Saat ini bisa dibilang logam terkuat di Marvel Cinematic Universe adalah vibranium yang hanya dimiliki oleh negara Wakanda dan kerajaan bawah laut Talokan. Kemudian dalam waktu dekat ini Wolverine dari aktor Hugh Jackman juga kemungkinan besar akan memperkenalkan adamantium melalui tulang dan cakarnya di film Deadpool 3 mendatang. Namun tahukah kalian, Geeks, bahwa di mitologi Marvel sendiri sebenarnya ada yang terkenal lebih kuat serta lebih berharga dari vibranium dan adamantium. Logam tersebut dinamakan mysterium, yang dalam waktu dekat ini berpotensi muncul di Fase 5 MCU!

Logam Baru yang ‘Menguasai’ Marvel

Sebelum masuk ke teori kemunculan mysterium di MCU, mari kita bahas terlebih dahulu bagaimana Marvel memperkenalkan logam paling berharga ini di komik. Pertama kali diceritakan di komik S.W.O.R.D. Vol. 2 #1 (2020), kemunculan mysterium sendiri tidak lepas dari upaya alien mutant Abigail Brand yang terkenal sebagai pemimpin organisasi SWORD. Meskipun awalnya didirikan sebagai cabang SHIELD untuk menangani masalah luar angkasa, sekarang SWORD justru berada dalam pengawasan pemerintahan mutant Krakoa yang bermarkas di planet Mars alias Arakko.

Demi memajukan pemerintahan Krakoa yang telah membesarkan namanya, Abigail lantas berinisiatif untuk menjadikan mysterium sebagai nilai tukar baru. Upaya pertama yang dia lakukan adalah dengan membentuk tim mutant Six bersama Magneto untuk menambang mysterium di White Hot Room yang lokasinya berada di luar realitas alam semesta. Bersama tim mutant Six, Abigail berhasil mengumpulkan mysterium dalam jumlah yang sangat besar, di mana dia kemudian menyimpannya di Krakoa sebagai bagian dari Hellfire Gala, pesta besar untuk memperkenalkan pemerintahan baru mutant pada seluruh galaksi.

Saat Hellfire Gala berlangsung di planet Arakko, Abigail dan para agen SWORD mulai mengungkap sekaligus menunjukan kehebatan mysterium kepada para tamu Galactic Council. Dia berjanji akan langsung memberikan 100 ton mysterium kepada para anggota Galactic Council yang mau mengakui Arakko sebagai pusat tata surya baru serta menyetujui mysterium sebagai nilai tukar baru yang disebut Sol. Semua anggota Galactic Council kecuali Kerajaan Galaksi Wakanda, menerima penawaran Abigail tersebut. Pada titik inilah mysterium menjadi logam paling berharga di Marvel Universe.

Sekuat Adamantium, Tetapi Lebih Sakti

Selain berharga karena menjadi salah satu nilai tukar di Marvel Univese, logam mysterium yang bisa diadaptasi di MCU ini juga dikenal mempunyai ketahanan sekuat adamantium. Di mana adamantium sendiri dikenal sebagai logam terkuat Bumi yang tingkatannya berada di atas vibranium. Bedanya dengan adamantium, mysterium ternyata memiliki sifat magis yang memungkinkan penggunanya kebal terhadap kekuatan sihir apa pun. Keunggulan inilah yang akhirnya membuat banyak anggota Galactic Council tertarik, karena mysterium mempunyai kapabilitas yang lebih banyak dan beragam dari logam lain.

Selain kuat dan sakti, mysterium juga bisa dimanfaatkan sebagai konduktor listrik yang sangat efisien. Tingkat efisiensinya bahkan nyaris menyentuh 100% yang artinya listrik yang mengalir pada mysterium di titik akhir akan sama besarnya dengan listrik pusat. Yang lebih hebatnya lagi, mysterium juga digadang-gadang anti radiasi dan mempunyai sifat magnetif yang cukup kuat. Namun, terlepas dari semua sifatnya yang tidak dimiliki oleh logam lain, mysterium bisa dibilang sangat langka karena tidak banyak orang yang bisa dan berani mengakses White Hot Room selain para mutant.

Masa Depan Mysterium di MCU

Setelah mengetahui asal-usul dan kekuatan mysterium, sekarang pertanyaannya bagaimana cara logam langka sekaligus berharga ini bisa diperkenalkan di MCU. Mengingat kisah Hellfire Gala terlalu cepat untuk MCU, Marvel bisa memperkenalkan logamnya lebih dahulu bersamaan dengan debut karakter Abigail Brand di serial Secret Invasion mendatang. Di serial tentang invasi alien Skrull tersebut, karakter Abigail Brand memang sudah dikonfirmasi akan diperankan oleh bintang Game of Thrones, Emilia Clarke.

Mengingat mysterium sangat erat hubungannya dengan karakter Abigail, bukan tidak mungkin kemunculan karakternya di MCU akan memperkenalkan eksistensi mysterium kepada penggemar. Di mana asal-usul dari logam ini mungkin akan mendapatkan sedikit penyesuaian, tetapi dengan keunggulan yang tetap sama. Misalnya dengan menceritakan bahwa mysterium dibawa oleh alien Skrull dari luar angkasa sebagai katalis energi untuk peralatan dan pesawat luar angkasa mereka. Dengan begitu status mysterium di MCU bisa tetap langka dan berharga seperti di komiknya.

Itulah pembahasan tentang asal-usul dan kekuatan mysterium di Marvel Comics, yang tidak menutup kemungkinan akan diadaptasi juga di MCU. Terlepas dari kebenaran teorinya, sebenarnya akan sangat menarik jika di MCU terdapat logam lain yang bisa menandingi kekuatan dan popularitas vibranium Wakanda atau Talokan. Dan mysterium sendiri adalah logam yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut. Bagaimana menurut kalian. Geeks? Kita lihat saja nanti kebenarannya di serial Secret Invasion yang rencananya akan tayang pada tahun ini.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.