Dark Dimension mungkin memiliki koneksi yang mendalam dengan berbagai multiverse yang ada di Marvel Cinematic Universe. Bahkan, ada kemungkinan jika Dark Dimension memiliki peran penting dengan alur cerita yang akan datang di jagat sinematik tersebut. Marvel Cinematic Universe merupakan sebuah tempat yang besar dan luar biasa sekaligus misterius yang masih terus berkembang sampai sekarang.

Diperkenalkan lebih dari satu dekade lalu, universe utama dari para karakter Marvel di layar lebar ini sudah tumbuh dengan menghadirkan banyak sekali multiverse. Dan hal itu memunculkan berbagai kemungkinan yang tiada akhir, termasuk juga berbagai ancaman. Salah satu dimensi atau universe yang diperkenalkan di MCU adalah Dark Dimension. Meskipun dikenal sebagai universe yang mengerikan, diduga Dark Dimension memiliki koneksi dengan multiverse di MCU.

Koneksi Dark Dimension dan Multiverse

Dalam film Doctor Strange, Ancient One sempat memperkenalkan kepada Stephen Strange sebuah dunia atau universe alternatif seperti Mirror Dimension dan juga Dark Dimension. Karakter tersebut sempat memberikan peringatan saat menjelaskan Dark Dimension, bahwa universe tersebut adalah salah satu tempat yang paling mengerikan di seluruh multiverse. Karena, di sanalah tempat Domamu bersemayam dan banyak rahasia serta hal mengerikan lainnya.

Lalu, bagaimana kemudian Dark Dimension bisa memiliki koneksi dengan multiverse? Ketika Strange Sampai sejauh ini, Marvel Studios masih belum memberikan banyak informasi mengenai asal-usul Dark Dimension. Namun, terdapat spekulasi jika Dark Dimension merupakan hasil dari Multiversal War atau Perang Multiverse yang terjadi sebelumnya. Hal ini bisa dilihat dari beberapa bukti atau petunjuk yang ada.

Misalnya, ketika Strange berada di Dark Dimension, kita bisa melihat dunia yang dipenuhi dengan awan gelap dan memiliki bentuk yang unik, berbagai pecahan material yang mengambang di udara, dan nampak reruntuhan dari asteroid dan berbagai planet juga bertebaran di mana-mana. Semuanya benar-benar tidak beraturan, yang mana hal ini wajar mengingat Dormamu merupakan penguasa di dimensi tersebut.

Dormamu merupakan sebuah makhluk kegelapan yang mengerikan yang diduga tidak memiliki batas kekuatan. Dia mengendalikan semua hal di alam tersebut, termasuk berbagai benda tidak bertaruan di sana. Dark Dimension memang nampak berbeda dari dunia yang dikenal banyak orang, namun bisa jadi Dark Dimension adalah hasil dari apa yang terjadi sebelumnya di multiverse MCU.

Dari informasi yang sudah dihadirkan sejauh ini, multiverse adalah sesuatu yang akan selalu ada dan terus ada terlepas dari berapa kali dan berapa banyak perang multiverse muncul dan menghancurkan multiverse itu sendiri. Tidak diketahui sudah berapa banyak perang multiverse terjadi. Namun, kemungkinan Dark Dimension merupakan produk atau hasil dari berbagai perang tersebut yang mana hal inilah yang membuat dimensi ini terlihat seperti pembuangan sampah di luar angkasa.

Jika kemudian memang demikian, hal tersebut bisa jadi alasan mengapa kemudian Dormamu bisa memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Berbagai benda atau reruntuhan yang mengambang di Dark Dimension kemungkinan mengandung energi dan kekuatan dari universe lain yang hancur akibat perang tersebut. Dan benda-benda itu menjadi bahan bakar atau sumber energi bagi Dark Dimension.

Para Penyihir Tahu Sejak Lama

Multiverse memang adalah sesuatu yang relatif baru di MCU. Konsep multiverse kemungkinan pertama kali lahir atau diperkenalkan di akhir musim perdana TV series Loki. Namun, dalam film Doctor Strange, Wong dan Ancient sudah pernah berbicara atau menjelaskan tentang multiverse dan sudah sering multiverse tersebut muncul dalam cerita.

Meskipun Dark Dimension menjadi salah satu dimensi atau universe yang memang pernah dijelaskan oleh Ancient One dan dimanfaatkan kekuatannya, namun para penyihir sendiri mungkin sudah tahu sejak lama bahwa ada banyak universe lain atau universe alternatif selain di tempat mereka tinggal sekarang. Pengetahuan ini bisa jadi muncul berkat berbagai teks kuno atau berbagai sumber pengetahuan lainnya.

Selain mereka sadar dan tahu bahwa ada dimensi atau universe lain sejak lama, para penyihir juga bisa jadi sejak lama mengetahui tentang adanya Multiversal War atau Perang Multiverse yang bisa jadi lebih dari sekali terjadinya. Dalam film Doctor Strange in the Multiverse of Madness kita diperkenalkan dengan sosok Clea, karakter baru yang berasal dari Dark Dimension.

Dalam cerita komiknya, dia merupakan sepupu dari Dormamu. Di film Doctor Strange 2 dia sengaja pergi menemui Strange karena dia tahu tentang peristiwa Inkuris yang akan terjadi. Dia ingin Strange memperbaiki kesalahannya. Clea kemungkinan tahu sejarah dan asal-usul dari Dark Dimension, yang mana ini bisa jadi kesempatan bagi MCU untuk mulai menghadirkan cerita awal mula terbentuknya dimensi mengerikan itu. Dan yang paling penting juga adalah Clea mungkin bisa menjelaskan koneksi Dark Dimension dengan multiverse di MCU.

Doctor Strange Akan Hancurkan Seluruh Universe

Meskipun Clea meminta Stephen Strange untuk memperbaikin Inkursi akibat apa yang sudah dia lakukan sebelumnya, namun di sisi lain, hal ini juga bisa jadi penyebab hancurnya seluruh universe. Dalam alur cerita Secret War di komiknya yang rilis pada 2015, Illuminiati – kelompok pahlawan rahasia yang sudah diperkenalkan di film Doctor Strange 2 – menyadari bahwa untuk mencegah sebuah Inkursi maka mereka perlu menghancurkan salah satu universe yang terlibat dalam peristiwa itu.

Yang menarik, Marvel Studios berencana akan menghadirkan alur cerita Secret Wars yang kemungkinan akan terwujud di akhir Phase 6 atau di akhir Multiverse Saga. Ini artinya mereka bisa saja menghadirkan setting cerita yang sama dengan apa yang terjadi di komiknya pada tahun 2015. Dan salah satu caranya adalah Strange mungkin akan menghancurkan berbagai universe dark Dark Dimension yang kemudian jadi jalan untuk cerita Avengers: Secret Wars.

Kemudian, pasca filmnya, kita mungkin akan melihat berbagai “pocket universe” yang muncul di MCU sesuai dengan cerita di komiknya. Misalnya, New Xandar, Deadland, dan Perfection. Dan berbagai “pocket universe” tersebut dikumpulkan di satu dunia yang kemudian dikenal dengan nama Battleworld. Jadi, pada intinya, Doctor Strange selain bisa jadi penyelamat seluruh alam raya dia juga bisa jadi penyebab kehancuran seluruh alam raya di Marvel Cinematic Universe.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.