Marvel Cinematic Universe bisa mulai mengeksplor berbagai dunia atau dimensi alternatif lain selain Dunia Quantum yang sudah muncul di film Ant-Man. Dalam dunia Marvel Comics, ada berbagai dimensi yang ada dan diperkenalkan dalam cerita. Berbagai dimensi tersebut tentunya bisa dieksplor dan diperkenalkan dalam versi live-action di berbagai film MCU selanjutnya setelah Dunia Quantum.

Dunia Quantum sendiri saat ini menjadi salah satu dimensi atau dunia alternatif yang muncul di MCU dan menjadi fokus utama di franchise Ant-Man. Namun, pihak Marvel Studios mungkin bisa mulai memperkenalkan berbagai dimensi lainnya di MCU. Berbagai dimensi lain ini tentunya akan semakin menambah luas dan besar jagat sinematik Marvel. Berikut adalah beberapa dimensi lain yang bisa muncul di MCU.

Negative Zone

Negative Zone merupakan dimensi alternatif yang sangat populer di Marvel Comics. Banyak cerita Marvel yang bersetting di dimensi alternatif ini. Pertama kali diperkenalkan pada 1966 di komik Fantastic Four #51, Negative Zone merupakan sebuah paralel universe yang berisi berbagai anti-matter. Inilah alasan mengapa kemudian berpetualang di dimensi tersebut sangat berbahaya.

Meskipun begitu, Negative Zone memiliki peran besar terhadap kelompok Fantastic Four. Reed Richard yang pertama kali menemukannya. Berdasarkan hal ini, Negative Zone rasanya bisa diperkenalkan di MCU dan menjadi pintu masuk untuk memperkenalkan tim kosmik Fantastic Four. Selain Fantastic Four, Negative Zone juga terkoneksi dengan berbagai karakter lain seperti Rick Jones dan bahkan Annihilus.

Dream Dimension

Negative Zone mungkin membutuhkan waktu dan momen untuk diperkenalkan di MCU. Namun, untuk Dream Dimension sendiri mereka sudah memberikan petunjuk mengenai kemunculannya. Dream Dimension sempat disebutkan secara singkat dalam series Loki. Sayangnya, sampai sekarang masih belum ada petualangan atau momen yang menghadirkan dimensi alternatif tersebut.

Sesuai namanya, Dream Dimension adalah sebuah dimensi yang terhubung dengan banyak alam bawah sadar manusia yang menjadi tempat perwujudan nyata mimpi-mimpi mereka. Dream Dimension dikuasai oleh sosok villain bernama Nightmare, dan dia merupakan salah satu musuh bebuyutan dari Doctor strange. Sempat muncul teori jika Dream Dimension dan Nightmare akan muncul di Doctor Strange 2 yang sayangnya tidak terbukti.

Nexus Of All Realities

Dimensi alternatif lainnya yang secara teknis sudah muncul dan menjadi bagian dari MCU adalah Nexus of All Realites. Ini merupakan sebuah persimpangan dimensi (cross-dimensional) dari seluruh multiverse Marvel yang menghubungkan setiap realita yang ada. Melalui dimensi inilah Uatu the Watcher menyaksikan berbagai peristiwa dahsyat yang terjadi dalam series What If…? yang tayang di Disney Plus.

Yang menarik adalah Nexus sendiri terkoneksi dengan Man-Thing, yang sudah muncul di Werewolf by Night di mana dia adalah penjaganya. Dan seperti diperlihatkan dalam series What If…? seseorang bisa pergi ke mana pun di multiverse Marvel melalui Nexus point. Kemunculan lagi dari Man-Thing di MCU bisa jadi jalan untuk mengeksplor lebih lanjut mengenai dimensi Nexus ini.

Olympus

Olympus mungkin berbeda dari dimensi yang dihadirkan di poin-poin sebelumnya. Dalam film Thor: Love and Thunder diperlihatkan bagaimana Olympus merupakan tempat berkumpulnya para dewa. Mereka sering berkumpul untuk membahas sesuatu, seperti ancaman besar dari Gorr. Olympus juga merupakan rumah bagi Zeus, dan secara teknis, lagi-lagi ini sudah jadi bagian dari MCU.

Namun, mungkin tidak banyak Geeks yang tahu jika Olympus merupakan sebuah pocket dimension atau tempat tersembunyi mirip seperti Asgard. Dengan diperkenalkannya Herculis di akhir film Love and Thunder, menjadi petunjuk jika MCU mungkin akan mengeksplor lebih jauh tentang Olympus pada masa yang akan datang. Jika memang begitu, artinya kita bisa melihat berbagai dewa Yunani lain.

Avalon

Selain Asgard dan Olympus, dimensi tersembunyi para dewa lainnya adalah Avalon yang berada di Otherworld. Ini merupakan rumah dari Tuatha de Danaa, sang dewa Celtic. Kerajaan Avalon yang berada di Otherworld ini diketahui memiliki koneksi penting dengan multiverse, di mana ini merupakan salah satu dari Nexus point yang menghubungkan berbagai realita dan universe alternatif lain.

Sama seperti Hercules dan Olympus, Avalon dan Otherworld bisa diperkenalkan di MCU sekaligus juga memperkenalkan karakter lain yang erat dengan dimensi ini yaitu Captain Britain. Namun, sebelum kemunculan Captain Britain, terdapat teori jika series Agatha: Coven of Chaos akan menghadirkan karakter yang terhubung dengan dimensi tersebut yaitu Morgan Le Fay, yang karakternya akan diperankan oleh Aubrey Plaza.

Mojoworld

Para fans sampai sekarang masih menantikan kemunculan dari X-Men di MCU, yang mungkin akan diawali di film Deadpool 3. Puncaknya, mereka bisa jadi akan muncul di Avengers: Secret Wars. Dan berbicara mengenai para mutan dan X-Men, MCU bisa menghadirkan sebuah dimensi khusus (extradimensional realm) yang menjadi rumah bagi bangsa alien dengan nama Spineless One. Mojo merupakan nama pemimpin di dimensi ini.

Mojoworld dianggap unik karena para penghuninya “berasal” dari berbagai acara hiburan televisi di bumi. Mereka muncul akibat “radiasi” dari gelombang radio yang dipancarkan televisi. Mojoworld sering menghadirkan ancaman besar bagi para X-Men, yang mana hal tersebut membuka peluang bagi MCU untuk menghadirkan dimensi ini. Dengan menghadirkan setting tempat di Mojoworld, Marvel bisa menghadirkan eksperimen dalam berbagai cerita dan formatnya.

Limbo

Selain Negative Zone, Limbo juga merupakan dimensi alternatif yang populer dari Marvel Comics. Faktanya, ada berbagai dimensi dan realita yang memiliki nama Limbo. Series Loki sudah menghadirkan salah satu diantaranya. Hal ini diperlihatkan ketika Loki dan Sylvie pergi ke ujung timeline yang berada di luar waktu, dan bertemu dengan He Who Remains. Ada juga dimensi jahat yang bernama Limbo.

Dalam cerita komiknya, Limbo versi ini merupakan sebuah dimensi mengerikan yang menjadi asal dari salah satu karakter X-Men, Ilyana Rasputin alias Magik. Dia mendapatkan kekuatan mutan dan kekuatan lainnya yang berasal dari dimensi mengerikan itu. Dengan munculnya Deadpool dan Wolverine, artinya bukan hal mustahil jika kemudian Magik kembali muncul di MCU setelah sebelumnya Fox menghadirkan Magik yang diperankan oleh Anya Taylor-Joy.

Meskipun begitu, Limbo dan seluruh penghuninya mungkin belum akan muncul sampai Multiverse Saga selesai dan MCU mulai menghadirkan fokus terhadap paramutan dan X-Men. Limbo juga memiliki sebuah material dahsyat yang mirip seperti Vibranium, yaitu Promothium. Artinya, MCU bisa menghadirkan Magik dan material tersebut sekaligus ketika memperkenalkan Limbo.

Dengan dunia yang sangat luar biasa luas, Marvel Comics menghadirkan banyak dimensi alternatif yang muncul di berbagai ceritanya. Dan dengan adaptasi yang dilakukan oleh Marvel Studios dari komiknya, artinya membuka peluang bagi mereka untuk juga menghadirkan berbagai dimensi alternatif lain dalam versi live-action. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Marvel Studios akan menghadirkan dimensi alternatif baru di Phase selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.