Arc pulau Egghead berhasil mengungkapkan berbagai misteri besar yang jadi pertanyaan para fans dari series One Piece. Seperti yang Geeks ketahui, Egghead merupakan arc terbaru sekaligus arc awal di bagian akhir cerita One Piece. Ini merupakan cerita selanjutnya setelah arc Wano berlangsung selama kurang lebih empat tahun, yang jadi arc terpanjang di sepanjang seriesnya.

Arc pulau Egghead sendiri masih berjalan sampai sekarang dan banyak hal-hal baru dan menarik yang muncul di sepanjang ceritanya sejauh ini. Namun, yang paling menyita perhatian adalah bagaimana banyak sekali misteri besar di seriesnya yang akhirnya terungkap di arc ini. Lalu, apa saja misteri besar yang sudah terungkap di arc Egghead?

Hubungan Bonney dan Kuma

Jewelry Bonney merupakan salah satu anggota dari Worst Generation, seperti halnya Luffy, Kid, dan Law. Bonney sendiri memiliki banyak misteri sejak pertama kali diperkenalkan, mulai dari kekuatan buah iblisnya sampai asal-usulnya. Berbicara mengenai asal-usul Bonney, Oda menghadirkan petunjuk tentang bagaimana Bonney memiliki koneksi mendalam terhadap sosok Bartholomew Kuma.

Setelah banyak spekulasi dan teori yang muncul di kalangan fans, akhirnya pada chapter 1064 kemarin misteri tersebut terungkap. Menurut chapternya, Kuma ternyata ayah dari Bonney. Bonney sengaja pergi ke pulau Egghead untuk membalas dendam terhadap Vegapunk atas apa yang dia lakukan terhadap Kuma, dengan membuatnya menjadi robot tanpa perasaan.

Hubungan Dragon dan Vegapunk

Banyak fans yang berspekulasi tentang sosok Vegapunk yang dianggap memiliki hubungan dengan dengan ayah dari Luffy sekaligus pemimpin Pasukan Revolusi, Monkey D. Dragon. Dan spekulasi mereka ternyata terbukti di chapter 1072. Dalam sebuah momen kilas balik diperlihatkan bagaimana Dragon dan Vegapunk berada di Ohara, pasca peristiwa Buster Call.

Dalam kilas balik itu terungkap jika Dragon dan Vegapunk sudah saling mengenal sejak lama. Bahkan, di chapter sebelumnya juga diperlihatkan bagaimana Shaka, salah satu satelit Vegapunk, menghubungi Dragon dan meminta bantuannya karena dia tahu nyawanya dalam bahaya. Saat ini, para fans masih menantikan apa yang akan terjadi kepada mereka berdua.

Jaguar D. Saul Masih Hidup

Masih berkaitan dengan peristiwa yang terjadi di Ohara, ternyata sosok Saul yang diduga selama ini sudah tewas ternyata masih hidup. Tragedi Ohara merupakan salah satu peristiwa yang tragis dan mengerikan di sepanjang cerita One Piece. Pihak World Government tega untuk menghabisi seluruh ilmuwan dan cendikiawan karena mempelajari tentang Poneglyph yang berisi sejarah masa lalu.

Dalam peristiwa Buster Call, Saul mengorbankan diri untuk melindungi Nico Robin agar dia bisa kabur. Saat itu, nampak Aokiji membekukan mantan angkatan laut tersebut yang memunculkan spekulasi jika Saul sebenarnya masih hidup. Di chapter 1072, dalam kilas balik Vegapunk di Ohara diketahui jika ternyata memang benar Saul masih hidup meskipun dalam keadaan terluka. Dia yang memerintahkan beberapa raksasa untuk menyelamatkan buku-buku yang tenggelam. Saul sendiri tidak diketahui posisinya saat ini, namun bisa jadi dia berada di pulau Elbaf.

Kemunculan Vegapunk

Nama Vegapunk sudah mulai diperkenalkan sejak lama dalam cerita One Piece. Untuk waktu yang sangat lama, Oda Sensei hanya memberikan petunjuk tentang Vegapunk melalui berbagai referensi. Misalnya, hanya menghadirkan setengah badannya atau menyebutkan jika dia adalah sosok paling cerdas di seluruh dunia. Oda akhirnya mengungkapkan sosok asli Vegapunk di arc pulau Egghead.

Ternyata Vegapunk merupakan sosok yang nyentrik, di mana desain karakternya kemungkinan besar terinspirasi dari dua ilmuwan besar di dunia nyata, Albert Einstein dan Isaac Newton. Di arc ini juga terungkap alasan mengapa Vegapunk bisa jadi sosok paling cerdas di dunia. Ternyata, hal itu berkat buah iblis Nomi Nomi yang membuat kapasitas otaknya menjadi tidak terbatas. Ini adalah salah satu misteri besar yang terungkap di arc Egghead.

Buah Iblis Baru Kru Blackbeard

Kelompok bajak laut Blackbeard merupakan salah satu kelompok yang sangat ditakuti di lautan. Dipimpin oleh Marshall D. Teach alias Blackbeard, yang merupakan salah satu Yonko, kelompok bajak laut ini banyak menebar teror. Pasca timeskip, diketahui jika dia dan kelompoknya berusaha untuk memburu berbagai pengguna buah iblis yang kuat untuk dicuri kekuatannya.

Hal ini bisa kita lihat bagaimana Blackbeard sempat datang ke pulau Amazon Lily untuk mencuri buah iblis Mero Mero milik Boa Hancock. Namun, di chapter 1063 terungkap jika kelompok Blackbeard berhasil mendapatkan kekuatan buah iblis baru saat berhadapan dengan kelompok bajak laut Law. Kru yang akhirnya mendapatkan kekuatan buah iblis adalah Jesus Burgess, Van Augur, Doc Q, dan Stronger.

Kemunculan Seraphim

Shichibukai merupakan salah satu dari tiga kekuatan besar yang ada di cerita One Piece, di mana mereka merupakan penyeimbang dari tiga kekuatan tersebut. Pada awalnya, jumlah Shichibukai sesuai dengan namanya yaitu tujuh orang. Namun, angkanya terus menurun seiring berjalannya waktu. Luffy memiliki peran besar dalam pengurangan jumlah tersebut. Dia berhasil memperlihatkan ancaman besar yang dimiliki Shichibukai.

Pada saat Reverie akhirnya World Government memutuskan untuk membubarkan sistem ini dan menggantikan dengan yang baru, yaitu Seraphim. Sempat menjadi pertanyaan besar, ternyata Seraphim merupakan teknologi rekayasa genetik yang dihasilkan oleh Vegapuk. Mereka terbukti sama kuatnya, namun lebih bisa dikendalikan daripada para Shichibukai. Yang juga dahsyat adalah para Seraphim dibekali berbagai kemampuan dan kekuatan dahsyat, seperti kekuatan buah iblis.

Nama Gorosei

Gorosei adalah kelompok yang berada di bawah naungan World Government dan memiliki wewenang tertinggi di organisasi tersebut. Gorosei sendiri terdiri dari lima orang pria tua, yang masing-masing dari mereka identitasnya belum terungkap. Namun, banyak yang kemudian berspekulasi jika mereka memiliki kekuatan yang luar biasa. Teka-teki mengenai identitas Gorosei akhirnya terungkap.

Salah satu nama dari Gorosei akhirnya diungkapkan dalam chapter 1073. Dalam chapternya, Gorosei yang memiliki bekas luka wajar di bagian wajah ini ikut dalam kapal Kizaru menuju Egghead. Dan menurut informasinya, nama Gorosei tersebut adalah Saint Jegarcia Saturn. Sayangnya, masih belum diketahui nama lain dari para Gorosei tersebut.

Asal-Usul Buah Iblis

Dari berbagai misteri besar yang sudah terungkap di arc Egghead, yang paling dahsyat dan luar biasa adalah ketika Vegapunk mengungkapkan asal-usul tentang buah iblis. Buah iblis menjadi salah satu hal esensial di cerita One Piece, yang selama 25 tahun Oda sembunyikan tentang asal-usulnya. Oda sendiri sempat berjanji melalui salah satu kolom SBS jika fakta ini akan terungkap di kemudian hari.

Sesuai janjinya, Oda memang mengungkapkan asal-usul buah iblis melalui sosok Vegapunk. Namun, yang perlu jadi catatan adalah Vegapunk sendiri masih belum yakin akan hal tersebut. Dia menjelaskan bahwa penjelasannya tentang asal-usul buah iblis merupakan sebuah teori. Namun, dasarnya sendiri jelas yaitu Poneglyph dan semua informasi yang ada di Ohara.

Misteri merupakan salah satu elemen cerita yang menarik yang banyak Eiichiro Oda hadirkan di sepanjang cerita One Piece. Ada banyak pertanyaan dan misteri yang muncul, yang mana ini jadi salah satu alasan cerita One Piece masih berlangsung hingga sekarang. Menjelang akhir ceritanya, satu persatu misteri tersebut akhirnya mulai terungkap.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.