Ada beberapa insiden atau kejadian besar dalam dunia One Piece yang muncul atau terjadi akibat Void Century atau abad yang hilang. Seperti yang Geeks ketahui, Abad Yang Hilang alias Void Century adalah sebuah peristiwa paling besar dalam sejarah di dunia One Piece sekaligus menjadi yang paling misterius. Pasalnya, selama periode tersebut tidak ada catatan sejarah apa pun yang muncul.

Karena itulah, para penduduk tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi pada saat itu. Banyak ilmuwan atau cendikiawan berusaha untuk mengungkap momen bersejarah itu, meskipun kenyataanya sampai sekarang hal itu belum berhasil. Yang menarik adalah ada beberapa insiden besar yang kemudian muncul akibat dari Void Century tersebut. Apa saja?

Perang Besar

The Great War atau perang besar merupakan kejadian yang paling penting selama abad yang hilang berlangsung. Perang besar tersebut membawa perubahan yang cukup berpengaruh terhadap dunia saat ini. Menurut informasinya, Great War merupakan perang antara gabungan atau aliansi dari 20 kerajaan untuk kemudian berusaha menghancurkan satu kerajaan yaitu Ancient Kingdom.

Sampai sekarang, apa yang kemudian menjadi alasan besar 20 kerajaan tersebut bersatu dan berupaya menghancurkan Ancient Kingdom masih jadi misteri. Namun, seperti yang pernah dibahas dalam artikel lain dijelaskan bahwa teknologi canggih dan peradaban modern kemungkinan jadi alasan mereka menyerang Ancient Kingdom. Aliansi 20 kerajaan tersebut beranggapan Ancient Kingdom bisa jadi ancaman kedepannya.

Hancurnya Kerajaan Shandora

Kerajaan Shandoria dibangun sekitar 1100 tahun yang lalu. Kerajaan Shandora tempat tinggal bagi nenek moyang penduduk Shandia. Dalam Great War, Shandora juga ikut dihancurkan oleh aliansi 20 kerajaan yang menghancurkan Ancient Kingdom. Para penduduk Shandia berusaha keras untuk melindungi tempat mereka dan juga Poneglyph yang ada di dalamnya.

Namun, sayangnya mereka tidak cukup kuat menahan gempuran kekuatan gabungan 20 kerajaan tersebut sehingga akhirnya kerajaan tersebut rata dengan tanah. Penduduk Shandia yang tersisa kemudian melanjutkan misi untuk melindungi kerajaan mereka. Mont Blanc Noland diketahui pernah mengunjungi kerajaan ini pada tahun 1122, tapi pada 1127 Shandora dan sebagian Jaya kemudian terlempar ke pulau langit.

Diperkenalkannya Poneglyph

Poneglyph adalah sebuah artefak yang dibuat dari batu yang tidak bisa dihancurkan. Mereka tersebar di seluruh Grand Line dan semua Poneglyph tersebut mengandung informasi penting di dalamnya. Dari Poneglyph yang ada di seluruh Grand Line, ada beberapa tipe Poneglyph yang tercatat dalam seri ini; contohnya Rio Poneglyph yang mengungkapkan tentang abad yang hilang dan juga Road Poneglyph mengungkapkan lokasi dari Laugh Tale.

Karena Poneglyph memiliki banyak sekali informasi penting, dan bisa memberikan ancaman bagi World Government, mempelajari atau mencoba untuk membaca tentang Poneglyph tersebut sangat dilarang oleh World Government. Hanya sedikit orang yang mampu membaca Poneglyph, karena mereka ditulis dalam bahasa khusus. Banyak yang meyakini jika informasi mengenai Void Century ada di Poneglyph terakhir di Laugh Tale.

Munculnya Joy Boy

Joy Boy merupakan salah satu karakter yang masih sangat misterius dalam cerita One Piece. Dia diduga memiliki peran penting pada masa lalu, termasuk sebelum era Abad yang Hilang terjadi. Joy Boy meninggalkan sebuah harta karun yang luar biasa di pulau terakhir, yang kemudian diberi nama Laugh Tale. Joy Boy juga sempat mengunjungi pulau manusia ikan dan membuat kesepakatan dengan Poseidon untuk membawa para penduduknya ke daratan.

Janji yang dilakukan oleh Joy Boy tersebut terjadi 900 tahun yang lalu. Joy Boy dianggap sebagai orang yang hebat, bahkan Gol D Roger pun mengakui hal itu. Sayangnya, Joy Boy gagal untuk mewujudkan janji tersebut. Dia kemudian menuliskan permintaan maafnya di Poneglyph yang sempat ditemukan oleh Robin di pulau manusia ikan. Joy Boy yang baru sendiri kini sudah bangkit, menurut Zunesha, dan sosok tersebut tidak lain adalah Luffy.

Munculnya Pluton

Satu peristiwa besar lainnya yang muncul akibat Void Century adalah terciptanya salah satu Ancient Weapon atau Senjata Kuno, Pluton. Diyakini jika para penduduk Ancient Kingdom memiliki pengetahuan dan teknologi yang luar biasa maju dan canggih. Sehingga, mereka bisa menciptakan senjata yang memiliki daya hancur luar biasa yang kemudian kita kenal sebagai Ancient Weapon.

Pluton adalah salah satunya, selain Poseidon dan Uranus. Pluton diketahui merupakan sebuah kapal laut perang raksasa yang dibangun di Water 7 pada saat itu. Saat ini, Pluton sendiri diketahui masih bersemayam di wilayah Wano dan bukan Alabasta seperti yang banyak orang ketahui sebelumnya. Yang menarik adalah menurut Kozuki Sukiyaki, mengaktifkan Pluton artinya membuka perbatasan Wano.

Diperkenalkannya Robot Kuno Raksasa

Baru-baru ini di arc pulau Egghead Oda Sensei menghadirkan kejutan dengan memperkenalkan para fans sebuah robot kuno raksasa yang sudah usang. Robot kuno tersebut tersimpan di ruangan khusus, bersamaan dengan penemuan Vegapunk yang tidak berjalan normal lainnya. Menurut penjelasan Vegapunk, Robot raksasa tersebut digerakan oleh sumber tenaga yang unik yang masih misterius.

Menurut informasinya, robot kuno raksasa ini diciptakan oleh Ancient Kingdom sekitar 800 tahun yang lalu. Dan pada 200 tahun yang lalu, robot ini pernah digunakan untuk menyerang wilayah Mary Geoise. Namun, karena sumber tenaganya habis robot tersebut kemudian berhasil diamankan dan disimpan untuk kemudian dipelajari lebih lanjut.

Lahirnya World Government

Dari berbagai insiden epik yang muncul akibat peristiwa Void Century, yang paling luar biasa dan berpengaruh dalam cerita One Piece adalah lahirnya atau dibentuknya organisasi World Government. World Government merupakan pemegang otoritas tertinggi dan memiliki kendali penuh atas semua aturan atau apa pun yang berjalan di dunia One Piece.

Organisasi World Government tercipta berkat gabungan dari 20 kerajaan yang bersatu untuk menghancurkan Ancient Kingdom. Setelah berhasil menghancurkan kerajaan tersebut para aliansi kerajaan itu kemudian membentuk World Government dan organisasi ini semakin besar dengan banyaknya kerajaan lain yang bergabung. Hal inilah yang membuat kekuasaan dan kekuatan mereka kuat, dan cenderung tidak tergoyahkan.

Void Century menjadi momen penting dalam sejarah di dunia One Piece. Hal ini terbukti dari munculnya banyak insiden atau peristiwa akibat masa tersebut. Sejauh ini, masih belum banyak informasi yang muncul terkait Void Century yang tentunya membuat para fans penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi pada masa itu. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya pada chapter selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.