Penggemar setia waralaba Transformers pasti mengenal siapa Bumblebee. Baik di film, serial, komik, maupun game, tangan kanan Optimus Prime sekaligus ikon Autobot ini selalu tampil nyentrik dengan warna kuning ikonisnya. Meskipun sering digambarkan kekanak-kanakan, Bumblebee juga terkenal sebagai robot yang tangguh dan juga pantang menyerah. Itulah mengapa karakternya menjadi sangat populer di kalangan penggemar. Sebagai penghormatan pada karakternya, kali ini kita akan membahas berbagai bentuk mobil Bumblebee yang pernah diperkenalkan di waralaba Transformers!

Volkswagen

Dua tahun sebelum penayangan serial animasi Transformers Generation 1 (1984), Bumblebee sebenarnya sudah lebih dahulu diperkenalkan melalui set mainan Micro-Man dari perusahaan Takara Toys. Sejak saat itu Bumblebee sudah mempunyai bentuk perubahan alternatif Volkswagen Beetle, yang kemudian diadaptasi di serial animasinya. Bentuk perubahan favorit penggemar ini bertahan selama beberapa tahun di berbagai tayangan animasi, termasuk sempat kembali di film live action Bumblebee (2018) yang secara spesifik diperlihatkan sebagai Volkswagen Beetle 1967 tua berwarna kuning.

Jeep

Film Bumblebee sendiri secara drastis telah mengubah origin sang Autobot kuning ini dengan menceritakan kedatangannya yang lebih awal pada tahun 1987. Saat pertama kali tiba di Bumi, Bumblebee langsung mengadaptasi bentuk jeep militer Willys MB sebagai perubahan alternatifnya. Bentuk mobil jeepnya ini bisa dibilang tidak terlalu bertahan lama karena Bumblebee harus mengubah identitasnya setelah mengalahkan Decepticon Blitzwing yang telah memindai ingatan dan menghilangkan suaranya. Pada titik inilah Bumblebee akhirnya memindai Volkswagen Beetle 1967 untuk bentuk barunya.

Muscle Camaro

Setelah bertahan kurang lebih selama dua dekade, bentuk Volkswagen Beetle dari Bumblebee baru berubah setelah dia melakukan debut live action-nya di film Transformers (2007). Di mana Bumblebee sengaja mengambil bentuk Chevrolet Camaro Z28 untuk menarik perhatian karakter manusia Sam Witwicky (Shia LaBeouf) yang ingin membeli mobil bekas. Sejak saat itulah bentuk muscle Camaro langsung menjadi favorit penggemar dan juga Bumblebee sendiri.

Selain Camaro Z28, Bumblebee juga pernah mengambil bentuk muscle Camaro lain yang lebih modern di berbagai film sekuel Transformers. Seperti Camaro SS dan Camaro GT9 di Transformers: Revenge of the Fallen (2009), Camaro 67 di Transformers: Age of Extinction (2014), serta Camaro ZL1 di Transformers: The Last Knight (2017). Di film Transformers: Rise of the Beast yang akan tayang pada tanggal 9 Juni nanti, Bumblebee juga sudah dipastikan akan mempunyai bentuk mobil Camaro Classic 1970s.

Chevy Beat

Meskipun Volkswagen serta Camaro jadi bentuk favorit Bumblebee dan juga penggemar, sebenarnya ada satu bentuk lain yang tidak kalah menarik dari kedua mobil tersebut. Pertama kali diperlihatkan di serial Transformers: Animated (2007), yang tayang perdana di saluran Cartoon Network, untuk pertama kalinya Bumblebee mempunyai bentuk smart car Chevrolet Beat alias Chevy Beat. Bentuk ini bisa dibilang merupakan gabungan ide antara perubahan Volkswagen dan Camaro Bumblebee. Karena selain keren, Chevy Beat juga tetap mempertahankan gaya lama Bumblebee yang mungil, lucu, dan juga lincah.

Mobil Cybertronian

Terakhir, bentuk perubahan yang pernah dimiliki oleh Bumblebee adalah mobil Cybertronian yang sering diperlihatkan di video game Transformers, seperti Transformers: War for Cybertron (2010) dan Transformers: Fall of Cybertron (2012). Alasan mengapa dia mengambil bentuk ini adalah karena pada saat masih di Cybertron, Bumblebee memang belum mengenal mobil di planet Bumi. Sehingga ketika bertempur dengan Decepticon di planetnya sendiri dia mengambil bentul mobil futuristik yang tahan banting. Walaupun begitu warna pilihannya masih tetap sama, yaitu kuning bersinar.

Itulah berbagai bentuk mobil yang pernah dimiliki oleh Bumblebee dalam sejarah komik, animasi, dan live action Transformers. Meskipun bentuknya berbeda-beda, tetapi pada umumnya setiap perubahan alternatif Bumblebee ini mempunyai karakteristik yang kurang lebih sama, yaitu lebih kecil dari Transformer lain tetapi tetap mempertahankan desain yang menarik dan juga kelincahannya. Dari semua bentuk ini kira-kira mana yang menurut kalian paling cocok dengan Bumblebee, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.