Petualangan Black Widow di Marvel Cinematic Universe mungkin sudah berakhir, tetapi sampai hari ini sosoknya masih ada di hati banyak penggemar yang mengidolakannya. Terakhir kali karakter Marvel yang diperankan oleh aktris Scarlett Johansson ini terlihat adalah di film solonya yang berjudul Black Widow (2021). Meskipun filmnya sudah ditayangkan dua tahun lalu, tetapi sebuah gambar konsep terkait karakternya mengungkapkan bahwa pada saat itu Black Widow hampir tampil dengan rambut pendek.

Berbeda dengan film MCU pada umumnya, meskipun tayang pada awal Fase 4 MCU, tetapi Black Widow sendiri bercerita tentang peristiwa sebelum akhir Fase 3 atau Infinity Saga. Di mana Natasha Romanoff alias Black Widow dari Johansson kembali bertemu dengan keluarga mata-matanya untuk melakukan sebuah misi penting, yaitu menghentikan Red Room atau Black Widow program yang ternyata masih eksis pada masa modern. Tadinya di film yang berlangsung sebelum kejadian Infinity Wars (2018), Black Widow hampir mempunyai penampilan yang lebih fresh dengan rambut pendek berwarna merah menyala.

Desain Black Widow berambut pendek yang akhirnya tidak jadi ditampilkan di filmnya ini pertama kali terungkap melalui buku Marvel’s Black Widow: The Art of the Movie. Selain memperlihatkan banyak gambar konsep Black Widow yang ditolak oleh Marvel Studios, bukunya juga menampilkan sejumlah kutipan dari Director of Visual Development Andy Park yang telah mengerjakan kostum sang mata-mata kesayangan penggemar ini sejak film The Avengers (2012).

Pada tahap pengembangan awal, Park mengungkapkan bahwa dia mengambil banyak inspirasi dari komik tahun 80-an yang dipopulerkan oleh Frank Miller. Park, khususnya gaya rambut dan kostum Black Widow di Uncanny X-Men #268. Lebih lanjut lagi Park juga mengatakan “Saya pikir itu bisa sangat keren… pada garis [di kostumnya], saya juga memasukkan motif samar laba-laba Black Widow.”

Jika kalian perhatikan gambar konsep Black Widow dengan rambut pendek ini, pada bagian perut sang superheroin memang terlihat ada delapan garis memanjang yang sekilas tampak seperti kaki laba-laba. Meskipun sangat disayangkan desain ini tidak jadi ditampilkan di filmnya, tetapi bisa dibilang desain akhirnya justru sudah cukup sesuai dengan film yang menawarkan tampilan lebih kelam dari MCU pada umumnya. Bagaimana menurut kalian dengan desain ini, Geeks? Bagi yang belum menontonnya, film Black Widow sendiri sudah tersedia di saluran streaming Disney+.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.