Seperti yang kita tahu Kang the Conqueror adalah big bad villain baru MCU yang ke depannya akan lebih sering tampil di Multiverse Saga. Sebagai pemeran Kang di MCU, aktor Jonathan Majors sendiri pernah mengisyaratkan bahwa ada banyak sekali varian Conqueror yang dia perankan nantinya. Walaupun begitu, sejauh ini penggemar mungkin baru mendengar dua varian, yaitu He Who Remains di serial Loki dan Warrior Kang di film Ant-Man 3 mendatang. Menariknya, jarang orang yang tahu bahwa sebenarnya ada satu varian Kang lain yang hampir diperkenalkan di serial Moon Knight, dia adalah Rama-Tut.

Penjelasan Easter Egg Rama-Tut di Moon Knight

Pada tahun lalu, Marvel Studios telah memperkenalkan sosok superhero Marc Spector alias Moon Knight melalui serial solonya yang bercerita tentang pertempurannya dengan villain Arthur Harrow dan dewi Mesir Kuno Ammit. Terlepas dari premis utamanya yang sudah cukup menarik untuk disaksikan, Moon Knight episode 3 yang berjudul ‘The Friendly Type’ sebenarnya sempat memperlihatkan easter egg yang berhubungan dengan varian Kang, Rama-Tut. Pada saat itu Marc diceritakan harus berhadapan dengan sejumlah pengikut Arthur di Kairo, yang salah satunya mengenakan jaket bergambar mahkota firaun.

Lebih spesifik lagi, gambar mahkota firaun tersebut terlihat diberi warna hijau dan ungu yang sangat identik dengan warna khas Kang the Conqeror. Menanggapi spekulasi di kalangan penggemar, pada bulan Mei 2022 kepala penulis Moon Knight bahkan mengaku bahwa tadinya varian Kang yang bernama Rama-Tut memang akan disinggung di serialnya. “Saya pikir Steven pernah menyebutkan nama Rama-Tut. Saya tidak ingat apakah adegannya jadi ditayangkan di serialnya atau tidak. Itu terjadi ketika Steven (alter ego lain dari Marc) menyebutkan daftar para firaun terkenal,” ungkap Slater kepada The Direct.

Meskipun penyebutan nama Rama-Tut tersebut tidak jadi ditampilkan di serialnya, tetapi easter egg mahkota firaunnya tetap dimunculkan dan sempat memicu spekulasi tentang upaya varian Kang yang sudah mencoba menguasai MCU sejak Zama Mesir kuno. Jika sejak awal Rama-Tut memang akan diperkenalkan di serial Moon Knight, artinya selain He Who Remains dan Warrior Kang, dia adalah varian lain yang perlu diwaspadai sepak terjangnya, begitu juga dengan potensi kemunculannya pada kisah MCU mendatang.

Asal-Usul Rama-Tut di Marvel Universe

Di Marvel Comics sendiri Rama-Tut merupakan nama samaran pertama yang dipakai oleh Natahaniel Richards alias Kang, ketika dia melakukan perjalanan waktu ke zaman Mesir Kuno di komik Fantastic Four #19 (1963). Untuk pertama kali dalam sejarah Marvel, varian Kang ini muncul sebagai sosok Conqueror alias Penakluk zaman Mesir Kuno, hanya karena dia menemukan mesin waktu serta bosan dengan zamannya sendiri yang berada pada abad ke-31. Setibanya pada masa lalu, Rama-Tut langsung mengubah tampilan mesin waktunya menyerupai patung Sphinx agar lebih selaras dengan zaman firaun tersebut.

Meskipun belum mempunyai banyak pengalaman, tetapi varian Kang yang jadi easter egg di Moon Knight ini sudah dibekali dengan kemampuan dan persenjataan canggih dari masa depan. Di mana dia dikenal sebagai firaun yang mempunyai kecerdasan superior, kemahiran dalam ilmu politik, serta hebat dalam pertarungan tangan kosong. Sedangkan untuk senjata yang sempat dia bawa pada petualangan pertamanya, di antaranya adalah generator perisai anti-materi, penguat medan elektromagnetik, peluncur rudal neutrino-ray, generator listrik yang dapat melumpuhkan musuh, dan penembak molekul plasma.

Singkat cerita, dengan memanfaatkan teknologi dan persenjataan canggihnya, Rama-Tut langsung berhasil menjadi firaun yang dipuja bagaikan dewa oleh para pengikutnya. Kesenangan dan kekuasaannya ini mulai goyah ketika keluarga super Fantastic Four tiba-tiba muncul pada zaman Mesir Kuno melalui time stream. Meskipun awalnya sempat dijadikan budak, tetapi Fantastic Four berhasil menggulingkan tirani firaun Rama-Tut dan membuatnya bergegas kembali ke zamannya. Dari titik ini Rama-Tut mengganti namanya menjadi Scarlet Centurion sampai akhirnya menjadi Kang the Conqueror seperti sekarang.

Potensi Kemunculan Rama-Tut Pada Masa Depan MCU

Mengingat betapa pentingnya alter ego Rama-Tut dalam sejarah Kang the Conqueror di komik, bukan tidak mungkin hal serupa juga akan terjadi pada masa depan MCU. Setelah namanya sempat hampir disinggung di serial Moon Knight, mungkin saja varian Kang ini akan muncul kembali sebagai antagonis di season keduanya nanti. Sampai hari ini Marvel Studios memang belum mengonfirmasi kelanjutan serialnya, tetapi berdasarkan rumor beredar mengklaim bahwa saat ini Moon Knight Season 2 tengah dipersiapkan untuk tayang di Disney+ sebelum film Avengers: The Kang Dynasty dan Secret Wars.

Dugaan lainnya, bukan tidak mungkin sosok Rama-Tut akan menampakan diri sebagai villain utama di film Fantastic Four mendatang. Apalagi sebelumnya santer dibicarakan bahwa lawan pertama Fantastic Four di MCU bukanlah Doctor Doom seperti yang sempat dispekulasikan oleh penggemar. Jika bukan Doom, Rama-Tut adalah salah satu kandidat terkuat yang dapat mengisi posisi antagonis di film yang sudah sangat diantisipasi tersebut. Untuk kisahnya mungkin bisa mengadaptasi pertemuan pertama antara Rama-Tut dan Fantastic Four di komik, tentunya dengan beberapa penyesuaian agar lebih menarik.

Itulah pembahasan tentang sosok Rama-Tut, varian pertama Kang yang hampir muncul di serial Moon Knight dan berpotensi comeback pada masa depan MCU. Bagaimana menurut kalian dengan potensi kemunculan Kang di Moon Knight Season 2 atau Fantastic Four ini, Geeks? Jika teorinya benar, bukan tidak mungkin juga Rama-Tut akan membuat film Avengers: The Kang Dynasty mendatang makin meriah. Kita ihat saja nanti kebenarannya di film Fantastic Four yang akan tayang pada 14 Februari 2025 dan The Kang Dynasty pada 2 Mei 2025.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.