Sudah menjadi rahasia umum bahwa MCU dikenal sebagai jagat sinema superhero yang selalu berusaha menutup rapat perkembangan proyeknya. Hal itu mereka lakukan demi menghindari spoiler sebelum semuanya benar-benar dirilis, termasuk jajaran karakter baru yang akan segera melakukan debut MCU-nya pada tahun ini. Walaupun antagonis dari tayangan seperti film The Marvels dan serial Loki masih belum terungkap, tetapi ada sejumlah superhero dan supervillain baru yang justru telah terkonfirmasi. Berikut ini para karakter baru MCU yang akan memulai debutnya pada tahun 2023!

Kang the Conqueror – Ant-Man and the Wasp Quantumania

Karakter baru MCU yang sudah dipastikan akan segera melakukan debutnya pada tahun 2023 ini adalah Kang the Conqueror dari aktor Jonathan Majors. Meskipun sebelumnya varian He Who Remains dari Majors sudah menampakkan diri di serial Loki (2021), Kang yang akan jadi antagonis di film Ant-Man and the Wasp Quantumania ini merupakan karakter yang bisa dibilang sepenuhnya baru. Berdasarkan promosi dan trailer yang telah dibagikan kepada penggemar, varian big bad villain inilah yang kemungkinan besar akan mendirikan dinasti baru di Multiverse Saga. Di mana dia memulai semuanya dari Quantum Realm dengan pasukan masif, markas besar, dan juga peralatan yang sangat canggih.

Stature – Ant-Man and the Wasp Quantumania

Jika tadi varian Kang muncul dengan nama baru, Cassie Lang yang juga dipastikan akan memainkan peran penting di film Quantumania, justru hadir dengan pemeran yang sepenuhnya baru. Di filmnya ini aktris Kathryn Newton mendapatkan kesempatan untuk melakukan debut MCU-nya sebagai Cassie, anak Scott Lang (Paul Rudd) yang sebelumnya diperankan oleh Emma Fuhrmann. Dari trailernya terungkap bahwa Cassie untuk pertama kalinya akan mengenakan kostum Pym Particle berwarna ungu. Itu artinya kemungkinan besar dia akan melakukan debut superheronya sebagai Stature seperti di komiknya.

MODOK – Ant-Man and the Wasp Quantumania

Selain Kang the Conqueror, film Quantumania juga terkonfirmasi akan menghadirkan supervillain lain bernama MODOK. Sebagai karakter baru yang akan melakukan debutnya pada tahun 2023, MODOK versi MCU ini sepertinya ada hubungannya dengan karakter Darren Cross (Corey Stoll) alias Yellowjacket, yang sebelumnya diceritakan masuk secara paksa ke dalam Quantum Realm di ending film pertama Ant-Man. Dengan tubuh semi-sibernetik, MODOK akan muncul sebagai villain aneh berwajah besar. Namun, di balik semua keanehannya, dia justru dibekali dengan teknologi canggih yang mematikan.

Krylar – Ant-Man and the Wasp Quantumania

Masih dengan film Ant-Man and the Wasp Quantumania, karakter MCU berikutnya yang sudah pasti akan muncul saat filmnya dirilis pada Februari 2023 nanti adalah Lord Krylar yang diperankan oleh aktor veteran Bill Murray. Sejauh ini masih belum diketahui akan sejauh mana peran Krylar di filmnya nanti, yang jelas dia bertindak sebagai gubernur komunitas mewah Axia di Quantum Realm, dan tampaknya dia juga mempunyai sejarah dengan istri Hank Pym (Michael Douglas), Janet van Dyne (Michelle Pfeiffer), yang sebelumnya sempat terjebak di dimensi mini tersebut.

Jentorra – Ant-Man and the Wasp Quantumania

Selain Krylar, Jentorra adalah karakter baru MCU yang akan melakukan debutnya pada tahun 2023 di film Quantumania nanti. Karakternya yang diperankan oleh aktris Katy O’Brian ini digambarkan sebagai sebagai seorang pejuang kemerdekaan yang mencoba melawan ketidakadilan di Quantum Realm, khususnya yang disebabkan oleh Kang. Di Marvel Comics sendiri karakter Jentorra merupakan penyihir Quantum Realm yang sering diceritakan berusaha melindungi dunianya bersama tim superhero Micronauts. Kemunculan Jentorra di MCU ini seakan-akan mengisyaratkan debut dari tim superheronya juga.

Quaz – Ant-Man and the Wasp Quantumania

Setelah sempat membuat banyak penggemar penasaran, akhirnya terungkap bahwa karakter yang akan diperankan oleh aktor William Jackson Harper di Quantumania nanti adalah Quaz. Menurut deskripsi karakternya, Quaz sendiri merupakan ahli telepati yang tinggal di Quantum Realm. Namun, tidak sedikit juga penggemar yang berpekulasi bahwa nama Quaz adalah kependekan dari Quasar, superhero kosmik yang terkenal sangat kuat di Marvel Universe. Kita lihat saja nanti seperti apa kebenarannya ya, Geeks.

Adam Warlock – Guardians of the Galaxy Vol. 3

Dari film Quantumania, sekarang kita beralih ke film MCU lain yang sudah sangat diantisipasi oleh para penggemar, yaitu Guardians of the Galaxy Vol. 3. Film MCU yang akan tayang pada bulan Mei 2023 ini akan menghadirkan karakter kosmik baru yang tidak lain adalah Adam Warlock. Karakter yang namanya sempat disinggung di ending GOTG 2 ini akhirnya dipastikan akan diperankan oleh aktor Will Poulter. Menurut sutradara GOTG 3 James Gunn, Adam yang debut di filmnya ini merupakan versi bayi yang memang dia persiapkan untuk masa depan MCU setelah trilogi Guardians of the Galaxy berakhir.

High Evolutionary – Guardians of the Galaxy Vol. 3

Adam Warlock bukan hanya satu-satunya wajah baru MCU di Guardians of the Galaxy Vol. 3, karena pada tahun 2023 ini High Evolutionary dari aktor Chukwudi Iwuji juga akan melakukan debutnya sebagai supervillain utama di filmnya nanti. Karakter yang mempunyai nama asli Herbert Edgar Wyndham ini dikenal sebagai ilmuwan gila yang berambisi pada evolusi manusia. Dalam prosesnya dia sampai melakukan banyak eksperimen kepada hewan untuk mengubah mereka menjadi mahluk humanoid di planetnya sendiri, Counter-Earth. Hal ini jugalah yang sepertinya membuat para Guardians marah, karena kemungkinan besar ekperimennya telah menyakiti Rocket Racoon.

Lylla – Guardians of the Galaxy Vol. 3

Meskipun hanya terlihat sekilas di trailer Guardians of the Galaxy Vol. 3, tetapi cukup jelas bahwa filmnya akan menghadirkan sahabat Rocket Racoon (Bradley Cooper) yang bernama Lylla. Sama seperti di komiknya, Lylla digambarkan sebagai seekor berang-berang yang mempunyai kedekatan khusus dengan Rocket, dan sepertinya dia akan memainkan peran penting dalam kisah Rocket di GOTG 3 nanti. Yang lebih menariknya lagi, karakter Lylla ini akan suaranya akan diisi oleh ikon musik pop, Lady Gaga.

Gravik – Secret Invasion

Di serial Secret Invasion yang akan tayang pada tahun 2023 ini, MCU akan menghadirkan karakter baru yang diperankan oleh aktor Kingsley Ben-Adir, yaitu Gravik. Mengingat serialnya akan bercerita tentang invasi alien Skrull, untuk saat ini masih belum diketahui seperti apa peran karakter original MCU ini. Berdasarkan deskripsi karakternya Gravik merupakan pemimpin dari kelompok pemberontak Skrull. Namun masih belum jelas apakah dia akan bersekutu dengan Nick Fury (Samuel L. Jackson) atau justru malah menjadi ancaman bagi Bumi.

Abigail Brand – Secret Invasion

Selain Kingsley Ben-Adir, serial Secret Invasion juga akan menghadirkan aktris Emilia Clarke sebagai karakter bernama Abigail Brand. Di komiknya, Brand adalah manusia setengah alien sekaligus pemimpin SWORD, agensi mirip SHIELD versi luar angkasa yang telah diperkenalkan juga di serial MCU WandaVision. Brand terkenal sebagai karakter yang tidak bisa ditebak dan cenderung aneh, mirip seperti Nick Fury. Sepertinya akan sangat menarik melihat bagaimana dinamika antara karakternya dan Nick Fury di serial Secret Invasion nanti.

Sonya Falsworth – Secret Invasion

Untuk menghadapi ancaman dari alien Skrull jahat, tentunya Nick Fury akan membutuhkan semua bantuan dari para sekutunya. Salah satunya yang sudah dipastikan akan muncul di serial Secret Invasion adalah Special Agent Sonya Falsworth, teman lama Fury yang diperankan oleh aktris pemenang Oscar Olivia Colman. Sama seperti Gravik, Sonya adalah karakter original yang baru akan diperkenalkan di MCU pada tahun 2023 ini. Serial Secret Invasion sendiri diharapkan untuk tayang di saluran streaming Disney+ pada tahun ini.

The Hood – Ironheart

Sebagai serial MCU yang dijadwalkan untuk tayang pada tahun ini, Ironheart digadang-gadang akan menghadirkan pertempuran epik antara mesin vs sihir. Di mana Riri Williams alias Ironheart (Dominique Thorne), yang akhir tahun lalu debut di film Black Panther Wakanda Forever, akan berhadapan dengan villain baru MCU yang dikenal sebagai The Hood. Karakter baru MCU yang akan segera menampakan dirinya pada tahun 2023 ini dikenal oleh penggemar komik sebagai mantan pencuri yang akhirnya mendapatkan kekuatan super setelah mencuri jubah dan sepatu boot iblis. Kemunculan villain yang diperankan oleh aktor Anthony Ramos ini sepertinya akan membuat serial makin unik.

Itulah para karakter baru MCU yang akan melakukan debutnya pada tahun 2023 ini. Meskipun kedepannya mungkin akan ada lebih banyak lagi nama yang terungkap, tetapi para karakter ini sebenarnya sudah cukup untuk membuktikan bahwa awal Fase 5 MCU ini akan jauh lebih meriah dari sebelumnya. Khususnya dengan kehadiran karakter besar yang memang dipersiapkan untuk lebih sering muncul pada masa depan MCU. Dari semua karakter ini mana yang paling kalian tunggu, Geeks? Kita lihat saja nanti seperti apa penampilan mereka.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.