dari idolanya, karena dia bisa memukul mundur segerombolan iblis jahat dengan kekuatannya sendiri. Sebaliknya, dia justru bisa menjadi kunci untuk menyelamatkan dan mengeluarkan Spider-Man dari dimensi Limbo.

Masa Depan Rek-Rap di Marvel Universe

Di akhir kisahnya, ketika Peter tengah berhadapan dengan tim supervillain iblis Insidious Six yang dibentuk Chasm, Rek-Rap muncul dan menawarkan bantuannya. Karena Insidious Six sendiri sempat disuruh untuk menangkapnya, Rek-Rap lantas berkata kepada Spider-Man, “Insidious Six telah bekerja sama untuk mengalahkan kita! Bagaimana jika sekarang kita memulai pertempuran ini dengan web-whanging (serangan) klasik?” Meskipun kisahnya bersambung dengan adegan yang menggantung, tetapi sepertinya duet mereka bisa mengalahkan Insidious Six dengan mudah.

Walaupun begitu, mungkin akan beda ceritanya jika Chasm muncul di kisah selanjutnya untuk meringkus Spider-Man dan Rek-Rap sekaligus. Apalagi Chasm dikenal sebagai Spider-Man jahat yang spider sense-nya bisa hidup sendiri, sehingga pertahanannya akan sangat sulit untuk ditembus. Yang lebih parahnya lagi, karena saat ini big bad di peristiwa Dark Web adalah Goblin Queen, pertempuran Spider-Man dan Rek-Rap selanjutnya tidaklah mudah. Untuk sekarang, cara terbaik yang bisa Spider-Man lakukan untuk memenangkan pertempuran adalah dengan keluar dari Limbo, dan Rek-Rap bisa menjadi jawabannya.

Itulah pembahasan tentang varian Spider-Man baru yang tidak lain adalah iblis aneh berkekuatan symbiote. Mengingat saat ini banyak penggemar yang mulai menyukai karakternya, bukan tidak mungkin kisah Rek-Rap di Marvel Universe akan lebih panjang dari sekadar membantu Spider-Man di Limbo. Ke depannya dia bisa saja menjadi perwakilan Spider-Man dari Limbo, sama seperti varian manusia laba-laba lain di Spider-Verse.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.