Siapa yang tak mengenal Thanos? Dialah villain yang sudah membunuh banyak nyawa di Marvel Universe. Tidak ada yang menyangka sebelumnya bahwa seorang Thanos mampu menghabisi setengah populasi di alam semesta. Selama ini, kita sudah mengenal tentang sosok Thanos. Tetapi kita jarang diperkenalkan dengan keluarganya yang sudah sering muncul di Marvel Comics. Lantas siapa saja keluarga Thanos? Simak pembahasannya berikut ini ya Geeks!

Starfox

Jika Thanos dan Eros berdiri berdampingan, mungkin Geeks tidak akan percaya bahwa mereka sebenarnya bersaudara. Apalagi melihat paras Eros alias Starfox yang sangat tampan, dan melihat perbedaan sifat diantara keduanya. Thanos adalah seorang penjahat, sementara Starfox adalah pahlawan yang juga pernah bergabung dengan Avengers. Nasib keduanya sendiri juga sangat berbeda, di mana Starfox lebih beruntung dalam urusan percintaan.

Nah di awal kehidupannya, Starfox sempat menjadi tahanan Thanos. Thanos menggunakan Infinity Stones untuk membuat Starfox tidak berdaya. Namun beruntung karena akhirnya Starfox bisa membebaskan diri, dan berkelana di Marvel. Menariknya, kedua kakak beradik ini pernah saling bertarung, saat Thanos melakukan penyerangan pertama terhadap Titan.

A’Lars

A’Lars alias Mentor adalah pemimpin Eternals di Titan, dan dialah ayah Thanos. Mentor memiliki kecerdasaan yang sangat luar biasa. Dia juga memiliki kekuatan fisik yang dahsyat. Ketika Thanos mulai berulah dan mengancam planet Titan, Mentor sempat membantu Avengers dan Captain Marvel untuk melawan putranya sendiri. Sebenarnya Mentor digambarkan secara berbeda di beberapa komik.

Di komik Thanos Rising, Mentor digambarkan sangat menyayangi Thanos, dan dia tidak percaya bahwa Thanos telah membunuh banyak orang. Sementara itu di komik Thanos: The Mad Titan Consumed, Mentor bersikap dingin terhadap putranya. Bahkan Mentor diperlihatkan kecewa dan muak kepada Thanos. Namun dalam komik Thanos #2, Thanos meninju dada ayahnya yang sedang sekarat, dan membunuhnya.

Sui-San

Dalam komik Thanos Rising #1, terungkap bahwa Thanos memiliki seorang ibu bernama Sui-San. Berbeda dengan ibu lainnya yang sangat menyayangi anaknya, Sui-San justru sudah beberapa kali mencoba membunuh Thanos. Tetapi usahanya selalu gagal. Yap, bahkan setelah Thanos baru lahir, Sui-san sudah berusaha membunuh Thanos bayi. Tetapi beruntung karena Mentor selalu menahannya sehingga Thanos berhasil selamat.

Ketika Thanos tumbuh dewasa, memang Sui-San sudah jarang mengincar nyawa Thanos. Tetapi Sui-San masih menganggap Thanos berbahaya. Mungkin inilah pemicu perubahan drastis Thanos menjadi jahat. Dia kehilangan kasih sayangnya dari seorang ibu. Dan di akhir komik Thanos Rising #2, pada akhirnya Thanos berhasil membunuh ibunya sendiri, dan menjadikan jasadnya sebagai bahan percobaan.

Gamora

Gamora di MCU dan komik memang memiliki banyak perbedaan. Tetapi mereka juga memiliki banyak kesamaan. Thanos dalam kedua versi (MCU dan komik) sama-sama menganggap Gamora sebagai putri angkat, meskipun Gamora tidak memiliki hubungan dengan Titan. Bedanya, di MCU, Thanos memusnahkan setengah dari keluarga Gamora. Sementara di komik, Gamora adalah jenis terakhirnya, di mana jenisnya dimusnahkan oleh Universal Church of the Truth.

Di komik, Thanos juga membesarkan Gamora sebagai seorang pembunuh. Tetapi ada misi spesifik yang ditugaskan untuk Gamora yaitu untuk membunuh Magus alias versi jahat Adam Warlock. Dan pada akhirnya, Gamora melawan balik Thanos, meskipun dalam beberapa kesempatan, Gamora justru bekerjasama dengannya untuk mencapai tujuan yang sama.

Banyak Anak Kandung Thanos

Dalam Thanos Rising, terungkap bahwa Thanos memiliki banyak anak. Tapi tidak ada satu pembaca pun yang pernah melihat mereka. Dalam komik tersebut, diceritakan bahwa Thanos muda menjelajahi berbagai planet untuk tujuan misterius. Dan di setiap planet yang Thanos singgahi, dia bertemu dengan wanita asing. Darisitulah Thanos dan para wanita dari seluruh planet tersebut mulai berhubungan sehingga menghasilkan banyak anak.

Namun setelah para wanita tersebut melahirkan anak Thanos, Thanos pergi tanpa sepatah katapun. Tragisnya, setelah Thanos tergila-gila dengan Death, Death memberi tahu bahwa dia tahu banyak tentang wanita dan anak-anak Thanos. Dan untuk membuktikan komitmen Thanos kepada Death, Death meminta agar Thanos kembali ke semua planet tempat dia memiliki anak, dan membunuh wanita dan keturunannya. Dan hingga sekarang kita tidak mengetahui siapa saja anak-anak Thanos yang menjadi korban.

Kronos

Thanos memiliki seorang kakek bernama Kronos. Yap, dialah ayah dari Mentor. Jika pada umumnya kakek-kakek akan menyayangi cucu mereka, lain halnya dengan Kronos. Dalam Thanos Rising #5, terungkap bahwa Kronos yang meyakinkan Mentor bahwa Thanos adalah sosok jahat. Kronoslah orang pertama yang memberi tahu Mentor bahwa Thanos membunuh ibunya sendiri, Sui-san.

Dan dalam komik Iron Man #55, terungkap bahwa Kronos yang membangkitkan Arthur Douglas dan mengubahnya menjadi Drax the Destroyer, untuk membunuh Thanos. Dari sanalah kita mengetahui bahwa Kronos benar-benar ingin memastikan bahwa cucunya benar-benar hancur.

Thane

Dalam komik Infinity, kita diperlihatkan tentang invasi Thanos ke Bumi. Komiknya di buka dengan Black Order yang pergi dari planet ke planet lainnya untuk menghabisi beberapa orang, setelah Thanos mengetahui bahwa dia memiliki anak di suatu tempat. Dan pada akhirnya terungkap bahwa anak Thanos tersebut bernama Thane, yang merupakan hibrida Eternals dan Inhuman. Kemudian dalam komik Infinity #5, Ebony berhasil menangkap Thane.

Tetapi Thanos tidak pernah membunuh putranya tersebut dan membiarkannya hidup. Dan kemudian Thane justru membantu Avengers untuk mengalahkan Thanos dan Black Order. Menariknya, Death pernah meminta Thane untuk memanipulasi Nebula, Starfox, dan Champion untuk membantunya menangkap Phoenix Force. Dan setelah Thane mendapatkan kekuatan Phoenix Force, Thane hampir membunuh ayahnya, yang pada saat itu kekuatannya sedang melemah karena suatu penyakit.

Itulah beberapa karakter yang merupakan keluarga dari Thanos di Marvel Universe. Meski Thanos adalah sosok jahat, tetapi itu tidak menjamin bahwa keluarganya juga sama jahatnya dengan Thanos. Di antara keluarga Thanos tersebut, mana yang sudah kalian ketahui Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/