Film Shazam! Fury of the Gods baru saja merilis trailer kedua yang menampilkan lebih banyak aksi dari para villainnya, Daughters of Atlas. Para dewi Yunani yang terdiri dari Hespera, Kalypso, dan Anthea ini tampaknya memang mempunyai dendam pribadi kepada Shazam Family. Di mana mereka sampai tega menggunakan sejumlah senjata misterius yang berpotensi menghancurkan dunia, hanya demi melucuti kekuatan super Shazam dan para saudaranya. Untuk lebih mendalami ambisi Daughters of Atlas ini, mari kita bahas asal-usul dan kekuatan dari senjata yang mereka gunakan di Shazam 2 nanti!

Tongkat Sihir Curian Untuk Lucuti Kekuatan Shazam

Baik di trailer terbarunya maupun di berbagai promosi Shazam 2 sebelumnya, Daughter of Atlas khususnya Hespera dan Kalypso terlihat membawa senjata tongkat sihir milih penyihir kuno Shazam. Sepertinya mereka memang sengaja merebutnya dari penyihir kuno karena tongkat tersebut berhubungan dengan kekuatan champion Shazam. Seperti yang terlihat di trailer terbarunya tongkat sihir ini ternyata dapat langsung melucuti kekuatan champion dari Shazam Family. Hal tersebut sebenarnya tidaklah aneh, mengingat sebelumnya penyihir kuno memang menggunakan tongkat tersebut untuk memberi Shazam kekuatan.

Tongkat yang sama juga sempat terlihat di film Black Adam tahun lalu, di mana penyihir kuno pertama kali memberikan kekuatan Shazam versi Mesir Kuno kepada anak Adam yang bernama Hurut. Di film pertama Shazam!, penyihir kuno juga pernah menggunakan tongkat sihirnya untuk menguji Thaddeus Sivana pada tahun 1974, sebelum akhirnya digunakan oleh Billy alias Shazam untuk memberikan kekuatan champion kepada lima saudara angkatnya. Sepertinya Hespera dan Kalypso mengetahui sejarah senjata sihir tersebut, sehingga mereka mungkin akan mencurinya di awal film Shazam 2 nanti.

Fungsi Apel Emas di Tangan Hespera dan Kalypso

Selain tongkat sihir yang asal-usulnya sudah terungkap, di trailer baru Shazam 2 Hespera dan Kalypso juga terlihat membawa senjata berbentuk apel emas. Ketika apel emas ini dimasukan ke dalam tanah oleh Kalypso, pohon dan akar raksasa langsung bermunculan, menghancurkan seisi kota hanya dalam waktu singkat. Meskipun belum dijelaskan secara detail apa sebenarnya fungsi apel emas di filmnya, tetapi jika merujuk pada mitologi Yunani sebenarnya apel tersebut memang ada hubungannya dengan anak-anak perempuan Atlas, khususnya Hespera yang dikenal sebagai Dewi Senja Yunani.

Dalam mitologi Yunani, Hespera sendiri adalah bagian dari Hesperides, peri penjaga pohon apel emas milik dewa Zeus dan Hera. Sebagai seorang Hesperides, tugas utama Hespera adalah menyirami pohon apel surgawi tersebut. Ada kemungkinan apel emas yang jadi senjata di film Shazam 2 berfungsi sebagai bibit pohon apel surgawi yang pertumbuhannya justru dapat menghancurkan sebuah kota. Dalam cuplikan lain di trailernya bahkan terlihat ada sejumlah makhluk mitologi yang kemungkinan tercipta atau muncul dari pohon raksasa tersebut. Salah satunya adalah naga raksasa yang mampu membuat Shazam kewalahan.

Siapa dan Seberapa Kuat Naga Raksasa di Shazam 2?

Jika benar pohon raksasa yang muncul di film Shazam 2 merupakan variasi pohon apel surgawi, ada kemungkinan naga raksasa yang terlihat di trailernya juga berhubungan dengan kisah Hesperides dan pohon emas di mitologi Yunani. Karena dalam kisahnya disebutkan bahwa Dewi Hera sengaja mengutus seekor naga bernama Ladon untuk menjaga pohon apel surgawi yang buahnya sering dicuri. Ladon sendiri adalah naga tangguh yang tidak pernah tidur dan dia juga merupakan saudara dari naga Hydra yang sering diceritakan di kisah-kisah Hercules.

Terlepas dari kebenaran teorinya, cukup jelas bahwa naga raksasa di Shazam 2 merupakan senjata andalan Hespera dan Kalypso, untuk membuat Shazam Family kewalahan. Naga ini juga tampaknya dapat menyemburkan napas api biru yang dapat menghanguskan kostum superhero Shazam. Berdasarkan apa yang terlihat di trailernya naga ini juga sepertinya mampu mengimbangi kekuatan fisik super Shazam, bahkan mungkin lebih kuat. Selain terlihat dikendarai oleh Daughters of Atlas, ada kemungkinan naga ini juga akan menjadi salah satu ancaman terbesar di pertempuran final Shazam 2 nanti.

Itulah pembahasan tentang asal-usul, kekuatan, dan teori senjata dahsyat yang digunakan oleh Daughters of Atlas di film Shazam 2. Selain senjata yang sudah kita bahas ini, bukan tidak mungkin nantinya akan ada senjata hebat lain yang terungkap. Apalagi sampai sekarang kita masih belum mengetahui peran dari adik bungsu Hespera dan Kalypso yang bernama Anthea. Tidak menutup kemungkinan bahwa dia adalah senjata rahasia yang akan menghancurkan Shazam Family dari dalam, dengan berpura-pura sebagai dewi baik. Kebenarannya hanya akan terungkap saat filmnya tayang pada tanggal 17 Maret nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.