Pertama kali muncul pada tahun 60-an, sejak awal Bruce Banner alias Hulk sudah diperkenalkan sebagai salah satu makhluk terkuat di Marvel Universe. Selayaknya karakter utama dalam sebuah komik superhero, seiring dengan berjalannya waktu Marvel mulai memperkenalkan sejumlah varian Hulk yang tidak kalah hebat darinya. Salah satunya yang paling menarik perhatian penggemar adalah The One Below All Hulk atau disingkat TOBA Hulk. Dia adalah varian terkuat Hulk sekaligus makhluk Marvel paling misterius, yang kali ini akan kita bahas asal-usul dan kekuatannya, Geeks. So, check this out!

Bermula dari The One Below All

Sebelum membahas kisah TOBA Hulk, mari kita kenali terlebih dahulu entitas kosmik yang bertanggung jawab atas kelahiran varian terkuat Hulk tersebut, yaitu The One Below All. Pertama kali muncul di komik Immortal Hulk #4 (2018), One Below All digambarkan sebagai kebalikan dari The One Above All, entitas terkuat sekaligus pencipta Marvel Universe. Tinggal di neraka terdalam yang disebut Below Place, One Below All terkurung di dalam dimensi Marvel tersebut sambil menunggu kesempatan keluar agar dia bisa menyalurkan ambisinya, yaitu menghancurkan Marvel Multiverse dan semua isinya.

Faktanya karena One Below All sendiri merupakan entitas yang menjadi sumber energi gamma, sewaktu-waktu dia bisa memanfaatkan para karakter yang telah bermutasi dengan radiasi gamma sebagai avatarnya, termasuk Hulk. Orang pertama yang menyadari keberadaannya adalah Brian Banner, ayah jahat Bruce Banner sekaligus pelopor ekperimen energi gamma di muka Bumi. Setelah menyadari betapa mengerikannya One Below All, Brian memilih menghentikan eksperimennya. Namun, bertahun-tahun kemudian Bruce malah melanjutkannya, sampai akhirnya sebuah tragedi mengubahnya menjadi Hulk.

Kemunculan Hulk inilah yang akhirnya memberi ide kepada One Below All untuk keluar dari Below Place dengan meruntuhkan penghalang metafisik yang dikenal sebagai Green Door. Ketika Brian Banner tewas oleh Hulk, One Below All ternyata berhasil menarik jiwanya untuk masuk ke dalam Below Place, sehingga dia bisa menggunakan tubuhnya sebagai avatar untuk memancing Hulk. Singkat cerita, Bruce alias Hulk akhirnya mau bertemu dengan Brian di markas militer Los Diablos, tempat pertama kali dirinya terlibat kecelakaan bom gamma dan menjadi Hulk untuk selamanya.

Pertemuan yang sudah sejak awal direncanakan oleh One Below All ini tiba-tiba bertambah rumit setelah villain Absorbing Man dan tim superhero Gamma Flight muncul di lokasi yang sama. Absorbing Man lantas menggunakan kekuatannya untuk menyerap semua radiasi gamma di dekatnya, termasuk dari tubuh Bruce. Siapa sangka ternyata ulahnya ini berhasil membuka portal Green Door, sehingga semua yang ada di lokasi akhirnya tersedot ke dalam Below Place dan bertemu dengan One Below All yang telah lama menantikan kedatangan Bruce alias Hulk.

TOBA Jadi Varian Terkuat Hulk

Saat masuk ke dalam Below Place ternyata tubuh dan jiwa Bruce langsung terpisah dengan Hulk. Di mana hal ini dimanfaatkan oleh One Below All untuk mengambil alih tubuh Hulk dan menghancurkan jiwa Bruce sepenuhnya, sehingga dia bisa menjadi TOBA Hulk. Dari kejadian tersebut bisa kita simpulkan bahwa TOBA Hulk bukanlah Bruce atau Hulk, melainkan cangkang kosong yang digunakan One Below All sebagai wadahnya. Untungnya sebelum TOBA Hulk sempat keluar dari Below Place, Absorbing Man dan Gamma Flight memutuskan untuk bekerja sama agar bisa mengambil alih tubuh Hulk.

Dalam prosesnya Absorbing Man menarik seluruh radiasi gamma dari Brian dan mentransfernya kepada Hulk, sehingga One Below All terpaksa keluar. Pada titik inilah Hulk langsung merobek tubuh One Below All dan berhasil menemukan cara untuk bersatu kembali dengan Bruce. Kekalahan One Below All ini lantas dimanfaatkan oleh semuanya untuk keluar dari Below Place. Sayangnya bagi Bruce, ternyata pertempurannya masih belum berakhir. Karena saat dia kembali diceritakan mati, Bruce justru masuk lagi ke dalam Below Place, sehingga tubuh Hulk lagi-lagi diambil alih oleh One Below All.

Tanpa halangan dari orang lain, kali ini TOBA Hulk kembali terlahir dan langsung menggunakan kekuatannya untuk menghancurkan multiverse. Termasuk melahap para makhluk terkuat, seperti Franklin Richards, Mister Immortal, Galactus, dan masih banyak lagi. Saat merasa dirinya telah berhasil menjadi satu-satunya kehidupan yang tersisa, keberhasilan TOBA Hulk justru diganggu oleh supervillain Leader yang merusak timeline sehingga semuanya kembali ke titik awal. Hal ini memberi kesempatan pada Hulk untuk sekali lagi melepaskan diri dari One Below All dan kembali mengalahkannya.

Kekalahan kedua One Below All ini akhirnya memungkinkan Hulk untuk bertemu The One Above All, di mana mereka melakukan pembicaraan yang mendalam tentang siapa sebenarnya Hulk. Di akhir, terungkap bahwa ternyata One Below All adalah The One Above All yang marah seperti Hulk. Merasa tugasnya telah selesai, Hulk lantas memutuskan untuk keluar dari Below Place bersama semuanya, termasuk Leader. Kematian TOBA Hulk ini pada akhirnya membuat Hulk dan Bruce Banner kembali bersatu, dan yang terpenting adalah kehancuran multiverse bisa dibalik seakan-akan semuanya tidak pernah terjadi.

Kesimpulannya Seberapa Kuat TOBA Hulk?

Melalui kisahnya, komik Immortal Hulk seakan-akan ingin menjelaskan bahwa TOBA Hulk adalah varian terkuat sekaligus terjahat Hulk. Sejatiya dia adalah gabungan dari amarah Hulk dengan One Below All yang merupakan kebalikan dari entitas terkuat Marvel, The One Above All. Artinya secara kekuatan, terbukti bahwa TOBA Hulk mampu menghancurkan apa pun yang diciptakan oleh The One Above All. Termasuk membunuh para entitas kosmik terkuat di Marvel Universe dan juga menghancurkan multiverse secara keseluruhan. Satu-satunya yang bisa melawan kekuatan maha penghancurnya hanyalah Hulk seorang.

Itulah penjelasan tentang asal-usul dan kekuatan TOBA Hulk yang cukup rumit sekaligus epik di Marvel Universe. Saat ini penyebab semuanya, yaitu One Below All, mungkin sudah tidak pernah muncul lagi ke permukaan. Namun bukan berarti dia telah hilang selamanya dari Marvel Universe. Karena selama The One Above All eksis, yang artinya Marvel tetapi eksis karena dia adalah pencipta segalanya, maka TOBA Hulk juga bisa terlahir kembali kapan saja. Untungnya selama Bruce dan Hulk masih ada, setidaknya keselamatan multiverse Marvel bisa kita gantungkan kepada mereka.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.