Sampai sekarang teka-teki tentang kematian Joy Boy di cerita One Piece masih belum terungkap, namun bisa jadi hal tersebut terjadi akibat kutukan dari buah iblis Nika. Dan akibat dari kutukan tersebut juga bisa jadi berakibat fatal atau terjadi juga kepada sang protagonis utama, Monkey D. Luffy, mengingat dia adalah pemilik dari buah iblis Nika saat ini.

Buah iblis Nika merupakan buah iblis terkuat yang diperkenalkan dalam cerita One Piece sejauh ini. Buah iblis tersebut sudah muncul di awal cerita, di mana Eiichiro Oda awalnya memperkenalkan buah iblis tersebut sebagai Gomu Gomu. Namun, di chapter 1045 dalam arc Wano terungkap jika sebenarnya nama aslinya adalah Hito Hito no Mi, Model: Nika.

Misteri Kematian Joy Boy

Buah iblis Gomu Gomu atau Hito Hito no Mi, Model: Nika merupakan salah satu buah iblis yang legendaris dalam cerita One Piece. Ternyata buah iblis ini menjadi incaran utama World Government karena kekuatan dahsyat yang dimiliki oleh buah iblisnya. Selain itu, diketahui juga bahwa buah iblis Nika belum pernah dibangkitkan kekuatannya selama 800 tahun terakhir.

Banyak spekulasi yang kemudian bermunculan di kalangan fans mengenai buah iblis tersebut. Salah satu spekulasi yang banyak bermunculan adalah berkaitan dengan pemilik buah iblis tersebut sebelumnya. Ada yang mengatakan bahwa sebelum dimiliki oleh Luffy, buah iblis tersebut sempat menjadi milik sosok legendaris Joy Boy. Dia dianggap menggunaakn buah iblis tersebut pada masa lalu.

Namun, seperti yang Geeks ketahui, Joy Boy kemudian diceritakan tewas secara misterius. Karena hal ini, dia tidak bisa mewujudkan janjinya terhadap bangsa manusia ikan untuk membawa mereka ke darat. Sampai sekarang, apa yang kemudian menjadi alasan Joy Boy tewas masih jadi misteri. Eiichiro Oda sendiri belum memberikan penjelasan apa pun mengenai kematiannya.

Misteri kematian Joy Boy memunculkan banyak teori yang berkembang di kalangan fans. Misalnya, ada kemungkinan bahwa Joy Boy sebenarnya tewas dalam pertempuran menghadapi 20 kerajaan yang menyerang Kerajaan Kuno. Meskipun masih belum diketahui bagaimana Joy Boy tewas, namun kemungkinan Joy Boy tewas dalam persitiwa pertempuran tersebut.

Ada juga spekulasi lain yang menyebutkan jika Joy Boy mungkin tewas akibat dihabisi oleh Im. Dan inilah yang jadi alasan mengapa kemudian Im bisa berkuasa dan membentuk World Government. Para fans sepertinya masih belum mau berhenti untuk terus mengulik dan menghadirkan teori tentang kematian dari Joy Boy tersebut, di mana salah satu yang lain ada kaitannya buah iblis Nika.

Kutukan Nika

Selain beberapa kemungkinan di atas, yang menarik juga adalah muncul teori yang menyebutkan jika bisa jadi sebenarnya Joy Boy tewas akibat kutukan buah iblis Nika. Apa maksudnya? Bagaimana hal itu bisa terjadi? Seperti yang Geeks ketahui, jika buah iblis Nika adalah buah iblis yang diakui paling kuat di dunia. Bahkan, inilah alasan mengapa World Government mengincarnya selama 800 tahun.

Gorosei sendiri mengakui jika buah iblis Nika memiliki kekuatan yang sangat dahsyat, di mana bisa dianggap jika kekuatannya paling mengerikan di dunia. Dalam teorinya sendiri kemungkinan Joy Boy tewas akibat kedahsyatan dari buah itu. Hal ini bisa kita lihat dari kemunculan berbagai teknik Gear seperti Gear Second yang mengerikan. Hal ini pernah diungkapkan oleh Rob Lucci.

Saat Luffy bertarung menghadapi Rob Lucci, di mana dia menggunakan Gear tersebut untuk mengalahkannya, anggota CP9 tersebut sempat menganalisis kekuatannya. Menurutnya, dengan memompa darah lebih cepat ke jantung akan sangat berbahaya bagi jantung Luffy. Hal tersebut dianggap memiliki efek buruk, yaitu mengurangi nyawa dari si penggunanya.

Belum lagi, ketika Luffy menggunakan awakening seperti yang dia lakukan saat berhadapan dengan Kaido dan juga Rob Lucci di pulau Egghead. Joy Boy juga mungkin pernah menggunakan kekuatan tersebut pada masa lalu sebelum dia tewas. Joy Boy bisa jadi belum mampu atau tidak mampu mengendalikan kekuatannya yang mana kemudian hal ini jadi salah satu alasannya tewas. Jadi, intinya, dengan kekuatan buah iblis Nika yang terlalu dahsyat dianggap menjadi “kutukan” bagi penggunanya seperti sosok Joy Boy.

Luffy Juga Terkena Kutukan Nika?

Setelah Joy Boy, Monkey D. Luffy adalah karakter yang kemudian memiliki atau menggunakan kekuatan buah iblis Nika. Pertanyaannya kemudian apakah Luffy akan juga terkena kutukan dari buah iblis dahsyat tersebut? Untuk saat ini, memang masih belum jelas atau belum diketahui apa yang akan terjadi selanjutnya kepada Luffy. Namun, Luffy nampak mulai bisa mengendalikan kekuatan buah iblisnya.

Meskipun belum pasti, namun bukan hal mustahil kalau Luffy juga bisa kena kutukan buah iblis Nika. Bahkan, ada teori dan hal yang mungkin jadi petunjuk tentang kematian Luffy. Selain bagaimana Luffy menggunakan Gear 2 yang dianggap memperpendek usianya, dia juga sempat beberapa kali mengalami momen yang hampir merenggut nyawanya. Misalnya, ketika di Impel Down.

Kemudian, saat dia terkena racun, hampir tewas di Marineford, dan sebagainya. Semua hal yang Luffy alami tersebut kemungkinan sedikit banyaknya sudah mengurangi nyawa dari Luffy. Kemudian, belum lagi awakening dari Gear 5 sendiri memiliki dampak buruk lainnya. Yaitu Luffy sempat kehabisan stamina dan kekuatan sebelum kemudian dia kembali normal seperti biasa.

Kembali, meskipun bukan sesuatu yang pasti tetapi apa yang sudah Luffy lalui di sepanjang petualangannya, kemudian juga bagaimana dahsyatnya kekuatan Gear 5, bisa jadi Luffy akan mengalami hal yang sama seperti halnya Joy Boy di akhir ceritanya. Luffy akan terkena kutukan dari buah iblis Nika, yaitu kekuatan yang luar biasa dahsyat yang kemudian harus dibayar oleh nyawanya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.