Biasanya, pihak studio rela menggelontorkan anggaran yang besar demi memastikan filmnya berakhir dengan sangat baik. Avatar dan Avatar: The Way of Water menjadi contoh, bagaimana pihak studio menggelontorkan dana masif untuk membuat film tersebut. Dan hasilnya, Avatar dan Avatar: The Way of Water menjadi film paling laris sepanjang masa. Tetapi terkadang film paling mahal sekalipun tidak selalu menghasilkan keuntungan yang sepadan. Ada beberapa film yang dibuat dengan anggaran besar namun gagal total di box office. Apa saja?

King Arthur: The Legend of the Sword

King Arthur: The Legend of the Sword adalah film besar yang rilis di tahun 2017. Awalnya Warner Bros sangat yakin dengan film ini. Bahkan mereka rela menggelontorkan anggaran sebesar $175 juta untuk merampungkan filmnya. Namun ketika filmnya rilis, King Arthur: Legend of the Sword gagal bersinar di box office karena hanya mendapat pendapatan sebesar $150 juta. Melihat kegagalan tersebut, Warner Bros pun berdalih bahwa kegagalan tersebut disebabkan perubahan tim produksi di awal dan akhir filmnya, hingga akhirnya film ini tidak berkembang seperti yang diinginkan.

John Carter

Pada tahun 2012, Disney membuat sebuah film yang sangat ambisius yaitu John Carter. Bagaimana tidak? Disney bersedia menghabiskan anggaran sebesar $264 dolar. Mereka juga tak ragu menghadirkan bintang Hollywood seperti Taylor Kitsch, Willem Dafoe, Mark Strong, Lynn Collins, dan masih banyak lagi. Hebatnya lagi, Disney menunjuk sutradara peraih dua Oscar, Andrew Stanton untuk menyutradarai filmnya. Namun ketika filmnya rilis, John Carter tidak sesuai dengan ekspektasi Disney karena filmnya hanya menghasilkan pendapatan $122 juta, tak sebanding dengan biaya masif yang digelontorkan untuk film ini.

Mars Needs Moms

Setahun sebelum bencana besar yang dialami John Carter, Disney juga mengalami kerugian besar akibat kegagalan film Mars Needs Moms, sebuah film yang diadaptasi dari buku garapan Berkeley Breathed. Untuk membuat film Mars Needs Moms, Disney menghabiskan dana sebesar $150 juta. Sementara itu film ini hanya menghasilkan pendapatan $100 juta. Review film inipun mendapatkan respons beragam dan terpuruk saat perilisannya di akhir pekan. Dan setelah merilis film ini, Disney sempat mengalami masalah finansial. Berutung karena di tahun yang sama, Disney sukses dengan dua film MCU yaitu Thor dan Captain Amica: The First Avengers.

The Lone Rangers

Pada tahun 2013, Disney juga sempat mengalami kerugian yang besar lagi akibat kegagalan film The Lone Rangers. Film tersebut berisikan beberapa aktor besar Hollywood seperti Jerry Bruckheimer, Johnny Depp, dan Gore Verbinski. Namun, nama besar dari ketiga aktor tersebut gagal membawa filmnya berada di puncak box office. Well, pembuatan The Lone Ranger memang mengalami banyak masalah, mulai dari biaya produksi yang meningkat, dan produksi yang nyaris dihentikan meski belum rampung. Dan ketika filmnya rilis, film ini mendapat review negatif dan hanya mendapat keuntungan sebesar $98 juta. Tapi film ini tidak sepenuhnya gagal karena berhasil masuk nominasi Oscar sebagai Best Visual Effects dan Makeup and Hairstyling.

The Adventures of Pluto Nash

Dalam film ini, kita bisa melihat penampilan sang bintang utama, Eddie Murphy. Dia memerankan seorang karakter bernama Pluto Nash, pemilik dari klub malam di tahun 2087. Namun Pluto melarikan diri setelah dia menolak menjual klubnya kepada para mafia. Meskipun filmnya membawa nama besar Eddie Murphy, tetapi The Adventures of Pluto Nash gagal total di box office. Bahkan film ini hanya mendapatkan $7.1 juta dengan anggaran pembuatan yang mencapai $100 juta. Filmnya juga dianggap gagal dari segi cerita, sehingga dianggap karya tergagal dalam sejarah perfilman.

Stealth

Film Steath berkisah tentang Ben Gannon (Josh Lucas), Kara Wade (Jessica Biel), dan Henry Purcell (Jamie Foxx) yang merupakan pilot pesawat tempur terbaik di dunia. Mereka kemudian ditunjuk untuk mempiloti pesawat terbaru bernama F/A-37 Talon. Mereka ditugaskan mengalahkan sebuah pesawat canggih bernama EDI, yang lepas kendali dan membahayakan pilot-pilot lain. Meski menawarkan aksi yang solid, dan tanpa adanya masalah produksi, namun film ini gagal bersaing dengan film-film seperti Wedding Crashers dan Sky High pada saat perilisannya. Dan Stealth hanya mendapatkan pendapatan sebesar $96 juta dengan anggaran pembuatan lebih dari $135 juta.

Cats

Film Cats garapan Tom Hopper menjadi film yang paling banyak dihujat di tahun 2019. Meski filmnya dibintangi oleh sederet nama besar artis Hollywood, namun film ini tak membuat para penonton tertarik. Bagaimana tidak? CGI yang ditawarkan film ini sangat buruk. Menurut para kritikus, wajah sang aktor sangat tidak cocok dipasang pada tubuh kucing. Apalagi kita melihat penampilan kucing yang menggunakan sepatu balet. Bahkan nih Geeks, film Cats sukses menjadi film terburuk di tahun 2019, dan masuk beberapa penghargaan Razzies Award. Film ini menghabiskan biaya produksi lebih dari $100 juta, namun filmnya hanya mendapat $75 juta saja.

Itulah dia Geeks beberapa film dengan anggaran besar yang gagal total di box office. Itu membuktikan bahwa film mahal tidak akan menjamin film tersebut akan sukses. Justru deretan film di atas gagal total dan membuat rugi studio.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/